Baterai Hapemu Lama Terisi Saat Di Charge? Ini Penyebabnya!

Baterai Hapemu Lama Terisi Saat Di Charge? Ini Penyebabnya!

10120
23
SHARE

Baterai Hapemu Lama Terisi Saat Di Charge? Ini Penyebabnya! – Beberapa kali mimin mendapatkan pertanyaan dari pembaca Techijau.com soal masalah charging (mengisi ulang) daya baterai dari perangkat yang dimilikinya. Masalah yang biasa muncul adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai dirasa terlalu lambat.

Min, kenapa ya baterai hape ku lama ngisi waktu di cas? Padahal sebelumnya normal. Kira-kira apa ya penyebabnya?

Sebagian dari mereka mengaku bahwa baterai perangkatnya baru bisa terisi penuh setelah di charge selama lebih dari 5 jam, bahkan ada pula yang hingga 8 jam lamanya. Jelas, waktu pengisian tersebut sangatlah tidak wajar, apalagi jika melihat dari pengakuan mereka bahwa sebelumnya masalah seperti ini tak pernah terjadi sebelumnya.

Kenapa baterai hape lama di chargeUntuk dapat mengatasi masalah tersebut, sebelumnya kita perlu tau apa saja yang menjadi penyebabnya, dan jangan buru-buru membawanya ke tukang service karena bisa jadi penyebabnya sangat sepele. Dan berikut adalah beberapa penyebab yang sangat mungkin terjadi :

Kabel USB Kurang Masuk

Penyebab paling sepele yang juga paling sering terjadi adalah karena kabel USB yang jurang masuk di kepala charger. Yap, mimin juga pernah mengalami hal ini, dan sebagian besar dari mereka yang bertanya soal masalah waktu charging hape yang terlalu lama pun ternyata juga mengalami hal yang sama.

Jadi, sebaiknya coba kamu cek terlebih dahulu apakah kamu sudah memasukkan USB ke adaptor dengan benar.

Kerusakan Pada Kabel USB

Kerusakan pada kabel USB juga bisa menjadi penyebab lambatnya waktu charging pada perangkat. Dan sering kali, kerusakan tak nampak secara fisik (tak terlihat dari luar). Sehingga untuk mencari tau apakah kabel yang kamu gunakan itu masih baik atau tidak, coba gunakan kabel USB lain (kalau bisa coba dengan set USB dari perangkat dengan merk atau model yang sama) saat melakukan charging pada perangkatmu. Tentu saja dengan tetap menggunakan adaptor bawaan dari hape atau tablet mu.

Penyebab charging hape lambatJika ternyata charging berjalan normal dengan USB lain yang kamu coba, maka bisa jadi kabel USB bawaan dari perangkatmu mengalami masalah. Biasanya, yang menyebabkan kerusakan pada kabel USB adalah karena kita terlalu sering menekuknya.

Tak hanya dapat membuat proses charging jadi lambat, kerusakan kabel USB yang sudah parah bahkan juga bisa menyebabkan error Insufficient Charge Current. Cirinya adalah, baterai justru malah berkurang persentasenya ketika sedang di charge.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Insufficient Charge Current Pada Android

Masalah Pada Adaptor

Adaptor charger adalah tersangka lain yang patut dicurigai. Perannya yang sangat penting dalam urusan mengisi daya baterai perangkat juga bisa menjadi penyebab utama jika ternyata ia bermasalah.

Cobalah untuk melakukan charging dengan menggunakan adaptor charger lain dengan output yang sama, dan sebisa mungkin gunakan adaptor charger bawaan dari perangkat lain dengan merk dan model yang sama. Dan jika ternyata charging bisa berjalan normal, maka kamu mesti mengganti adaptor charger untuk perangkatmu.

Kerusakan Pada Port USB di Hape

Masih lambat juga? Sekarang coba cek apakah port microUSB yang terdapat pada perangkatmu masih baik atau tidak. Jika ternyata port nya sudah longgar, maka itu sangat mungkin menjadi penyebab utamanya.

Hape lama di chargeUntuk masalah ini, sepertinya kamu mesti membawanya ke tukang service.

Lainnya

Selain hal-hal diatas, ada beberapa penyebab lain yang mungkin bisa mengakibatkan proses charging menjadi lambat. Entah itu masalah pada baterai, atau mungkin terdapat beberapa komponen / konektor di dalam perangkat yang bermasalah. Yang pasti, jika masalah tidak kamu temukan pada charger dan kabelnya, maka kerusakan bisa saja terjadi pada perangkatmu dan perlu penanganan yang lebih lanjut.

Nah itulah beberapa penyebab dari masalah lambatnya charging baterai pada perangkat. Jadi, punya kamu masalahnya ada dimana? Silahkan jelajahi Techijau.com untuk mendapatkan info menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

 

23 COMMENTS

  1. Assalammualikum Wr. Wb.
    Saya mw tanya mas tolong semoga bisa bantu yah…
    Gini saya mau beli hp trus saya bingung n tanya sama temen saya katanya kalo garansi distributor itukan nggak resmi & masalah sinyal itu ikut sinyal luar negeri itu bener apa nggak soalnya bnyak yang udah beli tapi sinyalnya ngak setabil ya keluar cuman kadang ada kadang nggak ada

    • Ada benernya, ada nggaknya..

      Kalo frekuensi untuk “sinyal” di tiap negara itu kan ada yang sama ada yang beda. Nah kalo misal kebetulan Mas dapetnya hape yang frekuensi nya gak ada yang cocok dengan yang berlaku di negara kita, walhasil bakal gak dapet sinyal..

      Gampangnya seperti itu sih Kak

  2. Mas maaf mau tanya, kenapa ya hp zenfone 2 saya di cas malem fast chargernya work diwaktu pagi-sore gak work padahal 4.05 v

  3. Comment:aku juga baru pakai.azus selfi tp kenapa pada saat men carges hp dam dikala hp itu hidup kok gak bisa ngcas..tp klo hp aku matiin dulu dan cias lalu aku hidupkn bisa ngcas..

  4. Hp saya tidak bisa dicas dalam keadaan mati, jdi klo hp dioff trus chargernya di pasang, hp.nya hdup otomatis. Bagaimana kalau seperti itu ?

  5. Comment: Hp saya tidak bisa dicas dalam keadaan mati, jdi klo hp dioff trus chargernya di pasang, hp.nya hdup otomatis. Bagaimana kalau seperti itu ?

  6. hp saya samsung dan memang sdh dari pertengahan taun 2015 saya membelinya, tapi klo di cas pakai casan bawaan samsung sendiri, itu bisa memakan waktu yg lama..bhkan bisa sampe 5 jam baru bisa 100% saat kondisi batre 50% – 55%, tapi klo saya pakai casan yg lain (baik itu merek samsung diluar merek sendiri, atau so*y) justru cepet bgt, kondisi batre 50% – 55% hanya 1 jam saja sudah 100%
    kira2 itu knp yaa ?
    apa casan bawaan saya sdh rusak ?

LEAVE A REPLY