Penjelasan Singkat Mengenai OIS (Optical Image Stabilization)

Penjelasan Singkat Mengenai OIS (Optical Image Stabilization)

2652
3
SHARE

Penjelasan Singkat Mengenai OIS (Optical Image Stabilization) – Belakangan ini, istilah “OIS” sering kali muncul pada tabel deskripsi soal spesifikasi dari suatu smartphone. Yap, sebagian vendor pembuat gadget memang sengaja untuk menyematkan fitur canggih ini pada produk ponselnya karena semakin hari, minat konsumen akan fotografi menggunakan ponsel semakin meningkat saja, dan nampaknya hal itu dianggap sebagai suatu hal yang serius untuk “digarap” dan dikembangkan lebih lanjut, salah satunya dengan penambahan fitur ini pada perangkatnya.

BACA JUGA : Tips Fotografi Menggunakan Smartphone Ala Admin Techijau

Tapi sebelumnya mungkin sebagian dari kamu masih belum paham dan bakal bertanya-tanya, sebenarnya OIS itu apa sih?

Pengertian OIS pada kameraOIS adalah singkatan dari Optical Image Stabilization, yang kalau dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah penstabil gambar secara optik (gitu kali ya? Ah intinya mirip-mirip begitu deh 😛 ). Fitur ini juga dikenal dengan istilah IS (image stabilizer) OSS (Optical SteadyShot), AntiShake, atau yang lainnya. Terus, fungsinya buat apa? Yaa seperti namanya itu, supaya gambar bisa stabil. Ehehehe, kurang memuaskan banget ya jawabannya… Okedeh, di posting kali mimin bakal buatkan sedikit penjelasan singkat mengenai OIS dengan bahasa orang awam agar lebih mudah untuk dimengerti, dengan harapan bisa menghilangkan rasa penasaranmu soal istilah ini.

Fungsi OIS

Pernah nggak sih foto kalian hasilnya ngeblur gara-gara kamera (hape) goyang alias nggak stabil waktu ambil foto? Yap, hal itu emang cukup sering terjadi, khususnya ketika ambil foto dalam pencahayaan minim (gelap) karena biasanya, kamera akan menurunkan shutter speed menjadi lebih lambat agar foto dapat terlihat lebih terang.

BACA JUGA : 3 Hal Utama Yang Mempengaruhi Kecerahan Foto

Sedangkan, seperti yang sudah pernah mimin bahas sebelumnya, untuk dapat menghasilkan foto yang tajam atau terhindar dari blur ketika menggunakan settingan shutter speed lambat, kamera harus tetap stabil pada posisinya.

BACA JUGA : Apa Itu Shutter Speed Pada Kamera?

Fungsi OIS pada kamera hapeSumber gambar : Wikipedia

Nah, disinilah peran OIS menjadi sangat penting untuk menjaga agar lensa tetap stabil untuk meminimalisir efek getaran atau goncangan saat mengambil foto, seperti yang terlihat pada gambar diatas yang menggambarkan soal perbedaan dari foto yang diambil tanpa OIS (IS Off) dengan foto yang diambil dengan kamera dengan fitur OIS (IS On).

Cara Kerja

Terus, cara kerjanya gimana? Kamu pernah perhatiin kepala ayam? Kurang lebih seperti itulah cara OIS untuk membuat foto menjadi stabil. Kalau masih kurang jelas, mending kamu tonton dulu deh video dari LG untuk memperkenalkan OIS pada smartphone flagship mereka (pada saat itu) yakni LG G2, yang kebetulan juga merupakan smartphone Android pertama yang menggunakan fitur OIS. Tapi perlu dicatat yaa, bahwa sebelumnya sudah ada smartphone dengan OS selain Android yang menggunakan fitur serupa, yaitu Nokia dengan Lumia 920 nya.

Nah, setelah nonton video diatas, mimin yakin pasti sudah pada paham kan fungsi OIS dan gambaran soal cara kerjanya? Yap, kamera (atau lebih tepatnya lensa optik) pada perangkat yang menggunakan fitur ini bakal bergerak untuk meminimalisir efek getaran jika sensor mendeteksi adanya getaran.

Berbeda dengan EIS (Electronic Image Stabilization) yang meminimalisir efek blur secara “digital”, OIS bekerja dengan secara nyata bergerak atau menggerakkan lensa secara fisik. Jelas, fitur ini bakal menambah biaya produksi dari suatu perangkat, sehingga jangan heran kalau cuma beberapa perangkat smartphone mahal saja yang dibekali dengan fitur ini.

OIS juga sangat berguna ketika kita ingin mengambil sebuah video agar minim guncangan, sehingga video yang dihasilkan jadi lebih stabil dan lebih enak dipandang.

Gimana? Sekarang udah paham kan? Oke, mungkin sekian dulu dari mimin untuk postingan kali ini. Kamu bisa menjelajahi blog Techijau.com ini untuk menemukan berbagai informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY