ASUS Zenfone 3 dan Zenfone 3 Laser, Dimana Letak Perbedaannya?

ASUS Zenfone 3 dan Zenfone 3 Laser, Dimana Letak Perbedaannya?

3512
0
SHARE

ASUS Zenfone 3 dan Zenfone 3 Laser, Dimana Letak Perbedaannya? – ASUS telah resmi mengumumkan andalan baru untuk lini produk smartphone nya yakni ASUS Zenfone 3 series, dengan Zenfone 3 sebagai seri utama yang menjadi dasar dari semua seri yang ada. Zenfone 3 sendiri punya 2 varian ukuran layar, yakni 5.2 inch (ZE520KL) dan juga 5.5 inch (ZE552KL).

Nah, salah satu seri lain yang memiliki fitur hampir serupa dengan Zenfone 3 adalah Zenfone 3 Laser (ZC551KL), yang memiliki ukuran layar yang sama (5.5 inch) serta beberapa fitur serupa termasuk Laser-autofocus pada kameranya. Nah di posting kali ini, mimin bermaksud untuk membuatkan sebuah artikel yang bakal membahas soal dimana letak perbedaan antara kedua perangkat ini, agar kamu tidak kebingungan untuk menentukan mana yang menjadi pilihanmu. Kita mulai dari segi fisiknya yuk!

1. Desain

Perbedaan ASUS Zenfone 3 dengan Zenfone 3 LaserSeperti yang bisa kamu lihat pada gambar diatas, nampak desain dari Zenfone 3 Laser ZC551KL (kiri) dan Zenfone 3 ZE552KL (kanan) terlihat sedikit berbeda. Keduanya menggunakan lapisan kaca Corning Gorilla Glass 3 dengan sudut tumpul (2.5D), namun Zenfone 3 terlihat lebih mewah dengan pola lingkaran konsentris yang terlihat jelas di bagian bawahnya.

BACA JUGA : Apakah Gorilla Glass Bisa Pecah?

Ketika kita menengok ke bagian belakang dari kedua perangkat ini, perbedaan akan nampak semakin jelas sekali. Bisa kamu perhatikan pada gambar dibawah, Zenfone 3 Laser (sebelah kiri) nampak memiliki bagian belakang yang polos dengan menggunakan material logam serta nampak garis antenna yang melintang di bagian atas dan bawahnya.

Perbandingan Zenfone 3 dengan Zenfone 3 laserSedangkan Zenfone 3 (sebelah kanan) nampak lebih berkilauan dengan pola lingkaran konsentris berlapis kaca Corning Gorilla Glass 3. Bagian belakang dari kedua perangkat ini menjadi tempat disematkannya sensor sidik jari sebagai fitur keamanan tambahan.

2. Kamera

Sebagai kelas yang lebih tinggi, ASUS membekali Zenfone 3 dengan kamera yang lebih baik (diatas kertas) pula. Ia mengusung sensor Sony IMX 298 beresolusi 16 megapixel, sedangkan Zenfone 3 Laser dibekali dengan sensor Sony IMX 214 beresolusi 13 megapixel.

BACA JUGA : Apa Itu Megapixel Pada Kamera?

Diatas kertas, kamera milik Zenfone 3 seharusnya lebih baik karena mengusung seri sensor yang lebih “canggih”, serta lebih tajam berkat resolusi yang besar. Keduanya dibekali dengan fitur Laser-autofocus generasi kedua untuk membantu kamera dalam melakukan fokus agar lebih cepat dan akurat. Namun Zenfone 3 Laser tidak dilengkapi dengan teknologi TriTech Autofocus (sistem fokus otomatis ganda) seperti yang dimiliki oleh Zenfone 3, yang memadukan antara Laser-autofocus, Phase-detection autofocus, serta Continous autofocus.

Selain itu, Zenfone 3 juga telah dilengkapi dengan fitur kamera kelas premium yakni Optical Image Stabilization (OIS) yang bakal meminimalisir efek getaran pada lensa ketika mengambil foto, sehingga dapat mengurangi resiko blur pada hasil foto.

3. Hardware Lainnya

Salah satu pembeda yang membuat kedua saudara ini sangat berbeda adalah dari sisi spesifikasi hardware yang berhubungan langsung dengan performa. Mereka sama-sama menggunakan OS Android versi 6.0 Marshmallow yang dioptimalkan dengan ZenUI 3.0.

BACA JUGA : Urutan Tingkatan Versi Android

Namun, Zenfone 3 sudah dibekali dengan chipset kelas menengah dari Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 64-bit dengan dukungan RAM 3 GB hingga 4 GB. Sedangkan Zenfone 3 Laser mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 430 Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53 64-bit dengan dukungan RAM 2 GB hingga 4 GB.

BACA JUGA : Bagus Mana, Prosesor Quad-core, Octa-core atau Hexa-core?

Lebih lanjut, Zenfone 3 sudah dibekali dengan port USB Type-C untuk proses transfer data dan charging yang lebih cepat. Sedangkan Zenfone 3 Laser masih menggunakan port microUSB v2.0.

Nah itulah beberapa perbedaan mendasar antara Zenfone 3 “biasa” dengan Zenfone 3 Laser. Sebenarnya masih ada beberapa perbedaan lain yang bisa kita temukan diantara keduanya, namun mimin rasa kesemua poin yang sudah mimin sebutkan di posting ini sudah cukup untuk mewakili semuanya. Soal harga pun jelas sangat berbeda.

Kalian bisa intip spesifikasi lengkap Zenfone 3 ZE552KL atau Zenfone 3 Laser untuk mencari tau detail lebih lanjut dari keduanya. Jadi, kalian pilih yang mana nih gaes?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY