Perbedaan ASUS Zenfone 4 Dengan Zenfone 4S

Perbedaan ASUS Zenfone 4 Dengan Zenfone 4S

2313
0
SHARE
Perbedaan ASUS Zenfone 4 Dengan Zenfone 4S – Hadirnya sebuah perangkat baru dari keluarga Zenfone 4 cukup membuat para konsumen bingung akan perbedaan dari kedua perangkat tersebut. Ya, jika kita lihat di pasaran kita akan menemukan beberapa versi dari Zenfone 4 seperti A400CG, A400CXG ataupun A450CG yang lebih dikenal sebagai Zenfone 4S. Perbedaan itu juga sempat membuat mimin bingung soal apa saja perbedaan antara perangkat-perangkat tersebut karena pada dus atau kemasan dari ketiga perangkat tersebut sama-sama menampilkan nama Zenfone 4.
Perbedaan zenfone 4 dan 4s
Belakangan mimin mengetahui bahwa antara A400CG/CXG dan A450CG memiliki perbedaan dari segi ukuran layar dimana A450 series kabarnya memiliki beberapa peningkatan selain dari ukuran layar saja. Nah hal itulah yang membuat mimin penasaran untuk mengetahui apa saja peningkatan yang dimiliki dari perangkat tersebut dibandingkan dengan A400 series. Bagi kamu yang juga sedang ingin mencari tau tentang kedua perangkat ini, berikut adalah review singkat antara kedua perangkat smartphone andalan ASUS tersebut:
Ukuran Layar
Seperti yang bisa kita lihat pada gambar diatas, Zenfone 4s memiliki ukuran sedikit lebih besar dibanding dengan “adiknya” tersebut meskipun dari segi desain keduanya nampak serupa. Layar yang diusung Zenfone 4 berukuran 4 inch dengan resolusi 800 x 480 pixel, sedangkan 4s memiliki layar 4.5 inch dengan resolusi 854 x 480. Itu artinya layar dari Zenfone 4 sedikit lebih tajam daripada 4s (233 ppi vs 218 ppi). Meski demikian mimin tidak melihat perbedaan berarti dari segi resolusi layar ini karena memang perbedaannya sangat kecil.
Kamera
Selain dari segi ukuran layar, Zenfone 4s juga memiliki peningkatan dari segi resolusi kamera dimana ia mengusung kamera beresolusi 8 megapixel. Bandingkan dengan Zenfone 4 yang hanya memiliki kamera beresolusi 5 megapixel. Selain itu, 4s juga telah dilengkapi dengan LED flash untuk membantu pencahayaan pada saat keadaan minim cahaya. Tidak berhenti pada resolusi saja, bukaan lensa atau aperture dari 4s juga lebih besar (f/2.0) dimana Zenfone 4 hanya memiliki bukaan lensa f/2.4.
Kamera zenfone 4 dan 4s
Diatas kertas, keunggulan dari aperture tersebut akan sangat membantu ketika pengambilan foto pada saat pencahayaan minim dan juga akan memberikan efek blur yang lebih baik ketika kita ingin mengambil foto makro. Namun meski demikian, dalam pengujian mimin menemukan bahwa kamera dari Zenfone 4 justru lebih baik dalam hal warna dimana ia menghasilkan warna yang lebih “nyata” dibandingkan dengan kamera 4s.
Baterai
Perbedaan juga terletak dari segi baterai. Seri A400CG memiliki kapasitas 1200 mAh, A400CXG memiliki kapasitas 1600 mAh sedangkan A450CG memiliki kapasitas baterai 1750 mAh dimana baterai dari Zenfone 4s ini tidak bisa dilepas (Non Removable).
Software
Meski sama-sama mengusung ZenUI, kedua perangkat dari ASUS ini memiliki perbedaan dari segi versi Android yang dimilikinya. Ketika baru dikeluarkan dari dus atau wadahnya, Zenfone 4 masih mengusung Android versi 4.3 Jelly Bean. Sedangkan 4s sudah dibekali dengan OS Android versi 4.4 Kitkat. Meski demikian, Zenfone 4 sudah bisa di update ke Android versi 4.4.2 yang bisa di download oleh pengguna (besar file sekitar 565 MB).

BACA JUGA: Cara update Asus Zenfone 4 ke Android Kitkat (OTA)

Dari segi performa keduanya memiliki kemampuan yang nyaris sama karena memang spesifikasi internal dari keduanya pun tidak jauh beda. Selain hal-hal yang mimin tuliskan diatas, nyaris tidak ada perbedaan berarti diantara keduanya. Untuk spesifikasi lengkap dari keduanya, silahkan baca di link ini untuk Zenfone 4 dan disini untuk Zenfone 4s. Gimana, kamu pilih Zenfone 4 atau 4s?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY