All In One PC Untuk UKM, ASUS AIO A4310

All In One PC Untuk UKM, ASUS AIO A4310

310
0
SHARE
All In One PC Untuk UKM, ASUS AIO A4310 – Pergerakan roda perekonomian di Indonesia tidak lepas dari sektor usaha kecil dan menengah atau biasa kita sebut dengan UKM yang belakangan berkembang dengan sangat pesat. Hal ini tidak lepas dari kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan peluang-peluang yang terus bermunculan seiring dengan berkembangnya zaman. Untuk dapat mengembangkan usaha, selain ide, sumber daya dan modal tentunya juga dibutuhkan perangkat  atau peralatan pendukung untuk menunjang aktivitas selama menjalankan usaha.
Salah satu peralatan yang wajib dimiliki oleh hampir semua pemilik usaha adalah perangkat komputer atau PC (Personal Computer). Ya, perangkat yang satu ini sangat penting peranannya sebagai penunjang untuk mempermudah pekerjaan khususnya dalam hal membuat dan menyimpan laporan. Selain itu sebuah PC juga dapat dimanfaatkan untuk membuat konsep-konsep atau menyimpan ide-ide baru dan mungkin juga untuk mencari sumber referensi dan inspirasi lain dari internet.
Masalahnya, modal yang dimiliki oleh para pelaku UKM umumnya tidak terlalu besar sehingga tantangan lain yang harus dihadapi adalah soal keterbatasan termasuk dalam hal ini keterbatasan tempat untuk dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Biasanya, sebuah PC atau komputer membutuhkan sebuah ruang yang cukup untuk meletakkan CPU yang ukurannya tidaklah kecil sehingga sedikit banyak akan membuat ruangan menjadi semakin padat. Oke memang ruang yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar, namun akan lebih baik jika kita dapat memanfaatkannya untuk hal lain bukan? Bagi kita yang harus bekerja dalam ruangan yang terbatas tentu akan sangat merasakan “gangguan” dari keberadaan CPU ini dimana ia akan membuat ruang gerak menjadi semakin terbatas.
ASUS All in one PC A4310

Belum lagi kita harus dibuat ribet oleh kabel-kabel yang menghubungkan antara CPU, layar, mouse dan juga keyboard. Tentu ini jauh dari kesan praktis. Mengganti peranannya dengan laptop bukanlah solusi terbaik mengingat sebuah laptop tidaklah dirancang untuk bekerja seharian penuh layaknya sebuah PC. Lalu apakah ada solusi lain? Tentu saja ada. Kita dapat memilih sebuah All-In-One PC untuk dapat memanfaatkan ruang yang ada seminimal mungkin.

All-In-One PC adalah sebuah perangkat komputer yang dibuat seringkas mungkin yang mana perangkat ini menyatukan komponen monitor dan CPU dalam satu body. Menggunakan sebuah All-In-One PC (selanjutnya kita sebut sebagai AIO) adalah cara untuk memanfaatkan ruangan sebaik mungkin karena sudah barang tentu ia tidak akan memakan tempat yang terlalu besar. Salah satu produk AIO PC yang dapat kita temui di pasaran adalah ASUS AIO A4310. Tidak hanya praktis dari segi tempat, perangkat ini juga menawarkan kemudahan untuk soal pengelolaan atau perawatan dari perangkat itu sendiri. Nah bagi anda yang penasaran akan fitur yang dimiliki oleh ASUS AIO A4310 ini, disini saya akan membahas sedikit lebih dalam soal perangkat komputasi dari ASUS ini.
Setidaknya ada 3 point utama yang menjadi nilai tambah dari perangkat ini untuk mendukung produktivitas pekerjaan, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Hemat Tempat, Bebas Ribet
Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, perangkat ini menawarkan sebuah solusi untuk memanfaatkan ruangan sebaik mungkin khususnya bagi yang memiliki ruang kerja yang terbatas. Hemat tempat sudah pasti, apalagi ia juga tidak membutuhkan banyak kabel penghubung seperti halnya pada PC biasa. Ditambah lagi ASUS telah merancang perangkat ini agar memiliki konektivitas yang lengkap pada satu tempat yang sama.

Konektivitas ASUS AIO A4310

Seperti yang bisa kita lihat pada gambar diatas, pusat konektivitas perangkat difokuskan di sebelah kiri untuk memudahkan penggunanya ketika ingin menghubungkan AIO PC ini dengan perangkat lain. Pengguna juga dapat melakukan upgrade RAM dengan mudah hanya dengan membuka “pintu” dibelakang casing nya. Ukurannya yang relatif lebih kecil dan lebih simple dibandingkan dengan PC pada umumnya juga akan memudahkan penggunanya untuk membersihkan perangkat tanpa harus ribet mencabut dan memasang kembali banyak kabel sekaligus. Konsep All-In-One PC ini juga akan membantu kita menghemat tempat pada colokan kabel (stop kontak) karena kita hanya memerlukan satu slot saja untuk dapat mengoperasikan komputer ini. Jadi kita bisa memanfaatkan slot stop kontak yang tersisa untuk perangkat lainnya bukan? Untuk mengisi ulang baterai smartphone misalnya.

Bicara soal isi ulang baterai, ternyata ASUS telah menyematkan sebuah fitur menarik yang memungkinkan kita melakukan charging baterai smartphone menggunakan AIO PC ini. Fitur yang diberi nama Ai Charger II ini merupakan sebuah software khusus yang memungkinkan pengguna untuk melakukan charging baterai smartphone nya dengan lebih cepat dengan cara menghubungkan perangkat tersebut ke AIO PC melalui USB. Jadi kita tidak perlu khawatir jika kita lupa membawa charger untuk smartphone yang kita miliki. Tentunya fitur ini juga akan memudahkan kita untuk menjangkau smartphone ketika sedang diisi ulang. Hebatnya, fitur ini juga memungkinkan kita untuk melakukan charging bahkan ketika AIO PC sedang dalam keadaan mati!

Fitur Ai Charger ASUS

Hal ini tentu akan membuat kita dapat memanfaatkan ruangan yang ada se-efisien mungkin.


2. Mudah Dalam Mengelola Dan Merawat Perangkat

ASUS Business Manager

ASUS juga menawarkan kemudahan dalam mengelola dan merawat perangkat AIO PC A4310 dengan ditanamkannya fitur ASUS Business Manager. Fitur ini memiliki kumpulan dari beberapa aplikasi yang dibuat lebih ringkas sehingga lebih mudah dijangkau oleh sang pengguna. Beberapa diantaranya ada fitur Update yang akan memudahkan kita untuk mengecek dan melakukan update BIOS, Driver serta aplikasi lainnya dalam satu tempat.

Fitur update ASUS AIO PC

Lalu terdapat pula fitur security yang mencakup fitur penghapusan data secara permanen serta PC Cleaner. Dengan menggunakan fitur PC Cleaner ini kita dapat dengan mudah menghapus berbagai data yang tidak dibutuhkan seperti misalnya Temporary Internet Files, Cookies dan semacamnya untuk membersihkan ruang pada penyimpanan (memory) sehingga ruang penyimpanan akan lebih lega. Itu artinya kita tidak perlu lagi mendownload aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya, apalagi sampai harus repot untuk menghapus file-file tersebut satu persatu.

Fitur PC Cleanup ASUS A4310

Fitur lain yang terdapat pada ASUS Business Manager adalah fitur Backup & Restore, Power Manager untuk mengatur penggunaan (penghematan) daya dan performa perangkat serta beberapa fitur advance lainnya. Dalam fitur Power Manager kita dapat menentukan apakah akan menggunakan performa tertinggi, normal, atau performa terendah untuk menghemat daya. Disini kita bisa mengatur secara custom performa atau kekuatan CPU yang akan digunakan pada masing-masing tingkatan. ASUS juga mempermudah pengguna untuk melakukan backup data pada perangkat smartphone yang dimilikinya untuk dapat menyimpannya pada perangkat AIO PC melalui konektivitas WiFi.

Pengelolaan dan perawatan yang ringkas ini pastinya akan lebih menghemat waktu kita bukan? Sehingga kita dapat memanfaatkan kelebihan waktu tersebut untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat agar produktivitas dapat berjalan dengan maksimal.

3. Mendukung Produktivitas dan Kreativitas

Seperti yang kita tau, dalam menjalankan sebuah bisnis khususnya UKM tentu kita membutuhkan kreativitas untuk menuangkan ide-ide yang baru. Namun terkadang akan sedikit sulit untuk menyimpan ide dalam bentuk tulisan. Nah disini kita bisa memanfaatkan fitur layar sentuh yang dimiliki oleh ASUS AIO A4310 untuk dapat menuangkan ide yang kita miliki dalam bentuk gambar. Ya, menyimpan ide dalam sebuah gambar adalah cara yang paling cepat dan mudah untuk dilakukan, dan menggambar dengan menggunakan tangan secara langsung pastinya akan jauh lebih mudah ketimbang harus menggunakan mouse.

All in one PC layar sentuh

Disinilah kita dapat menuangkan kreativitas kita untuk menggambarkan ide-ide yang kita miliki agar lebih mudah untuk dipahami. Selain itu, navigasi layar sentuh yang dimilikinya ini juga akan mempermudah pengguna ketika sedang mencari referensi di internet ketika ingin mencari sebuah ide yang baru.

Hemm tapi bagaimana soal performa? Pastinya berbagai fitur yang dimilikinya diatas akan terasa kurang maksimal jika tidak didukung dengan performa yang baik. Nah disini saya tidak akan menyinggung terlalu banyak soal performa karena saya yakin anda pasti sudah bisa membayangkan bagaimana performa yang dimilikinya hanya dengan melihat spesifikasi yang ada. Berikut adalah pilihan spesifikasi yang tersedia pada ASUS AIO A4310:

Spesifikasi lengkap ASUS AIO A4310
Klik untuk memperbesar

Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya tentu All-In-One PC ASUS AIO A4310 ini bisa menjadi pilihan yang bijak sebagai penunjang usaha kita bukan? Berbagai efisiensi serta kemudahan yang dimiliki oleh perangkat ini sudah pasti akan menghemat banyak hal termasuk ruangan dan waktu (untuk pengelolaan dan perawatan). Ya, tingkat efisiensi yang tinggi tentu akan berpengaruh pada proses dan hasil kerja. Misalnya saja efisien dalam hal penggunaan tempat, dimana ini berkaitan langsung dengan kenyamanan. Pastinya kita akan dapat bekerja dan berkonsentrasi dengan lebih baik jika kita berada di ruangan kerja yang nyaman bukan?

Belum lagi sifatnya yang praktis, yang akan membuat aktivitas khususnya dalam hal pekerjaan menjadi semakin mudah dan cepat. Tidak hanya untuk usaha, perangkat ini pun ideal untuk digunakan di rumah dan anda tidak perlu khawatir jika anda memiliki anak kecil karena kita bisa menjauhkan perangkat ini dari jangkauan anak dengan menggantungkannya ke tembok sehingga dapat menghindarkan tercabutnya kabel secara tidak sengaja.

Sebenarnya masih ada banyak hal lain yang bisa kita temui pada perangkat All-In-One PC ini, namun saya rasa point-point yang sudah saya sebutkan diatas sudah cukup untuk mewakili atau mendeskripsikan secara singkat soal perangkat tersebut. Informasi lebih lanjut soal perangkat ini anda bisa mengunjungi website resmi ASUS atau anda juga bisa mention akun twitter resmi milik ASUS Indonesia @ASUS_Indonesia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY