Mengapa Kita Harus Mematikan Ponsel Pada Saat Naik Pesawat Terbang

Mengapa Kita Harus Mematikan Ponsel Pada Saat Naik Pesawat Terbang

652
0
SHARE
Mengapa Kita Harus Mematikan Ponsel Pada Saat Naik Pesawat Terbang – Karena ini juga menyangkut soal gadget, jadi saya putuskan untuk membahas soal ini di blog Techijau.com ini. Beberapa dari pemirsa pembaca blog ini pasti sudah pernah naik pesawat terbang bukan? Dan ketika menaiki pesawat, biasanya para penumpang di peringatkan untuk mematikan perangkat komunikasi mereka seperti handphone, smartphone, PC tablet dan perangkat elektronik lain sebelum lepas landas.
Mematikan ponsel di pesawat
Sumber gambar: www.komhukum.com

Ketika menaiki salah satu maskapai penerbangan lokal, saya sendiri pernah menegur seseorang yang duduk di sebelah saya karena dia tetap asyik sms-an ketika pesawat akan lepas landas. Dan alasan yang dia berikan saat saya tegur adalah “maklum mas, baru pertama kali naik pesawat, jadi gak tau. Hehehe”. Nah hal seperti itulah yang juga turut mendorong saya untuk menyempatkan diri membuat artikel ini.

Apa yang terjadi jika kita tidak mematikan perangkat elektronik kita pada saat naik pesawat terbang? Beberapa hal yang perlu anda ketahui adalah, perangkat elektronik pada pesawat terbang itu sangatlah sensitif. Pilot di pesawat dan petugas di menara penerbangan (entah apa atau siapa namanya) harus terus berkomunikasi untuk memastikan beberapa hal seperti kapan harus lepas landas misalnya. Sehingga jika kita masih menyalakan ponsel atau asyik sms-an, pancaran gelombang radio yang dihasilkan oleh ponsel kita akan mengganggu komunikasi mereka. Akibatnya bisa saja terjadi mis-komunikasi antar keduanya, dan itu bisa saja sangat fatal karena jika terjadi kesalahan komunikasi, bukan tidak mungkin pesawat lain akan menabrak pesawat yang kita tumpangi jika pesawat yang kita tumpangi memasuki runway pada saat yang tidak tepat. Itu yang pertama. Runway adalah jalur pacu, tempat pesawat berakselarasi untuk terbang dan mendarat.


Selain itu pada saat kita sudah terbang, pesawat menggunakan perangkat elektronik untuk menentukan arah terbang (alat navigasi) yang konon sangat sensitif dengan gelombang elektronik. Sehingga jika perangkat navigasi itu mengalami gangguan, bukan tidak mungkin pesawat akan keluar jalur terbang nya atau istilahnya “nyasar”. Beberapa perangkat elektronik lain dalam pesawat juga tergolong sangat sensitif sehingga sangat diharuskan untuk anda mematikan ponsel anda pada saat menaiki pesawat terbang. Karena kesalahan kecil saja yang terjadi, bisa berakibat fatal bagi seluruh penumpang. Kasarnya begini :

“Kalo elo gak matiin hp lo, bukan cuma elo yang mati, tapi kita semua di (pesawat) sini juga bakal terancam keselamatannya! Ngerti gak lo?!”

Jadi resiko jika kita tidak mematikan ponsel di pesawat akan ditanggung oleh seluruh penumpang pesawat. Jadi memang tidak salah jika ada orang lain yang menegur orang yang tetap menyalakan perangkat ponsel karena keselamatan mereka (yang menegur) juga terancam. Meskipun demikian, pada beberapa perangkat canggih pada masa kini sudah didukung dengan fitur Flight Mode atau modus terbang, sehingga perangkat tersebut tidak akan menerima atau memancarkan sinyal radio apapun.

Amankah kita menggunakan Flight Mode pada gadget saat sedang naik pesawat terbang? Hemm, berikut adalah opini saya tentang hal tersebut :

Menurut logika saya, tetap menggunakan gadget yang sudah di setting ke Flight Mode akan aman JIKA anda tidak menggunakannya pada 2 saat kritis dalam penerbangan, yaitu pada saat mendarat (landing) dan lepas landas (take off). Mengapa demikian? Karena kecelakaan pada pesawat sering kali terjadi pada 2 saat kritis tersebut, dimana pada 2 saat itu dibutuhkan ketepatan yang amat sangat tinggi agar pesawat dapat selamat. Jadi untuk meminimalisir kesalahan, alangkah baiknya jika anda tidak menggunakan perangkat elektronik apapun pada 2 saat rawan tersebut, termasuk jika anda “hanya” menggunakannya untuk mendengarkan musik.

Karena konon, perangkat akan tetap mengeluarkan gelombang tertentu pada saat digunakan, sehingga akan berpotensi mengganggu beberapa perangkat elektronik pada pesawat yang memang sensitif terhadap gelombang. Namun perlu saya ingatkan bahwa ini hanyalah opini saya semata, dan saya tidak mengerti apa – apa soal prosedur keselamatan penerbangan. Jika dirasa perlu, sebaiknya anda tanyakan hal ini kepada mereka yang berkompeten di bidangnya.

Intinya adalah mematikan ponsel di pesawat itu “WAJIB” demi keselamatan seluruh awak pesawat dan anda sendiri. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pemirsa sekalian 🙂

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY