SmallApps, Real Multitasking Pada Sony Xperia

SmallApps, Real Multitasking Pada Sony Xperia

509
2
SHARE
SmallApps pada Xperia
SmallApps, Real Multitasking Pada Sony Xperia – Bagi para pengguna Android newbie seperti saya, mungkin pernah mendengar kata SmallApps. Saya pun dahulu tidak mengerti apa itu SmallApps serta kegunaan atau fungsinya. Saya pun baru mengetahui fungsinya setelah saya memasang modding untuk mengganti tampilan quick panel yang berasal dari XDA Developers yang kebetulan juga mendukung penggunaan fitur SmallApps tersebut. Nah menurut saya, SmallApps adalah sebuah fitur atau lebih tepatnya aplikasi “kecil” yang cukup ringan sehingga bisa dimanfaatkan pengguna secara bersamaan dengan aplikasi lainnya, seperti multitasking pada PC. Fitur SmallApps ini secara default hanya mendukung untuk perangkat Sony Xperia. CMIIW. Namun tidak semua smartphone berbasis Android besutan Sonymobile itu bisa menggunakannya secara default. Berbeda dengan multitasking biasa yang mengharuskan pengguna me-minimize aplikasi lainnya, SmallApps ini benar-benar dapat dijalankan secara bersamaan. Maka dari itu saya menyebutnya real multitasking pada Sony Xperia, yang terlihat seperti gambar disamping dimana saya membuka aplikasi facebook dan browsing di halaman awal google secara bersamaan, serta membuka aplikasi Tweetcaster dan browsing di halaman Dunia Gadget 558 secara bersamaan seperti pada gambar dibawah.
SmallApps pada Xperia
SmallApps sendiri sudah mendukung beberapa aplikasi lain selain browser. Untuk anda yang menggunakan Xperia yang mendukung SmallApps secara default (saya kurang tau lengkapnya, kemungkinan Xperia P, S, SL, T, TX, V, Acro S dll), anda bisa memanfaatkannya dengan menyentuh / menahan tombol “home” (yang ada di tengah) hingga muncul tampilan seperti ini
Menu SmallApps
Anda bisa lihat, di bagian bawah layar berderet beberapa icon SmallApps. Anda bisa memilih salah satunya, mulai dari kalkulator, notes (memo), perekam suara, timer, browser dan lainnya. Fitur atau aplikasi lain bisa anda download di google play, dengan cara tahan salah satu icon dan tarik keluar (untuk membuangnya) lalu pada deretan paling kanan akan muncul icon “+”, sentuh icon tersebut dan pilih download more SmallApps on Google Play.
Khusus untuk SmallApps browser yang menurut saya paling berat, device saya terasa lag saat menggunakannya bersamaan dengan aplikasi lain. Hal ini tentu saja karena device saya kurang memiliki spesifikasi yang mendukung (Prosesor 1 GHz dan RAM 512 MB) dan memang secara default device saya tidak mendukung SmallApps. Mungkin jika saya menggunakan device Xperia yang memiliki spesifikasi lebih baik (Xperia Z misalnya :P) mungkin akan terasa jauh lebih smooth.
Kita dapat mengatur besar kecilnya tampilan atau ukuran window pada SmallApps browser, cukup dengan menyentuh bagian yang ditunjuk oleh panah berwarna merah pada gambar dibawah, anda dapat me-risize ukuran window. Pengguna juga bisa memindahkan posisi SmallApps sesuka hati dengan menyentuh bagian yang di lingkari (lingkaran warna hijau), atau me-minimize nya dengan menggeser atau memindahkannya ke bagian bawah layar.
Review mini apps browser
Nah sekian dulu posting bertema App Review kali ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda ðŸ˜€

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY