Memilih Gadget Yang Cocok Untuk Toko Online

Memilih Gadget Yang Cocok Untuk Toko Online

7999
0
SHARE

Memilih Gadget Yang Cocok Untuk Toko Online – Udah lama nih mimin gak bahas soal tips dan trik di blog Techijau.com. Maklum, lagi fokus sama hal yang lain, jadi yaa bikin artikel yang gampang-gampang aja dulu. Ngehehehe :D. Kali ini mimin pengen bagi tips soal memilih gadget yang cocok untuk kebutuhan toko online atau biasa disebut dengan OL shop. Hari gini memang udah banyak banget barang yang bisa dijual secara online. Apalagi komunikasi dan transaksi udah semakin mudah sehingga sangat mungkin untuk jadi peluang bisnis.

Beberapa teman dan saudara mimin pernah bertanya soal apa saja yang dibutuhkan untuk membuat OL shop sederhana. Yaa mimin jawab aja, kita cuma harus punya produk, service dan gadget dalam hal ini bisa smartphone atau tablet. Nah karena blog ini bertemakan “gadget” maka mimin bakal bahas soal gadgetnya aja yaa. Iya, tidak sedikit dari mereka yang bingung untuk memilih perangkat yang tepat untuk kebutuhan toko online dan memang sebaiknya perangkat untuk kebutuhan ini tidak dicampur dengan perangkat kebutuhan pribadi.

Memilih gadget untuk toko onlineOke kita langsung ke poin utamanya aja yaa, kira-kira kriteria seperti apa sih yang dibutuhkan untuk urusan yang satu ini? Kalo bisa sih perangkat yang punya nilai plus di semua lini, tapi pastinya perangkat yang seperti itu harganya juga gak biasa. Iya kan? Maka disini mimin akan membagi beberapa poin utama yang harus diperhatikan berdasarkan kategori harga atau budget yang kamu miliki. Disini mimin juga akan membahas soal aplikasi apa saja yang dibutuhkan untuk mempermudah urusanmu nanti yang bisa kamu temukan di bagian bawah postingan. Oke, langsung ke TKP deh!

Budget dibawah 2 juta

Standar paling bawah untuk urusan toko online mimin tetapkan di kisaran kurang dari 2 juta. Kenapa? Karena akan sangat sulit untuk menemukan perangkat serba bisa yang berada di kisaran harga dibawah 1 jutaan. Beberapa hal yang harus kamu prioritaskan untuk budget di kisaran ini adalah :

  • Prosesor, minimal dual-core. Boleh prosesor apa saja sesuai selera.
  • Kapasitas RAM, minimal 1 GB
  • Hindari OS Android versi 4.1 sampai 4.3 (Jelly Bean), untuk saat ini mimin sarankan yang OS Androidnya versi 4.4 Kitkat atau 5.1 Lollipop
  • Memory internal (ROM) minimal 8 GB

Kenapa harus menghindari OS Android Jelly Bean? Karena menurut mimin OS versi ini kurang mantab dan terasa sedikit lebih berat jika digunakan di perangkat dengan spek terbatas. Dan untuk Lollipop versi 5.0 sebenernya tidak masalah, tapi menurut mimin lebih baik yang versi 5.1 karena yang versi 5.0 agak sedikit lebih boros baterai.

BACA JUGA : Bagusan Mana Sih Prosesor Quad-core, Hexa-core, atau Octa-core?

Pada kisaran budget 2 juta kebawah ini, kamu sudah bisa memilih 2 jenis gadget yakni tablet PC ataupun smartphone dan kamu harus memilih salah satunya saja. Dan ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk memilih salah satu dari mereka :

Tablet

Jika kamu sudah mempunyai smartphone (pribadi) dengan kamera yang lumayan mumpuni, kamu bisa memilih tablet sebagai gadget untuk toko online mu. Kenapa? Karena bekerja dengan tablet lebih mudah ketimbang menggunakan smartphone untuk urusan OL shop. Pada perangkat ini kamu bisa melakukan multitasking dengan lebih leluasa sehingga akan memudahkanmu untuk urusan seperti membalas chat customer, mencari foto produk untuk dikirim dan memilihnya. Khusus untuk urusan memilih foto, menggunakan tablet akan terasa lebih mudah karena gambar (thumbail) akan nampak lebih besar dan jelas sehingga akan mengurangi resiko salah kirim gambar.

BACA JUGA : Apa itu multitasking?

Selain itu, kamu juga bisa melakukan multitasking seperti membuka chat customer, lalu membuka file daftar harga atau detail produk jika kamu lupa dan kemudian membalas chat tersebut. Penggunaan tablet juga memudahkan kita untuk urusan edit foto. Hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli tablet di kisaran budget ini adalah :

  • Semua hal yang disebutkan diatas (termasuk prosesor dan RAM)
  • Kamera belakang tidak terlalu penting, jadi jangan membeli yang memiliki kamera belakang beresolusi besar karena tidak akan berguna banyak
  • Usahakan untuk memprioritaskan CPU dalam hal spesifikasi
  • Terdapat slot microSD
  • Untuk slot SIM card atau Wi-Fi only, disesuaikan kebutuhan saja

Kenapa kamera belakang tidak terlalu penting? Karena kamera pada tablet (apalagi di kisaran harga ini) umumnya memiliki kualitas yang sangat buruk sehingga tidak bagus untuk foto produk. Hadirnya kamera beresolusi besar pada tablet hanya akan meninggikan harganya saja, atau mengorbankan hal lain yang lebih penting seperti CPU. Jadi berapapun ukuran kamera yang dimilikinya tidak masalah asalkan punya CPU yang mumpuni. Karena untuk urusan foto, kita bisa menggunakan kamera smartphone pribadi kita untuk kemudian dikirim ke tablet.

Smartphone

Namun jika ternyata kamu tidak memiliki smartphone yang mumpuni di segi kamera, maka mimin sarankan untuk membeli smartphone untuk OL shop mu. Selain untuk foto produk, smartphone juga bisa digunakan untuk keperluan lain seperti komunikasi dengan customer meskipun beberapa hal seperti mengedit foto dan memilih file terasa lebih leluasa ketika menggunakan tablet. Beberapa hal yang wajib kamu perhatikan selain poin-poin yang sudah mimin sebutkan diatas adalah sebagai berikut :

  • Kamera belakang min 5 megapixel, abaikan kamera depan karena kamu tidak akan terlalu membutuhkannya
  • Ukuran layar minimal 4.5 inch
  • Mimin sarankan untuk mencari perangkat yang memiliki UI yang ringan serta minim bloatware alias aplikasi bawaan yang tidak berguna
  • Jika ternyata pada perangkat yang kamu lirik ternyata memiliki banyak app bawaan, pastikan bahwa app tersebut dapat berguna untuk produktivitasmu
  • Prioritas pilihan prosesor yang digunakan untuk kisaran budget ini : Qualcomm Snapdragon / Intel Atom

Prioritas prosesor disini sangat penting demi menjaga kenyamanan dan kelancaran khususnya ketika melakukan multitasking. Selain itu memilih perangkat dengan bloatware yang minim juga tak kalah penting mengingat kapasitas penyimpanan yang terbatas, yang tentu saja untuk menghindari beberapa masalah seperti memory yang cepat penuh. Dan meskipun kualitas foto tidak ditentukan dari berapa besar “megapixel” kamera yang dimiliki, namun hal ini juga penting karena kita harus bisa mendapatkan foto dalam ukuran besar agar lebih mudah ketika melakukan pengeditan seperti cropping dan lainnya.

BACA JUGA : Apa itu UI, bloatware dan juga megapixel

Budget 3 jutaan

Di kisaran budget yang “tanggung” ini kita bisa memiliki pilihan yang beragam. Beberapa hal yang mesti kamu perhatikan untuk kisaran budget ini adalah sebagai berikut :

  • Prosesor minimal Dual-core dari Intel atau Qualcomm Snapdragon, atau Quad-core untuk semua jenis prosesor
  • Kapasitas RAM min 2GB
  • Internal memory (ROM) 16 GB
  • Slot microSD

Kapasitas internal memory minimal 16 GB dan RAM 2 GB plus prosesor kelas menengah kebawah seharusnya tidak masalah untuk menggunakan OS Android versi manapun diatas versi 4.0, sehingga kamu tidak perlu terlalu memperhatikan versi OS dari perangkat yang kamu lirik.

BACA JUGA : Urutan Versi Android

Yang paling penting adalah ia memiliki UI yang ringan dan minim bloatware karena di kisaran harga ini akan muncul beberapa perangkat yang memiliki banyak bloatware sehingga akan memperberat kinerja perangkat. Masih sama seperti yang sudah mimin sebut diatas, kamu bisa memilih antara smartphone ataupun tablet dan harus memperhatikan beberapa hal lain yakni sebagai berikut :

Tablet

Yang pertama adalah mimin sarankan untuk tetap mengabaikan sektor kamera karena biar bagaimanapun kamera smartphone tetap lebih baik dari sisi kualitas. Utamakan spesifikasi seperti misalnya dari sisi CPU dan RAM. Akan lebih baik jika ia memiliki aplikasi bawaan yang mendukung produktivitas.

Smartphone

Jika ternyata pilihanmu jatuh pada smartphone karena menganggap tablet terlalu besar, hal yang wajib kamu perhatikan adalah sebagai berikut :

  • Ukuran layar minimal 4.7 inch dengan resolusi layar minimal 1280 x 720 pixel (HD)
  • Kamera belakang minimal 8 megapixel dan memiliki LED flash
  • Akan lebih baik jika perangkat tersebut minim bloatware, atau memiliki fitur yang mendukung produktivitas seperti aplikasi notes dan floating apps (aplikasi yang dapat tampil secara melayang, tidak full screen)
  • Carilah perangkat yang memiliki UI yang ringan agar tidak mengganggu performa

Meski mimin menuliskan ukuran layar minimal 4.7 inch, namun akan lebih baik jika kamu memilih perangkat yang memiliki ukuran layar diatas 5 inch karena akan lebih memudahkan untuk urusan multitasking.

Opsi lain

Di kisaran budget ini kamu sudah bisa memiliki opsi altefnatif yakni dengan membeli perangkat bekas pakai untuk lebih menghemat pengeluaran agar kamu bisa mendapatkan tablet dan smartphone sekaligus dengan memperhatikan hal-hal yang dijelaskan pada pilihan perangkat pada budget dibawah 2 jutaan. Lihat juga tips memilih perangkat bekas di halaman ini. Atau kamu juga bisa membeli perangkat di kisaran 2 jutaan dan menggunakan sisa dana yang ada untuk membeli aksesoris semacam tripod (untuk foto produk) dan juga portable Wi-Fi untuk mengurangi pengeluaran untuk biaya berlangganan paket internet pada semua perangkat yang kita punya.

Budget 5 jutaan

Dengan budget yang lebih besar bukan berarti kamu boleh memilih perangkat dengan sembarangan. Karena terkadang perangkat dengan harga lebih mahal belum tentu memiliki kinerja yang lebih baik. Jika kamu dapat mengelola dana yang lumayan besar tersebut dengan baik, maka kamu bisa mendapatkan beberapa perangkat sekaligus untuk mendukung aktivitas berjualan di toko online milikmu.

Kamu bisa memilih tablet dan smartphone sekaligus dengan memperhatikan hal-hal yang sudah mimin sebutkan di kisaran budget dibawah 5 juta. Namun jika kamu ingin membeli 1 perangkat saja, pastikan perangkat tersebut sudah memiliki spesifikasi yang mumpuni dan minim bloatware.

Tablet

Untuk memilih tablet khususnya untuk ukuran 7 inch tidaklah sulit di kisaran harga dibawah 5 juta, apalagi diatasnya. Perhatikan beberapa hal berikut :

  • Prosesor Quad-core berbasis ARM (Qualcomm / MediaTek) “Cortex-A57 / A72“, berbasis x86 (Intel), atau Octa-core berbasis ARM Cortex-A53
  • RAM minimal 2 GB, akan lebih baik jika kamu memilih diatas kapasitas ini
  • Memory internal 16-32 GB
  • OS Android minimal versi 4.4 Kitkat
  • Kamera belakang opsional, dengan tetap memprioritaskan spesifikasi yang mendukung performa
  • Akan lebih baik jika tablet tersebut memiliki beberapa fitur tambahan untuk mendukung produktifitas

Dengan budget di kisaran ini, seharusnya masih terdapat sedikit sisa yang bisa kamu gunakan untuk membeli aksesoris seperti portable Wi-Fi hotspot, wireless keyboard and mouse atau yang lainnya.

BACA JUGA : Review Modem WiFi Smartfren Andromax M2s

Penting untuk memperhatikan penggunaan chipset atau prosesor pada perangkat yang kamu pilih seperti yang sudah disebutkan diatas. Karena hal itu akan sangat mempengaruhi performa dari perangkat. Detail soal ini sudah mimin tuliskan pada link yang juga sudah mimin sertakan diatas (soal prosesor Quad-core, Hexa-core dan Octa-core yang link nya mimin sematkan di awal-awal tulisan ini).

Smartphone

Jika kamu lebih memilih smartphone agar lebih praktis, maka mimin sangat menyarankan bahwa smartphone tersebut setidaknya mampu digunakan untuk menampilkan gambar dalam ukuran besar serta memiliki resolusi layar yang baik. Berikut adalah detailnya :

  • Ukuran layar 5.5 inch, atau sesuai selera
  • Prosesor Quad-core berbasis ARM (Qualcomm / MediaTek) “Cortex-A57 / A72“, berbasis x86 (Intel), atau Octa-core berbasis ARM Cortex-A53
  • RAM 2 GB keatas
  • Memory internal 32 GB atau lebih
  • OS Android minimal versi 4.4 Kitkat
  • Resolusi layar yang ideal adalah 1080p (Full HD), hindari layar yang memiliki resolusi diatasnya
  • Baterai berkapasitas cukup besar

Yup, baterai menjadi faktor yang tidak kalah penting mengingat perangkat memiliki spek yang lumayan gahar dan juga akan digunakan untuk keperluan yang cukup penting sehingga harus mampu bertahan setidaknya hingga tengah hari. Dan meski di awal mimin menyebut bahwa perangkat harus memiliki resolusi yang cukup tinggi, namun mimin sarankan untuk menghindari resolusi layar yang terlalu tinggi atau terlalu tajam karena itu akan membuat perangkat menjadi lebih boros baterai. Yang tidak kalah penting adalah kapasitas RAM agar kita dapat melakukan multitasking dengan lebih baik lagi.

BACA JUGA : Keuntungan RAM besar pada smartphone

Dan sekali lagi, jika kamu cukup pintar untuk memilih maka tentu masih akan ada sisa dari budget yang kamu sediakan yang bisa kamu gunakan untuk membeli beberapa aksesoris lain seperti powerbank, tripod, atau yang lainnya. Sebagai tambahan, mimin juga akan menyertakan beberapa aplikasi yang wajib kamu miliki untuk mendukung aktifitas yang satu ini.

Aplikasi yang wajib dimiliki

Beberapa aplikasi yang penting untuk toko online adalah sebagai berikut :

1. Chat messenger, sudah pasti sangat dibutuhkan untuk komunikasi. Biasanya yang digunakan adalah BBM, WhatsApp, LINE, atau yang lainnya.

2. Edit foto, sangat penting sebelum kita mengirimkan gambar kepada konsumen. Biasanya yang paling sering mimin gunakan adalah Snapseed untuk urusan perbaikan warna (saturasi, warmth, kecerahan, dll), PicsArt untuk memberikan tulisan pada gambar, dan juga beberapa aplikasi lain untuk membuat foto kolase (photo collage, menggabungkan beberapa gambar menjadi satu).

3. Notes, untuk menyimpan beberapa data seperti daftar harga atau daftar pesanan pelanggan. Biasanya mimin menggunakan Note everything. Kamu juga bisa memanfaatkan beberapa app produktivitas bawaan seperti ASUS QuickMemo, Sony SmallApps Notes, atau aplikasi semacamnya.

4. Konektivitas, penting untuk saling bertukar data antar perangkat. Mimin biasa menggunakan ShareIt karena mampu mengirim file dalam waktu yang sangat singkat.

5. Cloud storage, sebenarnya ini adalah aplikasi opsional untuk melakukan sinkron data antara PC dengan smartphone atau tablet. Sinkron data yang biasa mimin lakukan disini adalah soal pesanan dan juga stok barang. Sinkronisasi macam ini sangat berguna jika toko online milikmu memiliki lebih dari satu admin atau CS. Biasanya mimin menggunakan Google Drive. Namun jika kamu hanya memiliki satu admin / CS, maka kamu tak akan terlalu membutuhkannya meskipun aplikasi ini akan tetap dapat berguna “pada saatnya”.

6. Aplikasi untuk melihat dan mengedit dokumen Excel atau Word juga akan diperlukan jika kamu menggunakan Cloud storage

7. Beberapa aplikasi lain yang akan berguna adalah ASTRO File manager, cache cleaner (hanya gunakan jika perangkatmu tidak memiliki file manager dan cache cleaner bawaan) dan juga apps socmed macam Instagram, Facebook Pages Manager dll.

Nah itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk memilih gadget yang cocok untuk toko online mu. Jika dirasa ada yang kurang jelas dan perlu ditanyakan, kamu bisa meninggalkan komentar yang terdapat dibawah tulisan ini. Jangan lupa sertakan email yang valid agar nanti kamu bisa menerima pemberitahuan jika komentarmu sudah mimin balas.

Atau mungkin, kamu bisa mengunjungi halaman Gadget Pilihan pada blog ini, dimana mimin sudah membuat daftar perangkat pilihan dengan spesifikasi terbaik berdasarkan kisaran harga yang kamu inginkan.

BACA JUGA : Daftar Gadget Pilihan Techijau

Oke, mimin rasa cukup disini dulu ya bahasan kali ini. Silahkan jelajahi Techijau.com ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY