Memory Tetap Penuh Meskipun Sudah Memasang Link2SD? Ini Tipsnya

Memory Tetap Penuh Meskipun Sudah Memasang Link2SD? Ini Tipsnya

1836
0
SHARE
Memory Tetap Penuh Meskipun Sudah Memasang Link2SD? – Link2SD adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk memindahkan sebagian data ke SD card (partisi kedua) dari suatu aplikasi. Metode yang juga dinamakan seperti nama aplikasinya (Link2SD) ini lebih efektif untuk dapat melegakan ruang pada internal memory daripada menggunakan metode biasa atau move to SD yang bisa dilakukan pada sistem operasi Android versi tertentu. Namun meskipun pengguna telah menggunakan Link2SD, tetap saja akan ada ruang pada internal memory yang digunakan oleh aplikasi yang telah dipindahkan dengan metode tersebut, meskipun jumlahnya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan metode move to SD.
Memory android penuh
Hal ini menyebabkan ruang pada internal memory kembali berkurang. Dan jika dibiarkan, memory internal akan kembali penuh sesak meskipun kita sudah menggunakan Link2SD. Lalu bagaimana agar kita bisa mengatasi hal tersebut? Pada posting kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman tentang tips menyegarkan kembali internal memory dengan Link2SD, agar penggunaan aplikasi Link2SD dapat maksimal.Oke kita langsung saja ke TKP 😀

Sebelum memulai langkah langkahnya, pastikan perangkat Android anda sudah di-root dan telah terpasang aplikasi Link2SD.

1. Buka aplikasi Link2SD. Untuk memastikan apakah cara ini bisa berhasil atau tidak, silahkan cek terlebih dahulu total internal memory yang bebas atau kosong pada perangkat anda. Sentuh tombol yang berada di sebelah kanan atas halaman muka Link2SD lalu pilih storage info. Anda bisa melihat total ruang pada memory yang bebas, seperti pada gambar dibawah ini (yang digaris bawahi).
Memory penuh meskipun menggunakan Link2SD

2. Setelah mengecek, sekarang kita mulai langkah untuk melegakan kembali internal memory tersebut. Pada home page Link2SD, sentuh tombol yang berada di sebelah kiri atas hingga muncul pilihan menu seperti pada gambar dibawah ini.

Cara melegakan kembali internal memory yang penuh

3. Nah sekarang perhatikan angka-angka yang ada pada gambar diatas. Pertama silahkan pilih menu Relink all application files, lalu kedua pilih Relink library files. Sedangkan kita bisa lihat terdapat dua buah angka 3 pada gambar diatas. Artinya kamu bisa memilih salah satu dari pilihan tersebut, namun saya menyarankan untuk memilih Relink dalvik-cache files dari pada clean up dalvik-cache, karena jika dibersihkan, aplikasi akan kembali menulis file di direktori dalvik-cache (CMIIW)


4. Dan yang terakhir silahkan pilih Clear all app caches untuk membersihkan file-file sampah yang membuat memory menjadi penuh sesak. Nah setelah selesai, silahkan kembali ke langkah 1 untuk membandingkan berapa besar ruang pada internal memory yang bebas. Apakah sudah berkurang atau belum.
Internal memory kembali lega

Pada gambar diatas bisa kita lihat bahwa tidak hanya memory internal saja yang menjadi lebih lega, tetapi juga memory pada SD card. Hal ini karena sebagian file cache pada aplikasi juga tersimpan di SD card.


Nah itulah tips sederhana untuk melegakan kembali internal memory yang penuh setelah menggunakan aplikasi Link2SD. Silahkan jelajahi artikel menarik lain di Techijau.com yang terdapat dibawah postingan ini. Semoga bermanfaat 🙂

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY