Apa Perbedaan Ultrabook, Notebook, dan Netbook?

Apa Perbedaan Ultrabook, Notebook, dan Netbook?

1445
0
SHARE
Ultrabook

Apa Perbedaan Ultrabook, Notebook, dan Netbook? – Produk yang memiliki tampilan fisik serupa namun memiliki nama yang berbeda memang akan sedikit membingungkan bagi konsumen, seperti halnya pada perangkat komputer jinjing atau yang sering kita sebut dengan laptop yang memiliki beberapa nama yang berbeda, seperti Ultrabook, Notebook dan Netbook. Masing-masing dari mereka memiliki beberapa perbedaan yang nampaknya masih jarang diketahui oleh orang awam seperti saya. Memang jika dilihat sepintas, perbedaan antara ketiganya memang agak sulit ditentukan. Namun jika kita mau melihat lebih detail, perbedaannya akan sangat mudah ditemukan bahkan hanya dari segi fisiknya saja. Ketiga perangkat canggih ini memiliki fungsi yang hampir serupa, namun karena beberapa detail kecil dan tujuan penggunaan yang sedikit berbeda membuat ketiga perangkat komputer jinjing ini memiliki keunggulannya masing-masing. Disini saya akan sedikit membahas tentang beberapa perbedaan antara ketiganya. Yuk kita simak langsung ke TKP 😀

Ultrabook
Ultrabook dan Ultrathin

Pada dasarnya, ultrabook adalah sebuah notebook. Ukuran dan fungsinya juga bisa dibilang sama meski pada umumnya ultrabook memiliki bentang layar yang sedikit lebih kecil. Namun tujuan penggunaannya bisa dikatakan sedikit berbeda. Sebuah ultrabook memiliki ciri khas yakni desain body nya yang lebih tipis dan lebih ringan dari notebook biasa. Tujuannya adalah agar perangkat canggih ini lebih mudah dibawa oleh penggunanya karena tidak membutuhkan ruang (pada tas) yang terlalu besar. Menurut saya, target pasar dari perangkat ini adalah untuk para eksekutif atau pengusaha yang harus sering mobiling namun tetap harus membawa laptopnya untuk berbagai macam kebutuhan. Disamping itu, spesifikasi dari laptop tipis berdesain cantik ini tergolong “gahar” karena sudah dipersenjatai dengan “jeroan” yang mumpuni. Tujuannya tentu saja agar pengguna dapat memproses data lebih cepat untuk menghemat waktu. Namun laptop dengan desain tipis belum tentu sebuah ultrabook, karena ada sebuah perangkat serupa dengan desain dan kemampuan yang juga mirip (tipis, cantik, cepat) yang dinamai sebagai ultrathin. Perbedaan antara ultrabook dan ultrathin dapat anda baca disini.

Notebook
Alienware

Ultrabook adalah notebook, namun notebook belum tentu ultrabook. Tidak semua notebook memiliki desain tipis seperti halnya pada ultrabook. Pada notebook, terdapat lebih banyak varian karena memang segmen pasar yang dituju sangatlah luas. Notebook memiliki spesifikasi yang sangat bervariasi, sehingga konsumen dapat bebas memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget nya masing-masing. Ada yang berspesifikasi rendah, sedang, hingga tinggi. Umumnya sebuah notebook memiliki bentang layar 13 hingga 20 inchi atau bahkan lebih. Fungsi dari notebook sendiri hampir sama dengan perangkat komputer lain, yaitu untuk memproses dan mengolah data tertentu, namun sifatnya portable atau bisa dibawa-bawa.

Beberapa notebook memiliki performa grafik yang sangat tinggi dengan tujuan untuk memberikan pengalaman yang sangat baik terutama saat bermain game berat yang membutuhkan kemampuan grafik yang baik pula, seperti pada perangkat notebook Alienware (dari Dell) dan ASUS “G” series. Ditambah lagi pada notebook yang ditujukan untuk pecinta game biasanya juga memiliki sistem pembuangan panas yang baik untuk menjaga suhu perangkat ketika digunakan dalam waktu yang lama. Keunggulan inilah yang biasanya tidak dimiliki oleh sebuah Ultrabook.

Netbook
Netbook

Memiliki bentuk fisik yang serupa dengan notebook, namun netbook memiliki dimensi yang lebih mini atau lebih kecil. Bentuknya yang kecil bertujan agar perangkat ini mudah dibawa kemana-mana, namun tujuan penggunaannya berbeda dengan notebook. Netbook hanya dibekali spesifikasi apa adanya atau bisa dibilang rendah karena memang tujuannya hanya untuk penggunaan ringan seperti browsing dan beberapa proses olah data ringan seperti Ms.Excel. Sangat tidak dianjurkan bermain game terutama game berat dengan menggunakan netbook. Umumnya bentang layar dari sebuah netbook adalah 10 hingga 12 inchi, atau bahkan lebih kecil lagi. Harga dari netbook pun lebih terjangkau dari sebuah notebook karena memang ditujukan untuk segmen pemula. CMIIW.

Nah mungkin itu saja yang bisa saya bahas tentang perbedaan ultrabook, notebook dan netbook. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon dikoreksi dengan meninggalkan komentar. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY