Cara Mematikan Perbaikan Kata Saat Mengetik Di Android

Cara Mematikan Perbaikan Kata Saat Mengetik Di Android

5729
0
SHARE
Cara Mematikan Perbaikan Kata Saat Mengetik Di Android – Pernah gak kamu merasa terganggu karena ketika kamu mengetik ternyata kata yang kamu ketikkan berubah sendiri menjadi kata yang tidak sesuai dengan yang kamu inginkan? Yups, mimin juga pernah mengalaminya ketika baru beberapa saat menggunakan smartphone Android. Sebenarnya itu adalah sebuah fitur pada keyboard Android untuk mengoreksi kata yang kita ketikkan agar tidak terjadi kesalahan dalam mengetik atau disebut dengan Auto-correction. Namun ternyata bagi sebagian orang termasuk mimin, fitur ini justru malah mengganggu kenyamanan pada saat mengetik.

Pilihan untuk mematikan atau menonaktifkan fitur ini nampaknya akan menyelesaikan masalah kenyamanan tersebut. Tapi bisakah kita melakukannya? Tentu saja bisa! Kita hanya perlu melakukan beberapa setting atau pengaturan sederhana untuk mematikan perbaikan kata otomatis saat mengetik tersebut. Nah bagi kamu yang belum tau bagaimana cara melakukannya, di posting kali ini mimin akan memberikan tutorial singkat untuk menonaktifkan auto-correction pada keyboard Android tersebut. Yuk disimak sama-sama! Ini dia langkah mudahnya:

1. Masuklah ke menu seeting pada perangkatmu, lalu pilih menu Language & Input atau Bahasa & Masukan seperti pada gambar dibawah ini.
Setting keyboard Android

2. Setelah itu akan muncul menu seperti yang nampak pada gambar dibawah ini. Perhatikan tulisan yang di sorot pada kotak berwarna hijau, lihat keyboard apa yang digunakan secara default agar kita dapat melakukan setting yang tepat pada keyboard yang digunakan. Kemudian klik icon setting seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah.
Mengganti pengaturan keyboard
3. Kemudian akan muncul beberapa menu lagi setelahnya, pilih menu Setelan input teks atau Text input setting.
Mengubah setelan input pada Android
4. Sekarang akan muncul beberapa menu seperti yang terlihat pada gambar sebelah kiri dibawah ini. Pilih menu Saran Kata (Word Suggestion) dan akan muncul menu popup seperti yang nampak pada gambar sebelah kanan.
Mematikan perbaikan kata saat mengetik
5. Centanglah salah satu pilihan yang diberi tanda rumput berwarna hijau seperti gambar diatas. Dengan mencentang salah satu dari keduanya maka gadgetmu tak akan lagi melakukan perbaikan atau penggantian pada setiap kata yang kamu ketikkan.

Nah itulah langkah sederhana untuk menonaktifkan perubahan atau perbaikan kata ketika sedang mengetik di Android. Sangat mudah bukan? Baca juga beberapa tutorial dasar tentang pengaturan keyboard dibawah ini:

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Teks Saran Kata Pada Keyboard ASUS Zenfone

Sebenarnya kita bisa saja mengubah atau memperbaiki fitur ini dengan mengubah settingan menjadi Bahasa Indonesia agar perbaikan kata yang ditampilkan bisa sesuai atau tidak terlalu jauh berbeda dengan apa yang kita ketik. Dan untuk melakukannya, kamu hanya perlu mengubah settingan bahasa pada keyboard tersebut. Silahkan jelajahi blog ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY