Perlukah Menggunakan Pelindung Layar Untuk Hape?

Perlukah Menggunakan Pelindung Layar Untuk Hape?

6954
0
SHARE

Perlukah Menggunakan Pelindung Layar Untuk Hape? – Kalian mungkin sudah sangat sering mendengar Gorilla Glass. Yaa, produk semacam kaca pelapis yang dirancang oleh Corning itu memang sudah sangat terkenal dan digunakan oleh banyak sekali perangkat baik smartphone, tablet, ataupun perangkat lain untuk melindungi layar.

Kekuatan Corning Gorilla Glass 5Ia dikenal karena mampu bertahan dari goresan dan benturan benda keras, meskipun sebenarnya Gorilla Glass bukanlah satu-satunya produk kaca pelapis pelindung layar, karena masih ada produk lain seperti Dragontrail Glass dari Asahi yang juga dikenal memiliki ketangguhan yang tak boleh diremehkan. Nah hadirnya kaca pelindung ini memang terbukti mampu menghindarkan layar dari goresan-goresan yang tentu akan membuat layar nampak tidak cantik lagi, serta mampu bertahan dari benturan pada level tertentu.

Jadi, dengan ketahanannya itu apakah kita masih perlu untuk menggunakan screen protector alias pelindung layar pada perangkat yang sudah dilapisi dengan Gorilla Glass / Dragontrail Glass? Kalau itu sih, pilihan yaa. Tapi gini, mimin perlu menjelaskan sedikit mengenai lapisan layar ini supaya tak ada lagi dusta salah kaprah diantara kita.

BACA JUGA : Apakah Gorilla Glass Bisa Pecah / Tergores?

Sebagian besar orang awam berpikir bahwa perangkat yang sudah menggunakan Gorilla Glass atau Dragontrail Glass, berarti layar dari perangkat itu tidak akan pecah atau tergores. Padahal, itu adalah anggapan yang sangat tidak tepat.

“Katanya pake Gorilla Glass, tapi kok bisa pecah? Ah palsu nih!”

Begitulah kira-kira ucapan yang sering dikeluarkan oleh mereka yang mendapati layar dari perangkat mereka ternyata “bisa” pecah meski sudah disebutkan bahwa perangkat tersebut sudah menggunakan lapisan Dragontrail / Gorilla Glass. Mungkin kamu juga pernah berkata demikian?

Jadi gini ya sodara-sodara…. Lapisan Gorilla Glass atau Dragontrail Glass pada layar perangkat memang akan memberikan perlindungan pada layar agar tidak mudah pecah ketika terkena benturan, serta tak mudah tergores oleh benda keras sehingga layar akan tetap nampak mulus dan enak dipandang. Tapi, lapisan ini hanya merupakan lapisan tahan gores dan tahan pecah ketika terjadi benturan, BUKAN tidak bisa tergores atau tidak bisa pecah. Sehingga, lapisan ini tetap akan bisa pecah atau tergores pada keadaan tertentu.

Layar gorilla glass 3 pecahMimin kasih sedikit bocoran nih.. Kaca-kaca pelapis ini memang bisa bertahan dengan goresan pisau ataupun cutter (mimin sudah pernah melihatnya sendiri), tapi konon, mereka ini sangat rawan tergores oleh pasir. Maka jangan heran jika kamu menemukan goresan-goresan halus pada layar perangkatmu setelah kamu bermain di pantai.

Iya, butiran pasir ternyata memang cukup keras dan tajam untuk bisa menggores permukaan kaca pelapis yang biasa ditemukan pada smartphone tersebut. Tapi mimin yakin, kalo cuma pasir doank pasti hatimu gak bakal tergores kok. Ehehe.. Ehe.. He.. #Skip

Lalu kita beralih ke soal benturan. Beberapa dari kamu mungkin pernah mendapati bahwa layar hapemu ternyata langsung pecah ketika jatuh dengan jarak yang tidak terlalu tinggi, namun waktu yang lain ada temanmu yang memberi kesaksian bahwa layar hapenya masih tetap mulus alias tidak pecah meski jatuh dari ketinggian yang cukup mengkhawatirkan. Padahal, jenis dan tipe dari kedua hape itu adalah sama, tapi kenapa yang satu terkesan sangat lemah dan yang satu lagi terkesan sangat kuat?

Perbedaan bagaimana sebuah hape dijatuhkan adalah jawabannya. Iya, rata-rata hape akan masih utuh layarnya jika ia jatuh dalam keadaan mendatar, layar menghadap kebawah dan membentur area yang datar pula. Itupun masih ada batasan ketinggian tertentu. Dan biasanya hape juga akan bisa bertahan dalam keadaan jatuh dengan sudut tertentu. Tapi, layar akan sangat rawan untuk pecah jika mengenai permukaan yang tidak rata, atau pas mengenai sudut-sudut tertentu yang menjadi titik lemahnya.

Perlukah menggunakan screen protectorOia satu lagi, ukuran layar dari perangkat yang bersangkutan juga mempengaruhi loh, dimana semakin besar ukuran layar maka semakin rentan baginya untuk pecah, sehingga kamu perlu ekstra hati-hati jika memiliki perangkat dengan layar besar.

BACA JUGA : Gorilla Glass 5 Diperkenalkan, Seberapa Kuat Sih?

Jadi apakah masih perlu untuk menggunakan pelindung layar? Itu sih kembali ke keputusanmu sendiri yaa. Tapi kalau kamu memutuskan untuk ingin memasangkan lapisan anti gores untuk perlindungan tambahan, mimin sarankan untuk kamu memilih pelindung layar berjenis tempered glass. Kenapa?

Berbeda dengan pelindung layar dari plastik yang harganya 20 ribuan, tempered glass ini bakal memberikan kenyamanan yang lebih baik karena ketika dipasangkan, jari akan tetap licin sehingga nyaman untuk melakukan scroll di layar dan terasa seperti tidak menggunakan pelindung layar. Selain itu, tempered glass juga rata-rata lebih tahan terhadap goresan, sehingga layar akan tetap terlihat jernih.

Yang paling penting adalah, tempered glass akan memberikan perlindungan ekstra terhadap benturan. Dan jika terjadi benturan, maka yang pecah terlebih dahulu adalah lapisan tempered glass nya. Sudah banyak sekali kok smartphone yang terselamatkan berkat tempered glass, salah satunya tetangga mimin sendiri. Harganya sih memang lebih mahal daripada anti gores plastik biasa, tapi mimin rasa itu adalah harga yang sangat pantas untuk melindungi layar, daripada harus menyesal karena harus mengeluarkan biaya sekitar 500 ribu hingga 2.5 juta rupiah hanya untuk melakukan pergantian layar yang pecah.

Iya, itu kamu nggak salah baca kok. Layar memang merupakan salah satu komponen termahal dari smartphone, dan akan terasa sangat mahal jika kita harus melakukan penggantian karena pecah. Kamu bisa menemukan tempered glass untuk perangkatmu pada link di tombol dibawah ini.

Cari Tempered Glass

Bingung cara memasangnya? Gampang kok, intip aja video dibawah ini.

Tuh, gampang kan? Selamat mencoba!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY