Cara Membatasi Pemakaian Internet Pada Android

Cara Membatasi Pemakaian Internet Pada Android

3632
0
SHARE
Cara Membatasi Pemakaian Internet Pada Android – Bagi pengguna smartphone, paket data unlimited adalah wajib hukumnya, karena sebuah smartphone tidak dapat bekerja secara maksimal tanpa koneksi data atau internet. Namun jika pengguna tidak memiliki paket data unlimited, tentunya harus waspada jika saat sedang asyik berselancar di dunia maya tiba-tiba paket data yang kamu miliki telah mencapai batas yang nantinya akan memotong pulsa dari kartu yang digunakan pada perangkatmu tersebut. Wah pasti gak asik banget donk ya?!
Pulsa tinggal kenangan

Lalu bagaimana cara membatasi lalu lintas data pada smartphone agar pulsa tidak tersedot? Bagi kamu pengguna smartphone atau tablet Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich) ke atas, hal ini dapat diatasi dengan membatasi pemakaian internet pada batas yang kamu inginkan. Sebuah menu pengaturan pada Android ICS memungkinkan pengguna untuk mengontrol jumlah atau besarnya lalu lintas data sehingga pengguna dapat mencegah pengeluaran yang berlebihan karena berkurangnya pulsa. Nah di posting kali ini mimin akan membagikan tips dan trik untuk membatasi pemakaian internet kepada kamu semua pengguna Android. Yuk kita langsung saja ke TKP 😀


1. Buka dan masuklah ke menu Setting dan pilih Data Usage (penggunaan data) menu akan tampil seperti ini :
Mengatur penggunaan internet Android

Tulisan berwarna orange tertulis 4.0 GB warning. Itu adalah batas dimana kamu akan diperingatkan jika penggunaan data telah mencapai 4.0 GB. Silahkan geser keatas atau kebawah untuk mengaturnya sendiri.


2. Jika kamu ingin mengatur tanggal pemakaian data tiap bulannya (jika memakai langganan paket internet bulanan) kamu dapat memilih data usage cycle untuk memilih tanggal saat kamu memulai menggunakan paket internet
Data usage warning

Pilih change cycle untuk memilih tanggal, lalu akan muncul menu seperti ini :

Mengatur tanggal penggunaan data

Pilih tanggal berapa kamu mulai berlangganan paket data pada tiap bulannya, lalu klik set.


3. Pada langkah ini kita akan mulai membatasi penggunaan internet di perangkat. Pada menu awal Data Usage pilih atau centang menu Set Mobile Data Limit. Kemudian akan muncul menu pop up seperti pada gambar dibawah ini :
Membatasi penggunaan paket data Android

4. Pilih dan tentukan batas data yang kamu inginkan

Mengatur besaran penggunaan data

Pada tulisan berwarna merah (yang ditunjuk oleh panah) adalah batas dimana penggunaan data akan dihentikan. Silahkan kamu atur besarannya dengan menaikkan atau menurunkannya. Lalu pada tulisan berwarna orange adalah dimana kamu akan diingatkan sebelum penggunaan mencapai limit atau batas. Kamu juga dapat mengatur besarannya sesuai keinginanmu.


5. Jika kamu tidak memiliki paket bulanan, kamu dapat mengatur hari dimana kamu akan menggunakan internet pada perangkatmu. Limit data juga dapat diperkecil seperti ini :
Membatasi penggunaan data agar pulsa tidak tersedot

Pada panah yang menunjuk ke kiri adalah untuk mengatur tanggal dimana kamu akan memakai internet, untuk panah ke bawah adalah batas penggunaan data yang kamu tentukan.

BACA JUGA : Tips menghemat kuota internet pada Android


Nah itulah langkah untuk membatasi pemakaian internet pada Android, cukup mudah bukan? Tentu saja ini akan sangat membantumu untuk lebih menghemat pengeluaran dan ketika peringatan penggunaan data (data usage warning) sudah muncul maka kamu sudah harus mulai menghemat menggunakan internet. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY