Kecerahan Layar Laptopmu Tidak Bisa Diubah? Ini Solusinya

Kecerahan Layar Laptopmu Tidak Bisa Diubah? Ini Solusinya

29988
34
SHARE
Kecerahan Layar Laptopmu Tidak Bisa Diubah? Ini Solusinya – Beberapa hari lalu mimin mendapatkan hadiah ulang tahun (yang mimin usahakan sendiri) berupa notebook ASUS X550ZE. Meski agak terlambat datangnya, namun mimin tetap senang dan bersyukur sekali bisa mendapatkan laptop yang sejatinya dirancang dan ditujukan untuk keperluan gaming atau urusan grafis ini. Tapi rasa senang itu perlahan berubah menjadi perasaan illfeel setelah negara api menyerang mimin coba mengutak-atik settingan dari laptop ini agar sesuai dengan keinginan.
Laptop ASUS X550ZE

Notebook dengan bentang layar 15.6 inch ini datang dalam kondisi free DOS alias masih benar-benar baru dan tanpa OS, lalu mimin meminta tolong pada salah satu teman untuk menginstalasi Windows 10 pada perangkat ini. Singkat cerita, setelah instalasi selesai, mimin pun langsung coba mengutak-atik settingan dan yang pertama kali mimin ingin atur adalah soal kecerahan layarnya yang mimin rasa terlalu terang. Yaa maklum, mata mimin agak sedikit sensitif jadi tidak bisa memandangi layar yang terlalu cerah dalam waktu lama.


Tapi setelah mimin mencoba merubahnya agar bisa diredupkan, ternyata kecerahan atau brightness layarnya tidak berubah sama sekali dan itu sukses membuat mimin badmood dan kemudian memutuskan untuk mematikannya. Beberapa jam setelahnya mimin baru ingat bahwa ada sesuatu yang terlupakan, yang sekaligus juga menjadi penyebab utama kenapa kecerahan layar di laptop tersebut tidak bisa diatur. Nah bagi kamu yang juga mengalami masalah yang sama, maka kamu bisa mengatasinya dengan menginstall driver khusus pada laptop milikmu.

Driver yang mimin maksud ini bisa bervariasi di tiap laptop tergantung spesifikasi yang dimiliki. Jika laptopmu menggunakan prosesor Intel, maka kamu bisa mengunjungi Intel driver update utility, klik link download yang ada disana lalu ikuti saja langkah yang di instruksikan setelah menginstallnya. Dan untuk laptop dengan prosesor (APU) dari AMD seperti halnya pada ASUS X550ZE ini, maka kamu bisa mengunjungi AMD Driver Download Center untuk mengunduh driver untuk laptopmu. Dan berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti bagi pengguna AMD (untuk pengguna Intel, biasanya prosesnya tidak akan terlalu jauh berbeda) :

1. Setelah masuk ke website yang mimin sertakan diatas, arahkan (hover) kursor pada menu Drivers+ Support seperti pada gambar dibawah ini, lalu akan muncul pilihan driver untuk OS yang digunakan pada laptopmu.
Pilihan driver untuk laptopmu

2. Jika kamu tidak yakin soal OS yang mana yang digunakan pada laptopmu, kamu bisa mengeceknya dengan mengklik kanan tombol windows (biasanya terletak di pojok kiri bawah) lalu pilih control panel. Setelah itu pilih system and security dan kemudian pilih system. Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini yang menunjukkan info tentang laptopmu.

Melihat info spesifikasi pada laptop

3. Nah setelah tau dan memilih salah satu pilihan driver yang ada, akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Mimin sarankan untuk memilih driver paling baru, dengan melihat pada tanggal Release date yang terdapat disana. Namun jika driver versi terbaru tersebut masih berstatus “beta”, maka sebaiknya kamu memilih versi yang ada diatasnya (versi lebih lama) karena versi beta tersebut biasanya belumlah sempurna.

Menginstall driver untuk laptop AMD

4. Setelah klik download, silahkan tunggu beberapa lama dan pastikan kamu memiliki kuota yang cukup banyak karena data yang harus diunduh cukup besar.

5. Setelah selesai, sikahkan cari dimana file yang terdownload tadi tersimpan. Kemudian jalankan file aplikasi tersebut dengan cara men-double-click nya. Di tahap ini, pastikan bahwa laptopmu masih terhubung ke internet karena aplikasi tersebut akan mendeteksi hardware dari perangkatmu dan mengunduh komponen-komponen tambahan yang diperlukan. Ini akan memakan waktu cukup lama, tergantung pada koneksi internet.

Cara mengatasi layar laptop yang tidak bisa diatur kecerahannya

6. Setelah menunggu dan masuk pada proses install seperti pada gambar diatas, biasanya perubahan akan langsung terasa. Namun tentu saja kamu harus menunggu hingga semua prosesnya selesai dan kamu disarankan untuk melakukan restart pada laptopmu.

Nah itulah beberapa langkah mudah untuk mengatasi masalah kecerahan layar yang tidak bisa diatur, khususnya pada laptop yang menggunakan APU dari AMD seperti yang juga digunakan pada ASUS X550ZE. Driver macam ini memang sangat diperlukan agar potensi yang dimiliki oleh laptop yang kita gunakan bisa dinikmati secara utuh.

Oke, mungkin itu saja yang bisa mimin bagikan pada posting kali ini. Silahkan jelajahi blog Techijau ini untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

34 COMMENTS

  1. Min laptop saya ASUS X550ZE kayak punya mimin,trus yang didownload yang mana nih bingung kenapa yg kedonlot malah software gaming, bisa dikasih link download sama cara yang lebih rinci lagi min?Terima kasih

  2. Min bisa minta link driver buat laptop saya gak? saya bingung soalnya di web gak ketemu pilihan buat download catalyst software suite laptop saya ASUS X550Z windows 8.1 64 bit

  3. drivernya amd a10-7400p radeon r6 tuh g bsa d ubah ya ?
    pdhal udah d instal dari kaset patch buat laptop asus… gimn solusinya agar bsa kurangi kecerahannya ?

    • drivernya amd a10-7400p radeon r6 tuh g bsa d ubah ya ?

      Itu maksudnya gabisa diubah gimana, Kak? Coba search aja drivernya langsung di web ASUS. Jangan lupa sertakan tipe laptopnya juga.

  4. Min laptop aq acer e14 itu kontrasnya tdk bisa ada link gk bwt download drivernya dan ini pin bbm aq invite ya 57f3535d krna aq mw nanya seputaran laptop

  5. thanks gan ane udah coba ke laptop ane asus x455ya dan work 100%. 😉
    brigthness ane yg tadinya terang bgt skng udh bisa diatur kecerahannya..

  6. Min mau nanya, ASUS X550Z kan suport windows 8 up, sedangkan ane make windows 7. Cara biar kontrasnya bisa di atur driver yang cocok apa ya ?

    • senasib bro,Pake win 7 brightness nya stuck di 100%,udah coba pake catalyst ataupun crimson versi terbaru & versi sebelumnya gak fix,udah coba ubah regedit
      HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Class\{4d36e968-e325-11ce-bfc1-08002be10318}\0001
      set KMD_EnableBrightnessInterface2 to 0
      tetep aja stuck brightnessnya 100%,mata jadi pedih terpaksa ane balik lagi ke windows 10,mudah mudahan kedepannya ada perbaikan

      • Hahahahah.. Memang sudah nggak di support tuh Win 7, karena dianggap sudah jadul / nggak mutakhir. Jadi yaa mereka nggak mau capek-capek buat ngeluarin driver buat OS jadul 😀

  7. laptop hp kenapa tidak muncuk instaling componen, padahal uda selesai download dan q install biasa sama kayak di atas ttp g ada perubahan uda q coba semua ttp g bisa q pake auto juga g bisa, masalahnya di mana procesornya amd A8 with radeon R5.

    • Mungkin versi OS yang digunakan nggak cocok dengan driver yang di install, Kak. Coba di pastikan dulu, drivernya untuk versi OS yang digunakan di laptopnya Kakak atau bukan 🙂

    • Itu pake AMD ya? Coba aja ke web nya AMD yang sudah ku sebutin diatas, terus sesuaikan dengan specs laptopnya atau kalau nggak yakin, pilih menu “Automatically Detect and Install Your Driver” biar dia ngedetek dan ngedownload driver yang sesuai dengan specs laptop

LEAVE A REPLY