Hape Android Mu Sering Restart Sendiri? Mungkin Ini Penyebabnya!

Hape Android Mu Sering Restart Sendiri? Mungkin Ini Penyebabnya!

366
0
SHARE

Hape Android Mu Sering Restart Sendiri? Mungkin Ini Penyebabnya! – Beberapa pembaca pernah bertanya kepada mimin soal masalah di hape Android yang mereka gunakan. Salah satu masalah yang paling sering ditanyakan adalah “Kenapa sih kok hape Android ku sering restart sendiri?”.

Kenapa hape android sering restart sendiriSebenarnya, itu adalah masalah klasik dan bisa dialami oleh berbagai merk hape, mulai dari yang terkenal seperti Samsung, ASUS, Sony, Oppo, hingga brand lokal seperti Mito, Evercoss, dan lain sebagainya. Ya, masalah seperti ini memang tak memandang merk karena memang semua hape bakal punya potensi bermasalah seperti itu jika terjadi kesalahan tertentu.

Memangnya, Apa Sih Penyebabnya?

Penyebab dari terjadinya masalah sering restart sendiri ini sebenarnya bermacam-macam, namun disini mimin akan menyebutkan beberapa saja yang menjadi faktor utama yang paling sering dialami oleh pengguna smartphone, yaitu :

  • System crash (system / software tidak berjalan dengan baik)
  • Application crash (baik aplikasi bawaan sistem, maupun aplikasi pihak ketiga yang kita install sendiri)
  • Beban terlalu berat (RAM penuh, atau CPU tak kuat menjalankan proses)
  • Masalah pada hardware

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Untuk memperbaiki masalah seperti ini sebenarnya gampang-gampang susah. Beberapa kasus dapat diselesaikan dengan mudah, namun kasus yang lain mungkin bakal membutuhkan penanganan khusus, atau dengan kata lain harus dibawa ke tukang service. Kenapa? Karena yaa memang penyebabnya berbeda-beda, seperti yang sudah mimin sebutkan diatas.

Nah kalau kamu juga mengalami masalah serupa pada smartphone atau tablet Android yang kamu punya, kamu wajib membaca tulisan ini sampai akhir karena disini mimin akan memberikan beberapa tips tentang cara mengatasi masalah sering restart pada perangkat Android. Siapa tau dengan tips ini, kamu jadi tidak perlu membawa hape atau tablet mu ke tempat service. 😀

Mengatasi Hape Android Yang Restart Sendiri

1. Hapus App Yang Tidak Diperlukan

Seperti yang sudah mimin sebutkan diatas, salah satu penyebab hape restart sendiri adalah karena CPU dan RAM yang terlalu terbebani, tidak cukup kuat untuk melakukan proses, dan akhirnya sistem akan secara otomatis melakukan restart karena tak sanggup melihat mantan jalan bareng pacar barunya melanjutkan proses.

Ciri yang paling menonjol adalah, ketika gejala restart ini mulai kambuh ketika kita sedang menjalankan aplikasi berat seperti game, atau yang lain. Namun terkadang, hape bakal melakukan restart walaupun kita hanya menjalankan aplikasi ringan. Nah kemungkinannya adalah, terdapat terlalu banyak apps yang berjalan di background, sehingga hape bakal sangat terbebani meski kita hanya menjalankan apps yang ringan.

Kenapa android lemotBiasanya, apps bandel yang berjalan sendiri di background itu adalah apps macam social media dan messenger (chat). Namun terkadang pula, ada aplikasi “tak berguna” lain (clue: aplikasi yang menjanjikan akan memberikan performa atau daya tahan baterai yang lebih) yang akan berjalan di background. Maka, perlu rasanya untuk melakukan penghapusan dari apps-apps yang sekiranya tak terlalu kamu butuhkan agar hapemu tak terlalu terbebani.

2. Menutup Apps Dengan Benar

Sudah menghapus beberapa apps dan kamu merasa itu tak membantu memperbaiki keadaan? Sepertinya ada kesalahan lain, khususnya soal cara penggunaanmu terhadap perangkat yang kamu gunakan.

Sekarang coba deh untuk memastikan bahwa kamu sudah menutup dengan benar aplikasi yang sudah selesai kamu gunakan. Pilih menu exit atau jika tidak ada, klik tombol back (kembali) berkali-kali hingga aplikasi menutup. Atau untuk lebih meyakinkan, singkirkan aplikasi tersebut dari recent apps agar ia benar-benar tertutup (kalau belum tau caranya, baca disini).

Hal itu akan cukup membantu mengurangi beban di hapemu. Tapi, cara ini takkan efektif untuk aplikasi chat dan socmed yaa, karena ia nantinya pasti akan berjalan kembali di background. Dan oiya, hindari untuk menekan tombol home karena ia hanya akan me-minimize app (untuk multitasking) dan bukan untuk menutupnya.

3. Hapus File Cache

Coba juga untuk menghapus cache dari semua apps yang tersimpan di hapemu, agar tak terlalu membebani penyimpanan internal yang juga bisa menyebabkan kinerja perangkat jadi menurun dan terasa terlalu berat untuk menjalankan proses.

BACA JUGA : Kenapa Performa Hape Android Menurun?

Caranya? Yaa pakai aja aplikasi cache cleaner yang ada di Google PlayStore, banyak kok 😀 Atau, untuk hape Android versi 5.0 keatas, bisa langsung pakai cara ini. Tapi……

Kalau ternyata gejala restart di hapemu biasanya hanya disebabkan jika kamu menjalankan salah satu apps saja, berarti ada yang salah dari apps itu, entah ada crash, atau mungkin memang tidak cocok dengan perangkatmu. Cobalah untuk masuk ke SettingApps – dan cari app tersebut, lalu pilih Clear Data (hapus data, semua data apps termasuk akun dan segala yang tersimpan disana akan terhapus). Untuk Android Marshmallow, menu Clear data bakal tersembunyi di bagian Storage (penyimpanan). Masih sering restart juga? Yasudah, hapus aja aplikasinya!

4. Factory Reset

Ini adalah cara terakhir sebelum kamu memutuskan apakah akan melakukan service atau tidak. Kalau misalnya semua langkah diatas sudah kamu ikuti dan hapemu masih bermasalah, kemungkinan ada beberapa kesalahan pada software sehingga menyebabkan system crash.

Solusi yang paling ampuh adalah dengan melakukan factory reset! Tapi ingat, kalau kamu melakukan ini, maka semua data yang tersimpan di hape kamu bakal hilang, dan tampilan hape bakal jadi seperti baru pertama kali kita beli. Tapi tunggu! Kalau ternyata hape kamu menggunakan OS Android Marshmallow keatas, maka kamu WAJIB mengingat password dari akun Google yang kamu gunakan saat ini.

BACA JUGA : Cara Melihat Versi OS Android di Hape

Karena nantinya, setelah selesai melakukan penghapusan, hape kamu bakal meminta password dari akun Google yang sebelumnya kamu gunakan itu. Kalau lupa? Yaa hapenya bakal terkunci!

Kalau cara terakhir itu masih tak mengatasi masalah restart di hapemu, maka kemungkinan memang ada masalah pada hardware perangkat, sehingga kamu perlu membawanya ke service center.

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah hape Android yang sering restart sendiri. Silakan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY