Notebook Untuk Pebisnis Dan Professional, ASUSPRO BU201LA

Notebook Untuk Pebisnis Dan Professional, ASUSPRO BU201LA

347
0
SHARE
Notebook Untuk Pebisnis Dan Professional, ASUSPRO BU201LA – Dewasa ini ada banyak sekali bermunculan profesi yang menuntut mobilitas tinggi sebut saja penulis atau blogger professional ataupun pebisnis pada umumnya dimana persaingan antar pebisnis satu dengan yang lain juga menjadi semakin ketat. Sebagai seorang professional, mereka tentu dituntut untuk bisa kreatif sekaligus cekatan untuk mengelola pekerjaannya demi mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya. Dan tentu saja mereka akan membutuhkan hampir segala sesuatu yang praktis untuk efisiensi waktu termasuk dalam hal alat kerja yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan mereka.
Notebook adalah salah satu alat kerja yang biasa digunakan dan merupakan gadget yang sangat penting bagi seorang professional dimana hampir semua data penting seperti laporan pekerjaan, draft, data riset hingga bahan untuk presentasi dibuat dan disimpan pada perangkat yang satu ini. Namun di jaman yang sudah serba modern ini ada banyak sekali pilihan notebook yang beredar di pasaran sehingga seorang pebisnis dan professional harus jeli untuk memilih perangkat komputer jinjing mana yang sekiranya bisa mereka andalkan di segala situasi terutama untuk mendukung urusan pekerjaan.
Notebook untuk pebisnis dan professional

Salah satu notebook yang dirancang khusus dan ditujukan untuk para professional adalah ASUSPRO BU201LA. Bukan tanpa alasan mengapa saya memberikan atensi khusus pada perangkat ini. Tidak hanya stylish dan cepat, salah satu produk unggulan dari raksasa komputer, ASUS ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang unik dan menarik yang menurut saya merupakan salah satu representasi dari jargon mereka yakni “In search of incredible”. Istimewanya adalah tidak hanya unik dan menarik karena fitur-fitur tersebut merupakan nilai tambah yang juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung dan mempermudah aktivitas bisnis kita.

Apa sajakah fitur-fitur yang saya maksud tersebut? Oke, disini saya akan mengulas sedikit lebih dalam tentang ASUSPRO BU201LA. Setidaknya ada 4 fitur unggulan yang menarik perhatian saya sekaligus menjadi andalan dari produk ini, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Ultra Light, Ultra Durable
Ringan dan tangguh merupakan hal yang menurut saya paling penting untuk sebuah alat kerja bagi seorang professional, khususnya untuk sebuah notebook yang notabene merupakan alat kerja utama bagi kita.
Seperti yang kita tau, seorang pebisnis atau professional tentu memiliki mobilitas yang tinggi. Membawa alat kerja (notebook) yang berat tentu akan melelahkan sekaligus merepotkan. Meski terbilang sepele, namun pada kenyataannya rasa lelah akan mempengaruhi konsentrasi dan fokus sehingga akan berdampak langsung pada hasil kerja kita khususnya dalam hal kreatifitas dimana sebuah kreatifitas adalah unsur yang sangat penting dalam membangun ide-ide baru. Hal itulah yang sepertinya dipahami oleh ASUS sehingga merancang notebook yang menggunakan material karbon ini agar memiliki bobot seringan mungkin. Ya, bobot yang dimilikinya hanya sekitar 1.27 kg saja.
Ringan, mempermudah kita melangkah

Dengan bobotnya tersebut tentu kita akan lebih leluasa untuk bergerak ketika sedang membawa komputer jinjing ini sehingga kita bisa dengan mudah mempercepat langkah kaki kita untuk mengejar waktu. Tapi bagaimana soal daya tahan dari perangkat ini? Yups, daya tahan fisik yang baik dari sebuah notebook akan menjamin keamanan data akibat kerusakan secara fisik apalagi seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa notebook merupakan alat kerja utama bagi para professional sehingga sangatlah penting peranannya bagi kita. Bagaimana nasib project kita jika perangkat andalan kita rusak hanya karena benturan kecil?

Nampaknya ASUS juga telah memahami kebutuhan konsumen akan hal itu dimana mereka telah merancang notebook ini sedemikian rupa agar memiliki daya tahan yang bahkan melebihi standar durabilitas pada notebook pada umumnya.
Standar militer US MIL-STD 810G
Ilustrasi laptop terjatuh

ASUSPRO BU210 series sudah melewati uji standar militer US MIL-STD 810G sehingga kita tidak perlu lagi khawatir soal ketahanan. Tes jatuh yang ditingkatkan lebih dari 2 kali ketinggian pengujian notebook standar, uji engsel yang ditingkatkan hingga 20.000 kali lebih banyak daripada pengujian notebook standar, hingga uji tekanan yang ditingkatkan hingga 20% lebih kuat dibandingkan dengan pengujian notebook standar.

Tingkat durabilitas yang melebihi standar notebook normal ini tentu saja akan sangat berguna untuk meminimalisir kerusakan akibat insiden tertentu yang sangat mungkin menimpa notebook yang kita gunakan. Selain dari segi fisik (diluar), biasanya hal lain yang paling dikhawatirkan ketika terjadi insiden tertentu pada notebook yang kita miliki adalah harddisk yang ada di dalamnya. Wajar memang jika kita sangat mengkhawatirkan soal komponen yang satu ini mengingat ia merupakan salah satu komponen yang paling riskan mengalami kerusakan akibat benturan atau getaran.
Apalagi peran komponen ini begitu penting dimana ia adalah tempat untuk menyimpan semua data yang terdapat pada sebuah komputer jinjing. Hal ini pun tidak luput dari perhatian ASUS dimana mereka juga telah menyematkan beberapa fitur khusus demi melindungi hard drive. Mulai dari logam khusus dengan kumpulan pengganjal disekitar hard drive, penggunaan material bantalan keras yang mampu menyerap getaran akibat benturan hingga sensor gerak dengan dukungan software yang diklaim mampu mengambil tindakan ketika terjadi gerakan tiba-tiba untuk meminimalisir kerusakan pada hard drive.
Perlindungan terhadap harddisk ASUSPRO
Perlindungan terhadap harddisk pada ASUSPRO
Kedua unsur ini memang sangat penting bagi sebuah perangkat untuk bisa menjadi andalan bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Namun apakah itu saja sudah cukup? Tentu saja tidak.
2. Kenyamanan
Meski mudah dibawa dengan bobotnya yang minim serta memiliki daya tahan yang baik, pastinya akan sangat disayangkan jika perangkat tersebut ternyata tidak nyaman saat digunakan. Ya, kenyamanan dalam bekerja juga akan berpengaruh pada produktivitas kita sehingga ASUS juga tidak melupakan aspek yang satu ini.
Mulai dari layar IPS yang memiliki viewing angle (sudut pandangan) yang luas dan akan memanjakan mata penggunanya dengan detail tampilan yang lebih tajam berkat resolusi 1920 x 1080 pixel (Full HD). Layar dengan engsel yang dapat dibuka hingga 180 derajat ini juga telah memiliki permukaan matte anti-glare yang fungsinya adalah untuk meminimalisir pantulan cahaya atau refleksi yang tidak diinginkan. Refleksi cahaya dari luar akan mengganggu fokus pandangan kita kearah layar sehingga akan membuat mata kita menjadi lebih cepat lelah. Maka dengan adanya lapisan anti glare ini tentu saja akan menambah kenyamanan penggunanya.
Selanjutnya adalah soal keyboard. Yups, keyboard juga merupakan salah satu komponen paling penting dari sebuah komputer jinjing sebagai salah satu hardware untuk melakukan input data dalam bentuk ketikan atau tulisan. Keyboard dari ASUSPRO BU201LA ini memiliki ukuran yang sama seperti keyboard desktop full size dengan jarak antar tombol sekitar 2mm untuk meminimalisir kesalahan pengetikan alias typo. Keyboard ini juga telah dilengkapi dengan backlight yang lembut untuk memudahkan pengguna melihat keyboard dalam keadaan minim cahaya.
SensePoint pada ASUS

Nah yang unik dari perangkat ini adalah adanya sebuah lingkaran kecil diantara keyboard yang disebut dengan SensePoint. Fungsi dari SensePoint ialah untuk membantu mempermudah navigasi seperti scrolling ketika sedang menggunakan TouchPad. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan seleksi (blok) sekaligus scrolling layar tanpa harus menggunakan mouse eksternal. Jarak antara TouchPad dengan SensePoint pun sudah diperhitungkan agar pengguna nyaman menggunakannya dengan satu tangan saja.

Dengan demikian aktivitas yang kita lakukan bersama notebook ini tentu akan lebih mudah dan nyaman bukan? Apalagi jika ditemani dengan segelas teh hangat atau secangkir kopi, tentu kita akan enggan meninggalkan tempat duduk kita sebelum pekerjaan selesai. Namun meletakkan minuman di dekat sebuah perangkat elektronik seperti laptop tentu akan menimbulkan kekhawatiran tersendiri karena seperti yang kita tau tumpahan dari minuman akan menjadi sebuah malapetaka bagi perangkat tersebut.
Keyboard spill resistance

Tenang, tak perlu panik karena ASUS sudah mengantisipasi masalah tersebut. Keyboard dari ASUSPRO BU201LA ini ternyata kedap air sehingga sebuah tumpahan cairan takkan menjadi masalah baginya. Nampaknya ASUS juga sudah mengerti akan kebiasaan para professional yang menginginkan segala sesuatu yang praktis termasuk kebiasaan untuk menaruh minuman dalam satu meja kerja agar mudah dijangkau. Itu artinya kita tak perlu lagi memusingkan soal kenyamanan ketika menggunakan notebook yang satu ini.

3. Kemudahan
Bicara soal praktis, ternyata ASUS juga telah menyematkan unsur kemudahan dalam membangun perangkat notebook ini demi memanjakan penggunanya. Salah satu representasi yang paling menonjol dari unsur ini adalah fitur ASUSPRO Business Center yang disematkan pada notebook yang masuk dalam kategori produk BU series ini dimana dalam fitur tersebut terdapat 6 buah aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya untuk mengelola (merawat) notebook itu sendiri.
Diantaranya ada aplikasi Software Monitor untuk mengawasi keadaan perangkat lunak atau software yang terinstall pada notebook, dalam arti apakah software yang bersangkutan masih dapat berfungsi dengan normal atau tidak. Lalu ada Health Center, dimana aplikasi ini dapat mempermudah pengguna untuk melakukan perawatan rutin pada notebook yang bisa di setting secara otomatis seperti misalnya untuk melakukan pembaruan system operasi, menghapus temporary files (termasuk cache dll) dan perawatan lain yang sekiranya diperlukan.
ASUSPRO Business Center

Kita juga dapat melakukan backup data secara berkala dan terjadwal menggunakan aplikasi Backup & Restore yang juga bisa kita temukan pada ASUSPRO Business Center. Tidak lupa ASUS juga telah menyematkan fitur management energi dalam aplikasi Power 4 Gear. Apps yang satu ini berfungsi untuk mempermudah pengguna dalam mengatur penggunaan energi untuk mengoptimalkan daya tahan baterai dengan mudah. Ya, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memilih 4 tingkatan performa yang berbeda mulai dari Power Saving Mode (setting performa terendah untuk menghemat baterai) hingga High Performance (setting performa tertinggi).

Pada masing-masing tingkatan kita bisa mengatur tingkat kecerahan layar ataupun membatasi performa prosesor/CPU (untuk lebih menghemat baterai misalnya) sesuai dengan kebutuhan dimana nantinya setting yang sudah kita simpan tersebut dapat kita aktifkan hanya dengan beberapa klik saja. Dengan disematkannya fitur-fitur yang memudahkan tersebut tentu kita dapat lebih menghemat waktu kita untuk menyelesaikan hal yang lain bukan? Tapi tunggu, ternyata itu belum semuanya!
Mengendalikan laptop dengan smartphone

Perangkat ini juga telah mendukung fitur Intel Wireless Display, sebuah aplikasi yang memungkinkan kita untuk melakukan “screen mirroring” pada perangkat lain yang memiliki layar lebih lebar tanpa menggunakan kabel yang tentu saja sangat berguna saat kita sedang melakukan presentasi. Apalagi jika kita juga menggunakan perangkat smartphone atau tablet ASUS berbasis Android (Zenfone atau Fonepad), kita bisa dengan mudah mengendalikan laptop kita dari kejauhan melalui aplikasi ASUS Remote Link dimana perangkat Zenfone atau Fonepad akan berfungsi sebagai remote control yang terhubung ke notebook melalui WiFi atau Bluetooth.

Tentu ini akan semakin mempermudah pekerjaan kita bukan? Belum lagi dengan kelengkapan konektivitas Input dan Output data yang dimilikinya termasuk 3x port USB v3.0 (kecepatan transfer data hingga 10x lebih cepat dari USB v2.0), card reader, LAN Port, VGA hingga Audio Jack (In/Out) yang akan memudahkan notebook untuk terkoneksi dengan berbagai device lainnya.
Konektivitas pada ASUSPRO BU201

Tidak hanya memudahkan dalam hal konektivitas dan perawatan saja, ASUS juga telah membekali fitur USB Blocker pada notebook yang ditujukan untuk para professional ini. Fitur tersebut akan mempermudah pengguna dalam hal pengamanan perangkat sebagai pertahanan pertama dari percobaan pencurian data melalui USB. Yups, tentu ada kalanya notebook lepas dari pengawasan kita dan ketika itu terjadi akan sangat rawan terjadi pencurian data secara diam-diam melalui USB. Namun dengan disematkannya fitur USB Blocker, kita bisa menentukan perangkat mana saja yang bisa atau boleh terhubung dengan notebook melalui USB.

4. Keamanan
Berdasarkan pernyataan diatas ternyata memang fitur keamanan pun wajib diperhatikan khususnya bagi kalangan pebisnis dimana jika ada data rahasia perusahaan atau mungkin data pribadi yang jatuh ke tangan orang yang salah maka akibatnya bisa saja sangat buruk. Hal ini pun mendapat sebuah perhatian khusus dari raksasa komputer asal Taiwan tersebut sehingga mereka pun telah mempersiapkan beberapa fitur tambahan pada ASUSPRO BU201LA sebagai senjata demi perlindungan data sang penggunanya.
Mulai dari chip hardware khusus, identifikasi berbasis smartcard hingga scanner sidik jari pun disematkan pada notebook yang juga memiliki desain minimalis namun elegan ini. Chip hardware “TPM” (Trusted Platform Module) berfungsi untuk mengurangi resiko pencurian data akibat virus yang ditanamkan oleh hacker melalui sebuah aplikasi tertentu untuk mencuri data pribadi semisal password. Chip ini juga akan melakukan proteksi terhadap file yang tersimpan pada notebook. Lalu terdapat pula identifikasi berbasis smartcard yang mana dengan menggunakan fitur ini pengguna dapat melakukan otorisasi transaksi online, pengolahan aplikasi ataupun untuk login pada akun atau system tertentu agar diizinkan untuk masuk.
Fitur keamanan pada ASUSPRO

Dan fitur yang paling menonjol untuk pengamanan data dari perangkat ini adalah scanner sidik jari. Bukan hanya yang paling menonjol, fitur ini juga menawarkan proteksi data pada tingkat yang paling tinggi. Ia menggunakan sensor berteknologi RF atau pencitraan dengan frekuensi radio sehingga tingkat keakuratannya lebih tinggi. Penggunaan sensor ini juga memungkinkan untuk melakukan scanning pada jari yang basah atau berminyak sekalipun.

Nah dengan berbagai fitur unggulan yang sudah saya sebutkan maka tidak aneh bukan jika saya memberikan atensi khusus pada notebook besutan ASUS ini? Ringan dan kuat untuk mendukung mobilitas yang tinggi, nyaman dan praktis untuk mendukung kemudahan dalam bekerja, serta dukungan proteksi yang mumpuni untuk keamanan data kita. Sangat pantas memang jika ASUSPRO BU201LA ini ditujukan untuk para pebisnis dan professional.
Disini saya tidak akan menyinggung terlalu banyak soal performa karena saya yakin sebagian besar dari anda pasti sudah bisa menyimpulkannya sendiri dengan melihat spesifikasi yang ada, dan berikut adalah spesifikasi dari ASUSPRO BU201LA.
Spesifikasi ASUSPRO BU201LA
Klik untuk memperbesar gambar

Jika anda memiliki ketertarikan yang sama seperti saya terhadap perangkat ini, anda bisa langsung mengunjungi website resmi ASUS untuk mengetahui detail lebih lanjut mengenai notebook ini atau anda juga bisa mention admin ASUS Indonesia melalui akun resmi twitternya @ASUS_Indonesia

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY