Kenapa Gambar Menjadi Berbintik Saat Foto Di Tempat Gelap?

Kenapa Gambar Menjadi Berbintik Saat Foto Di Tempat Gelap?

3034
0
SHARE
Kenapa Gambar Menjadi Berbintik Saat Foto Di Tempat Gelap?“Min, mau tanya donk. Ini hapeku kalo dipake foto di luar ruangan atau tempat yang terang hasilnya bagus, tapi kalo foto di dalam ruangan atau tempat gelap hasilnya jelek banget, banyak bintik-bintiknya gitu. Malah kadang juga ngeblur. Itu kenapa ya min?”. Sudah beberapa kali mimin mendapatkan pertanyaan macam ini dari pembaca blog ini, dan sebenarnya sudah lama juga mimin ingin berbagi ilmu soal ini, namun karena satu dan lain hal, pembuatan artikel ini pun harus tertunda.

Mimin yakin, sebagian besar dari kamu pasti juga pernah mengalami atau bahkan mengeluhkan hal yang sama seperti pertanyaan diatas. Iya kan? Sebenarnya itu bukanlah hal yang aneh kok, karena itu adalah hal yang sangat wajar. Hah, wajar? Kok gitu? Nah disinilah saatnya mimin menjelaskan.
Noise pada foto
Kalau kamu juga mengalami masalah yang sudah mimin sebutkan diatas pada smartphone (atau bahkan kamera) yang kamu miliki, itu bukanlah merupakan pertanda bahwa kamera di perangkatmu berkualitas buruk. Sama sekali tidak! Bintik-bintik pada hasil foto atau yang biasa disebut sebagai “noise” itu merupakan sebuah konsekuensi saat kamu memaksakan untuk mengambil foto di area pencahayaan yang kurang baik (atau bahkan gelap) tanpa bantuan pencahayaan lain seperti lampu flash atau semacamnya. Kenapa bisa demikian?
Penyebab Foto Menjadi Berbintik / Banyak Noise

Mohon dibaca dengan perlahan yaa, supaya bisa paham. Sebelumnya kamu perlu tau bahwa dalam fotografi ada 3 hal penting yang akan mempengaruhi hasil foto yakni ISO, Shutter Speed (kecepatan rana) dan Aperture (bukaan lensa) yang merupakan “segitiga emas fotografi”, yang mana kombinasi dari ketiganya akan menentukan exposure (gelap / terangnya) sebuah foto.

Ketika menggunakan mode Auto, biasanya kamera akan menentukan ketiga settingan tersebut secara otomatis untuk mendapatkan exposure yang pas, tergantung pada pencahayaan dari objek yang kamu bidik. Semakin besar nilai ISO, semakin besar bukaan lensa (aperture) dan semakin lambat shutter speed, maka hasil gambar akan semakin cerah. Pada smartphone, biasanya nilai Aperture tidak akan bisa berubah sehingga kamera hanya bisa melakukan perubahan pada ISO dan Shutter Speed saja.

BACA JUGA : Apa Itu Aperture Pada Kamera?

Pada saat kita membidik objek yang memiliki pencahayaan yang baik (misalnya foto pemandangan diluar ruangan pada siang hari), biasanya kamera khususnya pada smartphone tidak akan kesulitan untuk menentukan settingan. Biasanya software dari kamera akan memberikan prioritas agar nilai ISO tetap rendah, tujuannya adalah agar warna yang dihasilkan tetap cemerlang dan minim noise. Pada kasus ini kamu akan memuji kamera perangkatmu karena puas dengan hasilnya yang bagus.

Namun kamera akan mendadak jadi serba salah ketika kamu harus mengambil foto pada area pencahayaan yang kurang baik. Mereka mendadak galau untuk menentukan prioritas, apakah akan mempertahankan nilai ISO, shutter speed? Dalam banyak kasus, biasanya kamera akan lebih memprioritaskan shutter speed sehingga mereka lebih memilih untuk menaikkan nilai ISO.

BACA JUGA : Apa Itu ISO Pada Kamera?

Foto berbintik di malam hari
Ya, menaikkan nilai ISO memang bisa membuat hasil foto lebih terang, namun konsekuensinya adalah warna yang dihasilkan akan menjadi lebih pucat, dan mulai muncul bintik-bintik alias noise seperti yang banyak dikeluhkan oleh para pengguna smartphone. Semakin besar ISO, semakin pucat dan semakin banyak pula noise yang muncul. Terus gimana kalo kita minta kameranya untuk mempertahankan ISO supaya warnanya tetep bagus dan minim noise? Bisa aja.

Tapi jelas ada yang harus dikorbankan, yakni kecepatan rana alias shutter speed. Kecepatan rana yang diturunkan atau diperlambat memang bisa membuat foto jadi nampak lebih terang. Tapi resikonya adalah kita akan kehilangan fokus alias rawan blur ketika objek yang kita bidik tersebut tidak tetap berada di tempatnya (bergerak). Foto juga akan nampak blur jika ada goyangan atau getaran sedikit saja pada perangkat yang kita gunakan, sehingga kamu harus ekstra hati-hati ketika memegangi perangkatmu.

BACA JUGA : Apa Itu Shutter Speed Pada Kamera?

Efek shutter speed diturunkan
Tuh, serba salah kan? Yang paling parah adalah ketika kamera harus “mengorbankan” keduanya demi mengambil sebuah foto di tempat gelap. Maka jangan heran jika hasil kamera di perangkatmu banyak bintik-bintiknya ketika kamu mengambil foto di area kurang cahaya. Semakin gelap area yang kamu bidik, maka kamera akan semakin galau untuk menentukan settingan yang tepat supaya kamu tidak kecewa.
Foto malam hari ngeblur
Nah, itulah penyebab kenapa gambar atau hasil foto menjadi berbintik. Jadi memang tidak disarankan untuk mengambil foto pada area pencahayaan minim agar tidak timbul masalah-masalah seperti yang sudah mimin sebutkan diatas, kecuali karena memang terpaksa atau kamu memang sengaja untuk membuat percobaan. Untuk memahami soal fotografi, sebaiknya kamu juga membaca link-link yang sudah mimin cantumkan diatas.

Selanjutnya, mungkin mimin akan membuatkan tips-tips untuk menghasilkan foto yang baik di malam hari. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan berbagai info menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY