Cara Mengirim File Melalui Wi-Fi Di Android Menggunakan ShareIt

Cara Mengirim File Melalui Wi-Fi Di Android Menggunakan ShareIt

59333
47
SHARE

Cara Mengirim File Melalui Wi-Fi Di Android Menggunakan ShareIt – Sebagian besar dari kita, biasanya akan memilih untuk menggunakan kabel USB ketika akan mengirim file dari komputer / laptop ke perangkat smartphone (atau sebaliknya). Cara ini memang cukup efektif, dan proses pertukaran data pun bisa berlangsung cepat. Akan tetapi, masalah akan muncul ketika kita lupa untuk membawa kabel USB yang berfungsi sebagai penghubung tersebut, hingga tentu saja proses pertukaran data tak bisa dilakukan melalui kabel data.

Belum lagi, terkadang koneksi menggunakan kabel USB tidak bisa berjalan dengan lancar karena berbagai faktor termasuk kerusakan kabel, ataupun kerusakan pada port USB di masing-masing perangkat, sehingga proses pertukaran data dengan cara ini cukup beresiko. Tapi tenang, di posting ini mimin membawa kabar gembira untuk kita semua!

Bukan soal kulit manggis yang ada ekstraknya, tapi mimin ingin menyampaikan bahwa saat ini kita tidak perlu lagi repot menggunakan kabel USB untuk berkirim data, karena Lenovo telah mengembangkan sebuah aplikasi yang bisa kita gunakan untuk bertukar data dengan memanfaatkan jaringan Wi-Fi.

Aplikasi yang diberi nama ShareIt ini dapat digunakan di hampir semua merk perangkat smartphone yang menggunakan sistem operasi Android, Windows Phone dan iOS serta dapat digunakan pula pada laptop dengan OS Windows. Ya, kita dapat dengan mudah bertukar data termasuk foto, video, musik dan lainnya baik dari laptop ke perangkat smartphone ataupun ke sesama perangkat smartphone, dan bahkan kita juga bisa transfer data dari laptop ke laptop tanpa kabel. Kecepatan transfer data dengan cara ini pun sangat cepat dan jauh lebih cepat dibandingkan dengan mengirim file melalui bluetooth. Gak percaya? Nih liat aja

Nah untuk bisa memanfaatkan aplikasi ini kamu hanya perlu memiliki sebuah perangkat dengan kemampuan Wi-Fi tethering atau laptop yang mendukung konektivitas Wi-Fi. Jadi apakah kita harus memiliki atau terhubung dengan Wi-Fi? Dan bagaimana jika kita tidak memilikinya? Tenang, kamu tidak harus punya Wi-Fi router, MiFi, atau semacamnya untuk dapat menggunakan aplikasi ini (kecuali untuk Windows Phone). Nah daripada berpanjang lebar lagi lebih baik kita langsung bahas soal cara menggunakannya yuk! Namun pertama-tama kamu perlu menginstal aplikasi ini pada perangkatmu:

Sedot disini untuk perangkat Laptop mu, sedot di Google PlayStore untuk perangkat Android, WP Store untuk perangkat Windows Phone, atau App Store untuk perangkat iOS.

NOTE: Jika kamu belum tau cara menginstal aplikasi android melalui PC/Laptop silahkan baca di artikel Cara install apps di android melalui komputer.

Nah jika kamu sudah menginstal aplikasi ini pada masing-masing perangkatmu, kamu bisa mulai membuka aplikasi ShareIt pada kedua perangkat yang ingin kamu gunakan untuk bertukar file. Disini, mimin akan membaginya menjadi 3 bagian, karena cara untuk mengirim data menggunakan apps ini agak sedikit berbeda pada beberapa perangkat. Kita mulai bagian yang pertama :

Transfer Data Dari Smartphone ke Smartphone

Kita umpamakan bahwa kamu akan mengirim file/data dari hape A (pengirim) ke hape B (penerima). Buka aplikasi ShareIt di masing-masing perangkat, dan akan muncul tampilan seperti ini :

Cara menggunakan ShareIt pada Android1. Perhatikan gambar diatas. Klik tombol Send pada perangkat pengirim (hape A), dan klik tombol Receive pada perangkat penerima (hape B).

Pada hape A, akan muncul pilihan kategori file yang bisa kamu kirim. Silahkan pilih sesukamu, lalu lanjutkan. Atau, kamu juga bisa memilih langsung file yang kamu inginkan, melalui file manager atau mungkin gallery -> pilih file -> klik icon share -> pilih ShareIt.

2. Nah setelah kita sudah memilih file yang akan di kirim pada hape A dan sudah melanjutkan ke tahap selanjutnya, maka hape A akan mulai mendeteksi perangkat yang siap menerima kamu apa adanya file, dan akan muncul tampilan seperti ini :

Mengirim file ke sesama android melalui wifiKlik icon yang menampilkan nama dari perangkat penerima (hape B), lalu file akan terkirim secara otomatis setelah berhasil tersambung.

TIPS : Kamu bisa mengganti nama dan icon/avatar dari perangkat yang kamu gunakan, agar nantinya lebih mudah untuk membedakan antara perangkatmu dengan perangkat lainnya.

Transfer File dari Smartpone / Tablet ke Laptop

Untuk mengirim file atau data dari smartphone ke laptop via WiFi dengan menggunakan ShareIt sebenarnya hampir mirip dengan yang sudah mimin sebutkan diatas, hanya saja ada sedikit langkah tambahan sebagai berikut :

1. Pada laptop kita (penerima), silahkan buka ShareIt dan klik tombol receive. Lalu, aplikasi akan menampilkan icon seperti pada gambar dibawah ini, klik gambar layar smartphone yang ada disana.

cara_agar laptop bisa menerima file shareitSetelah kamu klik, aplikasi akan menampilkan QR code untuk mempermudah proses sambungan nanti.

Pada smartphone (pengirim) ikuti langkah 1 dan 2 diatas, namun ketika smartphone sudah mulai mendeteksi perangkat, kamu perlu menekan tombol Connect to PC yang terdapat di bagian bawah layar.

Kirim file dari hape ke laptop2. Kemudian pada layar hape akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini (sebelah kiri), silahkan klik tombol Scan to connect.

Transfer file via wifi menggunakan shareitAplikasi akan mengaktifkan kamera yang berperan sebagai QR scanner, dan arahkan kamera ke arah layar laptop penerima, tepat dimana area QR code yang sebelumnya sudah ditampilkan oleh laptop.

3. Nah file yang ingin kita kirim dari smartphone akan segera diterima oleh laptop setelah keduanya berhasil terhubung, seperti yang nampak pada gambar dibawah ini (kotak berwarna biru). Kamu juga bisa mengirim file dari laptop ke hape dengan melakukan drag and drop file yang kamu inginkan ke aplikasi ShareIt di laptopmu. Atau, dengan mengklik icon yang ada dalam kotak berwarna merah, dan pilih file yang ingin kamu kirimkan.

Mengirim file dari laptop ke hape via shareitTIPS : Jika proses untuk menghubungkan terasa terlalu lama, silahkan ulangi prosesnya. Namun sebelumnya, kamu mesti menutup apps ShareIt di laptopmu, dan kemudian jalankan kembali. Demikian pula dengan app ShareIt di hapemu, pastikan kamu benar-benar menutupnya dengan menyingkirkannya dari recent apps. Kalau kamu tidak tau bagaimana caranya, silahkan cek tulisan berjudul Cara menutup aplikasi di Android.

Transfer File ke Sesama Laptop Menggunakan ShareIt

Cara atau langkah yang sedikit lebih ribet akan kita temukan ketika kita ingin menggunakan ShareIt untuk mengirim file dari laptop ke laptop lain via koneksi WiFi. Oke, langsung aja yaa…

1. Pada kedua laptop, jalankan aplikasi ShareIt. Disini, kita tak perlu memilih Send atau Receive seperti pada langkah sebelumnya, karena memang tombol itu takkan kita temukan 😛

NOTE : Kamu bisa melakukan langkah dibawah tanpa harus memperhatikan mana laptop yang akan mengirim atau menerima file.

Pada saat sudah membuka aplikasinya, lihat bagian bawah apps, apakah sudah muncul keterangan seperti yang ada di dalam kotak berwarna merah pada gambar dibawah. Jika sudah, klik disana (di masing-masing laptop).

Mengirim file ke sesama laptop menggunakan shareit2. Nah disini, kita akan membedakan kedua perangkat yakni laptop A sebagai “pengirim” dan laptop B sebagai “penerima” agar lebih mudah untuk dimengerti.

Pada laptop A, kita akan membuat sebuah personal network, yang pada contoh dibawah bernama K43U Pandu. Klik tanda centang pada keterangan Show Characters untuk menampilkan password. Kemudian, tunggu hingga laptop B mendeteksi network yang sudah kita buat tadi (K43U Pandu), dan silahkan klik pilihan network tersebut.

menggunakan shareit dari laptop ke laptop3. Setelah memilih network, laptop B akan diminta untuk memasukkan password untuk network tersebut. Masukkan password yang sudah ditunjukkan pada langkah nomor 2 diatas, dan klik Join. Setelah itu, akan muncul pesan popup pada laptop A, klik Accept.

Transfer file sesama laptop via wifi4. Nah sekarang, kedua laptop sudah terhubung. Kamu bisa mengirim file satu sama lain dengan melakukan drag and drop, atau, kamu bisa mengklik tombol Select Files yang berada dibagian bawah.

Mengirim file dari laptop ke laptopHuft akhirnya beres juga! Bagaimana? Kamu yang sudah coba pasti sudah merasakan cepat dan praktisnya transfer data antar perangkat menggunakan aplikasi ini. Nah, itulah langkah-langkah alias tutorial tentang cara menggunakan aplikasi shareit untuk mengirim data baik dari smartphone, tablet, maupun laptop.

Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lain soal tips, trik, dan tutorial seputar perangkat Android. Semoga bermanfaat 😀

47 COMMENTS

  1. makasih mas telah berbagi artikel yg cukup membantu saya, saya telah mencoba kirim file video size 60mb-an from pc to smartphone , speed transfer nya cuma 64 kalo engga 128 KB/S, lebih dari 5 menit saya rasa.
    apakah ini kecepatan maksimumnya?

    • Rasanya itu terlalu lambat, soalnya kalau diriku transfer pakai shareit ini kecepatannya selalu diatas 1 MB/s. FYI, spesifikasi dari perangkat pengirim/penerima juga mempengaruhi kecepatan transfer. Kalau dalam kasus ini, mungkin kecepatan “tulis” dari memory yang digunakan kurang cepat, jadi kecepatan transfernya jadi terhambat. Tapi gak menutup kemungkinan ada faktor lain yang menyebabkan 🙂

  2. punya saya ketika langkah men scan barcode nya dr hp ke notebook muncul tulisan hp dan pc anda tidak dalam satu jaringan

    solusinya gan

    • Coba notebook sama hapenya dinyalain dulu wifi nya. Kalo udah dan misalkan Kakak ada jaringan WiFi, coba pastikan untuk menyambungkan hape dan laptop tadi di jaringan WiFi yang sama.

      Atau, kalo misalnya gak ada WiFi, coba putuskan dulu koneksi internet di laptopnya / cabut modem (kalo pake modem) dan coba lagi

  3. kalo kita pake share it terus mau kirim file tp temen ga pake share it itu gabisa ya ? harus sama sama pake share it ?

    • Biasanya kalo gak di setting, bakal kesimpen di disk C (destinasinya lupa, cuman yang jelas ada folder ShareIt nya). Coba di cek aja kak, lewat aplikasinya. Waktu buka apps, liat icon icon di bagian kanan atas, pilih icon yang ada disebelahnya icon minimize. Disana bisa klik “Destination folder” buat nampilin folder tempat nyimpennya. Kalo mau ganti destinasi foldernya, bisa atur di setting

  4. Kenapa aq ndak boleh kirim,,,, hp-hp

    Sdh.Brp kali downloadnya tetapi tetap Sma, apa ne dari setingg hp aq ya.. Help me please

    • Yang versi terbaru memang agak rewel dia.. Coba sebelum kirim, close dulu aplikasi share it nya di kedua hp. Terus sebelum aplikasinya dibuka lagi, coba WiFi di kedua hape dinyalakan dulu. Dan kalau udah buka apps nya, tunggu beberapa saat dulu setelah hape lain terdeteksi, kira-kira 10 detik baru deh klik untuk mengirim…

  5. Mau tanya dong mas, sebelumnya pake share it ga ada problem tapi bbrpa hari lalu mau recieve data ga bsa. Pengirim udah oke, tapi di saya ga ada alert terima data. Nunggu sampai lama pun ga bsa. knpa ya mas? tp ada tulisan current network : b sekian. Itu ada settingannya ga ya? Tq

    • Bisa jadi itu bug setelah update apps nya Kak (kadang emang update dari ShareIt malah nge-bug alias jadi “kacau”), atau versi aplikasi ShareIt nya nggak sama karena kadang emang aplikasi ShareIt di PC suka update sendiri.

      Jadi sebelumnya, coba cek update aplikasi ShareIt untuk masing-masing perangkat. Kalo udah dan masih begitu, coba di close dulu aplikasi ShareIt nya (kalo perlu di force stop), terus matikan dan nyalakan WiFi di kedua perangkat, terus dipancing dengan ngirim 1 file dulu aja. Kalo udah terkirim kan otomatis terhubung tuh, nah disitulah kita langsung share file lain yang mau kita kirim melalui aplikasi ShareIt nya. Semoga berhasil 🙂

  6. Mau tanya gan kalau ane kirim lagu dr adro ke ios udah semua lagunnya,kok di ios nya ga ketemu lagu nya ya?solusi nya mas,uda berkali2 cobaa

    • Belum pernah pegang iDevice, tapi sepertinya emang format file musik yang di dukung oleh iOS itu beda Kak, untuk menghindari pembajakan lagu. Jadi yaa wajar sih kyanya.

      Kalo mau info yang lebih akurat soal iOS dan iDevice, coba mampir ke Makemac.com Kak 🙂

  7. kok punya saya ga bisa ya bro?
    tolong dong..
    kan d situ your personal networknya ada nama..
    nah d tmpat saya ga ada..
    trus udah saya coba barcodenya trus d hpnya tertulis ponsel dan PC tidak dalam satu jaringan,hrap beralih ke jaringan lain,padahal laptop saya ada d depan saya sendiri..
    kan anjing nih aplikasi…

    • Wkwkwkwkwkwkwk… Seloww Kak selooowww, jangan emosi :v

      Maksudnya nggak dalam satu jaringan itu berarti nggak dalam koneksi WiFi yang sama. Biasanya sih kalo begitu, kita cukup aktifkan WiFi di hape (yang mau di konek ke laptop) dengan jaringan WiFi yang sama yang juga digunakan sama laptop. Gitu aja sih gampangnya. Kadang emang agak rewel untuk koneknya, dan mesti di restart aplikasinya..

      Kalo tetep gabisa berati emang anj……. Ah sudahlah :3

  8. Kak kenpa ya pass aku menerima file dari teman pengirimanya selalu gagal padahal udh pada satu jaringan tapi heranya aku pas aku ngirim ke temen malang berhasil #Tolong kak solusinya

    • Kemungkinan pertama, salah satu dari hapenya mungkin masih pake versi apps yang lama, jadi coba di update dulu. Kadang emang apps ini rada rewel sih di beberapa hape 😐

      Oiya, gagalnya itu ada keterangan error gak?

  9. Mas ko ngga bisa nerima dan kirim dari ios ke android begitu juga sebaliknya android ke ios jaringannya udah sma cobect wifi tapi ngga ketemu ya pada saat mau ngirim android ke ios

    • Biasanya kalo rewel begitu, salah satu perangkat ada yang pake versi lama. Jadi mesti update dulu apps nya biar sama-sama pake versi terbaru. Kalo misal tetep begitu, coba di masing-masing perangkat, apps nya dimatikan dulu (bener-bener dimatikan dan bukan di minimize), baru deh dicoba lagi

    • Nah itu mungkin bug dari aplikasinya, Kak.. Kadang emang ngeselin sih aplikasi ini, suka ngadat setelah update. Yang jelas, kalo misal di satu laptop udah diperbarui, di laptop lain sebaiknya juga apps nya diperbarui ke versi yang sama

  10. Mau nanya gan,,hp saya klo pke share it g bisa ngirim ataupun terima,,pertama udh connect trs abis itu roketY ga mau meluncur,,diem aja.. Itu apaY ya gan?

    • Minta di update aplikasinya, Kak. Terus ada satu trik nih. Sebelum ngirim (atau sebelum buka aplikasinya), sebaiknya matiin dulu paket data internet, terus nyalain WiFi. Baru deh kirim atau terima

  11. Mau tanya gan,tablet yg hanya menggunakan wifi,bisa nggak berbagi aplikasi dengan yg lain,,,?
    Kalau bisa bagi infonya dong
    Thank’s,,,

    • Maksudnya itu aplikasi yang keinstall di tabletnya dikirim dan dipasang di perangkat lain gitu ya?

      Bisa aja sih kalo misal apps nya udah di convert ke APK, dengan catatan perangkat lainnya itu punya specs yang memenuhi syarat minimal dari apps yang mau dikirim. Soalnya kadang, satu apps hanya bisa dipasang di versi android tertentu atau yang dipasang di hape yang punya fitur tertentu..

    • Ada keterangan error nya nggak, Kak?

      Biasanya sih kalo aku yaa tinggal di restart aja aplikasinya (close, terus buka lagi). Dan pastikan, sebelum ngirim atau nerima file, WiFi harus aktif dulu

    • Emang kadang agak rewel sih aplikasi ini. Coba aja di close aplikasinya di kedua perangkat, terus ulang lagi. Kadang harus beberapa kali percobaan baru berhasil. Terus, sebelum kirim atau nerima, pastiin WiFi di kedua perangkat sudah aktif sebelum pakai apps ini

  12. Mau tanya nih… gw kan udh lama nih pake share it.. tpi baru” in keluar tulisan vpn aktif tapi tidak dapat mengirim atau menerima .. it knp y? Ad yg tw?

LEAVE A REPLY