Cara Membatalkan Izin SuperUser Pada Aplikasi Android

Cara Membatalkan Izin SuperUser Pada Aplikasi Android

821
0
SHARE
Root Android
Cara Membatalkan Izin SuperUser Pada Aplikasi AndroidRoot pada Android memberikan kita hak “SuperUser” atau bisa dibilang hak administrator yang memungkinkan kita untuk mengakses dan mengedit sistem tanpa ada batasan – batasan tertentu, sehingga kita bisa lebih bebas dalam berkreasi dengan perangkat Android kita. Manfaat yang didapat pun sangat banyak, contoh yang paling sederhana adalah kita dapat menginstall dan menjalankan aplikasi yang membutuhkan akses root atau izin SuperUser. Namun pengguna harus berhati – hati dalam menginstall aplikasi yang membutuhkan akses root, karena jika tidak berhati – hati bisa saja aplikasi tersebut akan membahayakan.
Apa bahaya dari root Android? Sebenarnya yang membahayakan bukanlah root nya, melainkan aplikasi yang meminta akses root, karena bisa saja aplikasi tersebut menyimpan malware yang akan mudah menyerang perangkat Android kita jika kita sembarangan atau kurang berhati – hati dalam memberikan izin SuperUser. CMIIW. Jadi intinya sebisa mungkin kita menyaring aplikasi mana saja yang layak atau tidak layak untuk di install seperti yang sudah pernah saya bahas pada posting Tips memilih aplikasi Android agar perangkat kita terhindar dari malware.

Tapi apakah semua aplikasi yang membutuhkan akses root terdapat malware? Saya tidak berkata demikian. Namun saya rasa kemungkinan ada satu diantara seribu aplikasi yang disisipkan malware, sehingga kehati – hatian dan ketelitian kita sangatlah penting demi keamanan device kita sendiri. Dan diantara pengguna Android pasti ada saja yang teledor untuk menginstall dan memberikan izin root pada aplikasi tidak terpercaya, namun hal itu masih bisa diperbaiki dengan membatalkan izin root atau SuperUser pada aplikasi yang tidak terpercaya tersebut.

Hal ini untuk mengantisipasi aplikasi yang mencurigakan agar tidak dapat membaca atau melakukan perintah tertentu pada device Android kita secara leluasa. Nah cara untuk membatalkannya pun cukup mudah, langsung saja kita simak di TKP 😀
1. Pertama tama, buka aplikasi SuperUser. Lalu disana akan muncul daftar aplikasi yang meminta izin root. Pilih aplikasi mencurigakan yang ingin anda batalkan atau cabut izin nya. Perhatikan gambar di bawah. Pada lingkaran hujau tertulis “Allowed” yang artinya anda telah memberikan izin SuperUser untuk aplikasi bersangkutan. Untuk membatalkannya, kita tinggal menyentuh toggle atau icon yang ditunjuk oleh panah berwarna merah hingga statusnya menjadi “Denied” seperti pada lingkaran merah.
Membatalkan izin SuperUser
2. Kembali ke menu awal SuperUser pada tab apps. Perhatikan lingkaran merah pada gambar dibawah ini. Pada lingkaran merah bertuliskan “Allow” adalah aplikasi yang diizinkan, sedangkan yang bertuliskan “Deny” adalah yang tidak diizinkan. Pastikan aplikasi yang anda anggap mencurigakan tadi telah masuk ke kategory “Deny”.
SuperUser Denied
Nah cukup mudah bukan :D. Jika ada yang bertanya “kenapa gak sekalian dihapus aja apps nya?” boleh saja anda menghapusnya, tetapi cara ini digunakan jika ada fitur lain dalam aplikasi tersebut yang kita anggap masih berguna dan bisa berjalan tanpa akses root. Nah mungkin itu saja yang bisa saya bagikan di dalam posting ini, semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY