Perbedaan Antara Zenpad C 7.0 (Z170CG) Dengan Zenpad 7.0 (Z370CG)

Perbedaan Antara Zenpad C 7.0 (Z170CG) Dengan Zenpad 7.0 (Z370CG)

1528
0
SHARE

Perbedaan Antara Zenpad C 7.0 (Z170CG) Dengan Zenpad 7.0 (Z370CG) – Bagi kamu yang sedang mempertimbangkan untuk membeli tablet, terutama tablet ZenPad series dari ASUS, mungkin kamu akan sedikit bingung jika melihat seri ZenPad, khususnya yang punya layar 7 inch ternyata punya dua seri yang kembar tapi beda, yakni ZenPad C 7.0 dan Zenpad 7.0 (tanpa “C”).

Yap, sebelumnya pun mimin hampir tak menyadari bahwa ternyata dua seri ini berbeda, karena keduanya mempunyai nama yang hampir mirip, dengan hanya huruf “C” yang membedakan. Nah, buat kamu yang penasaran, disini mimin akan memberikan bahasan soal apa saja sih poin perbedaan dari ZenPad C 7.0 dengan seri Z170CG dengan ZenPad 7.0 dengan seri Z370CG. Yuk kita langsung ke TKP! 😀

NOTE : Tolong Jangan Malas Membaca, Yaa 🙂

Fisik

ASUS Zenpad SeriesJika dilihat sepintas, kedua perangkat ini memang terlihat sangat identik, khususnya jika dilihat dari bagian belakang. Mempunyai tekstur kulit dengan desain yang sangat stylish (kata teman mimin, bentuknya mirip dompet).

Namun sebenarnya, terdapat sedikit perbedaan antara keduanya dari sisi ukuran atau dimensi fisik. ZenPad C 7.0 (Z170CG) mempunyai fisik yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan ZenPad 7.0 (Z370CG), dengan perbandingan sebagai berikut :

  • Z370CG : 189 x 110.9 x 8.7 mm, dengan bobot 272 gram
  • Z170CG : 189 x 108 x 8.4 mm, dengan bobot 265 gram

Mimin baru menyadarinya setelah mimin keliru untuk membeli aksesori berupa pelindung layar dimana awalnya mimin mengira keduanya punya ukuran fisik yang sama persis, sehingga ketika mimin coba untuk memesan pelindung layar yang sebenarnya ditujukan untuk ZenPad C 7.0 tersebut, ternyata ukurannya terlalu kecil untuk ZenPad 7.0 yang mimin punya.

Jika dilihat dari depan, kita akan lebih mudah membedakannya karena letak dari speaker nya pun ternyata berbeda. ZenPad C 7.0 mempunyai speaker yang terletak tepi bezel, sedangkan ZenPad 7.0 speakernya terletak agak di tengah-tengah bezel.

Perbedaan ZenPad Z170CG dan Z370CGFitur

Meski keduanya sama-sama mempunyai slot kartu SIM untuk dapat mengakses internet melalui data selular, namun sepertinya ZenPad C 7.0 tak dilengkapi dengan fitur telepon karena ia tak memiliki sensor Proximity. Mimin tidak tau pasti karena mimin belum pernah mencicipi perangkat tersebut. Sedangkan ZenPad 7 Z370CG bisa digunakan untuk menerima atau melakukan panggilan telepon, serta dibekali dengan sensor yang lebih lengkap.

Seri Z370CG juga mempunyai sedikit keunggulan lain untuk soal konektivitas, dimana ia mendukung koneksi 3G dengan kecepatan yang lebih baik dibandingkan dengan seri Z170CG.

Perbedaan antara Zenpad C 7 dan Zenpad 7Seperti yang bisa kita lihat pada gambar diatas, seri Z370CG mempunyai ukuran bezel yang bisa dibilang sangat tipis di sisi kiri dan kanannya, untuk ukuran sebuah tablet. Seri ini sudah dilengkapi dengan lapisan Corning Gorilla Glass di bagian layarnya, sedangkan pada seri Z170CG alias ZenPad C 7.0, sepertinya tidak dilengkapi oleh lapisan pelindung goresan karena tidak ada keterangan yang menyatakan hal tersebut, dan kita juga akan menemukan bezel yang sedikit lebih tebal pada seri ini.

BACA JUGA : Apakah Layar Gorilla Glass Bisa Pecah?

Spesifikasi

Nah dari semua perbedaan yang ada, mungkin faktor inilah yang jadi penentu utama apakah kita akan memilih ZenPad seri Z370CG, atau Z170CG? Hal pertama yang harus kamu tau adalah kedua perangkat ini menggunakan chipset yang sama, yakni Intel Atom x3 C3230 Quad-core x86 64-bit.

BACA JUGA : Bagusan Mana Prosesor Quad-core, Hexa-core, atau Octa-core?

Bedanya, ZenPad C 7.0 hanya didukung dengan RAM berkapasitas 1 GB LPDDR1 serta kapasitas penyimpanan 8 GB, sedangkan ZenPad 7.0 yang memang harganya sedikit lebih mahal sudah didukung dengan RAM berkapasitas 2 GB LPDDR3 dan juga kapasitas penyimpanan 16 GB, sehingga diatas kertas, seri Z370CG akan memiliki performa multitasking yang lebih baik dibandingkan dengan saudara kembarnya itu.

Lalu kita kembali ke sisi layar. Jumlah pixel pada layar dari seri Z370CG ternyata lebih banyak yakni 1280 x 800 pixel (WXGA), sedangkan seri Z170CG hanya dibekali dengan resolusi WSVGA (1024 x 600 pixel).

BACA JUGA : Perbedaan Layar HD, FHD, dan QHD

Beralih ke kamera. Seri Z170CG mempunyai 2 varian dengan mengusung resolusi kamera yang berbeda yakni 2 atau 5 megapixel di bagian belakang, dan juga 0.3 megapixel di bagian depan. Sementara seri Z370CG hanya mempunyai satu varian saja dengan mengusung kamera beresolusi 5 megapixel di bagian belakang serta 2 megapixel di bagian depan.

Bedanya Zenpad C dengan Zenpad 7Berdasarkan uji coba yang mimin lakukan pada seri Z370CG, perangkat ini memang cukup responsif untuk keperluan sehari-hari dengan multitasking ringan. Kamu bisa baca reviewnya di halaman yang mimin cantumkan dibawah ini.

BACA JUGA : Review Lengkap ASUS ZenPad 7.0 Z370CG

Dukungan Aksesoris

Nah, dikarenakan dimensinya yang berbeda, besar kemungkinan dukungan aksesoris dari kedua perangkat ini pun akan berbeda, dimana seri Z370CG mempunyai lebih banyak varian aksesoris yang disediakan oleh ASUS. Diantaranya adalah Audio Cover (cover seperti dompet, dengan tambahan beberapa speaker. Jadi satu paket dalam kemasan “ZenPad Theater”), Power Case (baterai tambahan yang disematkan pada casing belakangnya) serta beberapa aksesori lainnya.

Aksesori pendukungSelain Audio Cover yang mimin rasa takkan bisa dipadukan dengan seri Z170CG karena dimensinya yang berbeda, mimin tak bisa memastikan apakah aksesori lainnya juga tak bisa digunakan pada seri tersebut. Yang pasti, ASUS sudah menyediakan aksesori khusus berupa TriCover, yang berguna sebagai pelindung sekaligus juga untuk menyangga tablet seri Z170CG.

Nah, itulah beberapa poin perbedaan yang terdapat pada dua seri tablet ASUS yakni ZenPad C 7.0 dan juga ZenPad 7.0. Untuk mengecek harga dari kedua perangkat ini, mimin sudah sediakan link untuk memudahkan kamu untuk membeli salah satu dari mereka pada tombol yang mimin sematkan dibawah.

Cek Harga ZenPad C 7.0 (8 GB) Cek Harga ZenPad 7.0 (16 GB)

Oke, mungkin itu saja yang bisa mimin bagikan pada posting kali ini. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar. Silahkan jelajahi Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY