Perbedaan ASUS Zenfone 5 Dengan Zenfone 2

Perbedaan ASUS Zenfone 5 Dengan Zenfone 2

7789
0
SHARE
Perbedaan ASUS Zenfone 5 Dengan Zenfone 2 – Beberapa waktu lalu ketika sedang asyik membahas soal Zenfone 2, salah seorang teman yang duduk di sebelah mimin mendadak mengajukan pertanyaan yang menarik. Saat itu ia bertanya soal perbandingan antara Zenfone 2 dan smartphone generasi sebelumnya yakni Zenfone 5. Memang dari segi desain khususnya bagian depan keduanya nampak serupa, hanya saja ukuran layar dari Zenfone 2 sedikit lebih besar sehingga mungkin hal itulah yang membuatnya sedikit bingung.
Mungkin diluar sana masih banyak orang yang juga belum mengerti soal perbedaan diantara keduanya karena mungkin memang mereka belum mengenal masing-masing produk. Oke, disini mimin akan coba membahas sedikit lebih lanjut soal keduanya sebagai informasi tambahan bagi kamu para pembaca. Kita mulai dari segi desain.
Desain
Dari bentuk fisik, keduanya memiliki perbedaan khususnya pada bagian cover belakang. Pada bagian depan, bezel yang dimiliki oleh Zeny 2 terlihat lebih tipis dibandingkan dengan Zeny 5. Ukuran layar yang dimiliki pun berbeda, dimana Zeny 2 memiliki bentang layar 5.5 inch sedangkan Zeny 5 hanya memiliki bentang layar 5 inch.

NOTE : Zenfone 2 memiliki beberapa varian model yang juga memiliki spesifikasi yang berbeda termasuk juga untuk ukuran layar (ada yang 5 inch, ada yang 5.5 inch). Zenfone 2 yang masuk ke Indonesia secara resmi adalah varian yang memiliki bentang layar 5.5 inch. Silahkan cek info lebih lanjut soal ini pada posting Zenfone 2 model apa saja yang masuk ke Indonesia?

Zenfone 5 dan Zenfone 2

Pada cover belakang terlihat jelas bahwa terdapa perbedaan fisik dan juga desain diantara keduanya. Zeny 2 yang merupakan perangkat smartphone flagship untuk tahun ini memiliki tombol volume yang terletak di cover belakangnya, dibawah sensor kamera serta dual-led flash yang terletak dibagian atas kamera. Sedangkan pada Zeny 5 kita hanya akan menemukan sensor kamera dan led flash saja selain juga lubang speaker di bagian bawah yang juga dimiliki oleh Zeny 2.

Pada bagian samping kita tidak akan menemukan tombol apapun pada Zeny 2, sedangkan pada Zeny 5 terdapat tombol volume dan power. Khusus untuk Zeny 2 varian ZE551ML, brush dari cover belakang yang dimilikinya terlihat seperti logam sehingga nampak lebih elegan. Tombol power pada Zeny 2 terletak di bagian atas.
Kamera
Salah satu hal pertama yang diperhatikan oleh konsumen adalah soal kamera yang diusung oleh smartphone. Pada komponen ini terdapat beberapa perbedaan pula antara kedua perangkat smartphone dari ASUS tersebut. Zeny 5 memiliki kamera belakang beresolusi 8 megapixel dengan LED flash, sedangkan Zeny 2 memiliki kamera beresolusi 13 megapixel dengan dual-led flash. Pada bagian depan, Zeny 5 mengusung kamera 2 megapixel, bandingkan dengan kamera 5 megapixel yang dimiliki oleh Zeny 2 di bagian depan.

Fitur kamera dari masing-masing perangkat pun memiliki sedikit perbedaan dimana Zenfone 2 secara default sudah mengusung PixelMaster 2 yang memiliki berbagai perbaikan dan penambahan fitur pada kamera seperti Super Resolution, Time Lapse dan juga Manual Mode
Layar
Meski memiliki sedikit perbedaan dari segi ukuran (5 inch vs 5.5 inch), namun dari sisi kualitas tampilan layar bisa dibilang sangat jauh khususnya jika Zeny 5 dibandingkan dengan Zeny 2 model ZE551ML. Layar yang dimiliki oleh Zeny 2 terlihat lebih menawan dan mampu menampilkan warna yang akurat serta warna hitam yang pekat. Ditambah lagi viewing angle atau sudut pandang dari layar Zeny 2 jauh lebih baik dibandingkan layar yang dimiliki Zeny 5. Lalu resolusi yang dimiliki oleh layar Zeny 2 ZE551ML pun lebih tinggi dibandingkan dengan Zeny 5 (Full HD vs HD) sehingga gambar yang ditampilkan terlihat lebih tajam.
Spesifikasi Utama
Sebagai pendukung performa, spesifikasi yang dimiliki oleh keduanya pun terpaut jauh. Meski sama-sama mengusung prosesor Intel Atom, namun tipe prosesor yang digunakan jelas sangatlah berbeda. Zeny 5 menggunakan prosesor tipe Z2560 dual-core 1.6 GHz, sedangkan Zeny 2 menggunakan tipe Z3560 Quad-core 1.8 GHz dan/atau Z3580 Quad-core 2.3 GHz 64-bit.
Sedangkan untuk RAM, Zeny 5 didukung oleh 1 atau 2 GB RAM untuk seri tertinggi. Bandingkan dengan Zeny 2 yang didukung oleh 2 atau 4 GB RAM untuk seri tertinggi. Cukup jauh? Masih ada lagi. Secara default Zenfone 5 menggunakan sistem operasi Android versi 4.3 Jelly Bean (yang bisa di update ke v4.4 Kitkat) sedangkan Zenfone 2 sudah menggunakan OS Android versi 5.0 Lollipop.
Fitur
Meski sama-sama mengusung ZenUI, namun fitur yang terdapat pada Zenfone 2 sedikit lebih banyak dibandingkan dengan Zenfone 5. Fitur baru seperti Zen Motion, BoostMaster (Quick charge) serta beberapa fitur tambahan yang ada di kamera tidak dimiliki oleh Zeny 5 meski ada kemungkinan beberapa dari fitur tersebut akan ditambahkan pada saat update ke Lollipop nanti.
Perbedaan lain yang mimin rasakan adalah pengalaman ketika menggenggam masing-masing perangkat. Zeny 5 terasa lebih ringan, sedangkan Zeny 2 terasa sedikit lebih padat. Nah mungkin itu saja perbedaan mendasar yang terdapat antara Zenfone 5 dengan Zenfone 2. Silahkan jelajahi blog Dunia Gadget 558 ini untuk mendapatkan berbagai info menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY