Cara Mengatasi Insufficient Storage Available Di Google PlayStore

Cara Mengatasi Insufficient Storage Available Di Google PlayStore

13912
0
SHARE

Cara Mengatasi Insufficient Storage Available Di Google PlayStore – Saat mimin sedang iseng untuk mampir ke Google PlayStore, ternyata ada cukup banyak aplikasi yang menunggu untuk di update. Mimin pun memutuskan untuk melakukan update pada apps yang terinstall pada perangkat Android milik mimin tersebut. Awalnya, tak ada masalah yang terjadi saat perangkat mulai melakukan update dan install apps.

Namun, ketika mengupdate aplikasi yang ke-sekian, muncul pesan error bertuliskan “Insufficient Storage Available” (kalau dalam bahasa Indonesia “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat”) sehingga update tak dapat diinstal. Padahal, kapasitas penyimpanan baik internal maupun eksternal pada perangkat mimin masih terbilang banyak ruang kosong yang tersedia, sehingga agak aneh rasanya jika sampai tidak cukup ruang untuk menginstall atau update aplikasi.

Insufficient storage available pada AndroidMimin juga telah mencoba mengunduhnya sekitar 3 kali, namun tetap saja muncul keterangan error yang sama. Apakah kamu juga mengalami masalah yang sama pada perangkatmu? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Tak perlu panik, karena pada tulisan ini, mimin akan coba untuk memberikan solusi untuk mengatasi masalah “Tidak cukup ruang pada perangkat” saat sedang melakukan install atau update aplikasi Android, tanpa harus melakukan root terlebih dahulu.

BACA JUGA : Apa Itu Root Pada Android?

Mimin akan memberikan 2 pilihan solusi yang bisa kamu jalankan, yang satu menggunakan cara ribet, dan satu lagi menggunakan cara simple. Dan karena mimin paham bahwa kamu gak suka yang ribet, maka kita mulai dari cara yang simple dulu yaa. Yuk kita langsung ke TKP! 😀

Cara Simpel

1. Buka menu setting pada perangkatmu, lalu cari menu Apps / Aplikasi seperti pada gambar dibawah ini.

Cara mengatasi insufficient storage available2. Cari dan pilih aplikasi yang sebelumnya gagal di update tadi, lalu klik tombol Clear cache (bersihkan cache).

Cara mengatasi tidak cukup ruang pada perangkatJika ternyata masalah masih terjadi, kamu bisa kembali ke langkah awal, lalu kali ini pilih Clear data (hapus data). Namun perlu dicatat, bahwa jika kamu melakukan clear data, maka semua data pada aplikasi yang bersangkutan (termasuk password) akan hilang.

Artinya, jika misalnya aplikasi tersebut adalah apps game, maka kamu akan memulai game tersebut dari awal lagi ketika kamu membukanya. Atau, jika apps tersebut adalah apps socmed, maka kamu harus kembali melakukan sign in pada akun socmed tersebut. Tentu saja, kamu harus mengingat ID dan password pada akun tersebut.

Opsi Lain

  • Kamu juga bisa mencoba untuk klik tombol Move to SD card (pindahkan ke SD card) jika tombol tersebut tersedia, karena beberapa orang mengaku berhasil saat menggunakan cara ini.
  • Jika sebelumnya kamu sudah memasang aplikasi cache cleaner, maka kamu bisa coba memanfaatkannya untuk menghapus cache pada perangkatmu sebelum menginstall atau update aplikasi.
  • Jika perangkatmu menggunakan OS Android v5.0 (Lollipop) keatas, maka kamu bisa coba untuk menghapus cache tanpa bantuan aplikasi, seperti yang sudah mimin jelaskan di halaman ini.
  • Atau, jika perangkatmu sudah terinstall aplikasi Link2SD dan sudah di root, maka kamu bisa coba untuk melakukan langkah pembersihan seperti yang sudah pernah mimin bahas pada artikel ini.

Dan kalau ternyata cara-cara simpel diatas masih belum bisa mengatasi masalah “Tidak cukup ruang pada perangkat” saat update atau install aplikasi, maka sepertinya kamu mesti mencoba cara ribet yang akan mimin buat secara terpisah.

Nah, mungkin itu saja yang bisa mimin bagikan pada tulisan ini. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan info menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY