Cara Mengatasi Masalah Notifikasi Pada ASUS Zenfone

Cara Mengatasi Masalah Notifikasi Pada ASUS Zenfone

11527
0
SHARE

Cara Mengatasi Masalah Notifikasi Pada ASUS Zenfone – Beberapa waktu lalu, mimin mendapatkan pertanyaan dari salah satu teman mimin yang baru saja membeli ASUS Zenfone Selfie. Ia mengeluhkan soal pemberitahuan yang tidak masuk secara otomatis pada perangkat barunya tersebut. Ia mengaku bahwa ia sudah mengecek hampir semua settingan pada apps, namun tetap saja notifikasi dari apps-apps tersebut tidak muncul di perangkatnya.

Ini kenapa ya, kok notif dari Instagram, Path, Facebook, dll nggak ada yang masuk? Setelah aplikasinya dibuka baru pada masuk. Apa ini error?

Kira-kira seperti itulah pertanyaan dari teman mimin tersebut. Sebenarnya masalah tersebut terjadi bukan karena error, tetapi ada beberapa settingan yang harus di ubah. Sehingga, solusi untuk mengatasi notifikasi yang tidak masuk pada perangkat ASUS Zenfone sebenarnya sangat mudah, yakni dengan cara mengganti beberapa settingan pada aplikasi bawaan, yakni Auto-start Manager.

Sebelumnya kamu harus tau, fitur Auto-start Manager merupakan fitur bawaan dari smartphone dan tablet ASUS untuk mengatur aplikasi mana saja yang boleh atau tidak boleh berjalan di background. Tujuannya adalah agar penggunaan RAM dapat lebih efisien dan juga penggunaan baterai yang lebih irit.

Seperti yang kita tau, aplikasi yang berjalan di background sering kali membuat RAM menjadi penuh, serta membuat perangkat bekerja secara terus menerus sehingga dapat menguras daya baterai yang lebih banyak, dan bahkan terkadang membuat perangkat menjadi panas.

BACA JUGA : Penyebab Hape Cepat Panas

Maka, hadirnya aplikasi ini sangat memungkinkan kita untuk mencegah apps tertentu agar tidak berjalan sendiri di background untuk menghindari masalah-masalah yang mimin sebutkan diatas. Namun efek sampingnya adalah, aplikasi yang membutuhkan update data secara real time (seperti aplikasi chat) tidak akan dapat memberikan notifikasi secara langsung, sehingga kita harus mengubah settingan untuk aplikasi-aplikasi macam ini agar kita bisa menerima notifikasi secara normal melalui perangkat ASUS yang kita miliki.

Nah untuk mengubah settingannya, silahkan buka aplikasi Auto-start Manager, lalu perhatikan gambar dibawah ini :

Mengatasi Masalah Notifikasi Pada ASUS ZenfoneGambar diatas adalah tampilan pada aplikasi Auto-start Manager. Seperti yang bisa kita lihat, disana terdapat daftar aplikasi yang terinstal pada perangkat kita, lalu di sebelah kanan terdapat semacam tombol switch. Nah jika kamu ingin agar notifikasi dapat masuk secara real time, maka kamu harus mengubah pengaturan auto-start yang tadinya “deny” menjadi “allow” seperti yang ditunjukkan pada kotak berwarna merah pada gambar diatas.

BACA JUGA : Tips Agar ASUS Zenfone Tidak Boros Baterai Dan Cepat Panas

Dan jika sudah, seharusnya notifikasi bisa masuk ke perangkat dengan normal. Namun jika notifikasi masih tak muncul seperti seharusnya, coba cek apakah fitur Battery Saver dalam keadaan aktif atau tidak. Karena, fitur ini biasanya juga menimbulkan efek samping yang serupa.

Nah, itulah cara untuk mengatasi masalah notifikasi yang tidak masuk pada perangkat ASUS Zenfone dan ZenPad. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY