Zenfone Selfie Atau Zenfone 2? Bagusan Mana Sih?

Zenfone Selfie Atau Zenfone 2? Bagusan Mana Sih?

19250
0
SHARE

Zenfone Selfie Atau Zenfone 2? Bagusan Mana Sih? – Setelah mimin membuat posting soal review ASUS Zenfone Selfie beberapa waktu lalu, mimin mendapat beberapa pertanyaan dari teman-teman melalui personal chat, dan juga beberapa pembaca blog ini melalui email. Pertanyaan tersebut rata-rata berasal dari mereka yang sedang mempertimbangkan apakah akan membeli Zenfone Selfie atau Zenfone 2.

BACA JUGA : Perbedaan antara Zenfone 2 dengan Zenfone Selfie

Perbandingan Zenfone 2 Dengan Zenfone SelfieTak heran, jika melihat dari sisi harga antara kedua perangkat andalan ASUS ini memang tak terpaut jauh meski jelas, spesifikasi dari kedua perangkat ini sangatlah berbeda. Kedua perangkat ini memang ditujukan untuk tipe konsumen yang berbeda sehingga kamu perlu memperhatikan sisi kelebihan dan kekurangan dari masing-masing smartphone tersebut. Nah bagi kamu yang juga sedang mempertimbangkan kedua perangkat ini, kamu wajib membaca posting ini hingga akhir karena mimin akan menjelaskan soal poin-poin utama yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Kita mulai dari poin kesamaan antara keduanya yuk!

NOTE : Tolong jangan malas membaca yaa 🙂

Persamaannya

Sama-sama menggunakan ZenUI

Kedua smartphone ini mengusung tampilan khas dari ASUS yang diberi nama ZenUI, yang mana keduanya juga sama-sama menggunakan sistem operasi Android v5.0 Lollipop dan juga rencananya akan sama-sama mendapatkan update ke Android v6.0 Marshmallow. Dukungan update apps ZenUI pun sama.

Mereka mengusung berbagai fitur atau kelebihan yang dimiliki oleh ZenUI, seperti misalnya ZenMotion, fitur keamanan, kostumasi tampilan serta yang lainnya. Silahkan baca tulisan yang membahas soal fitur yang dimiliki oleh ASUS Zenfone 2 atau Zenfone Selfie untuk lebih lengkapnya.

Sama-sama kaya akan fitur produktifitas

ZenUI memiliki banyak sekali fitur tambahan untuk mendukung produktifitas. Dan karena kedua perangkat ini sama-sama mengusung ZenUI, maka keduanya juga memiliki fitur produktifitas yang sama termasuk berbagai aplikasi mencatat (QuickMemo, SuperNote, Do it later) serta aplikasi yang mendukung konektivitas (ShareLink, PC Link, RemoteLink).

BACA JUGA : Fungsi Aplikasi Do It Later dan Cara Menggunakannya

Namun Zenfone Selfie memiliki satu fitur tambahan yakni Laser Ruler untuk mengukur jarak menggunakan fitur sensor laser autofocus yang dimilikinya. Selengkapnya silahkan baca pada link soal fitur yang dimiliki kedua perangkat yang sudah mimin cantumkan di poin kesamaan no 1 (diatas).

Sama-sama memiliki layar 5.5 inch Full HD

Masing-masing perangkat ini juga sama-sama mengusung layar IPS 5.5 inch dengan resolusi 1920 x 1080 pixel (Full HD) yang nampak sama tajamnya. Namun mimin rasa layar dari Zenfone Selfie sedikit lebih baik dibandingkan dengan Zenfone 2 dari sisi warna, serta viewing angle yang sedikit lebih baik.

Nah sekarang kita beralih ke sisi perbedaan antara keduanya yang bakal menjadi poin-poin penting yang nantinya bisa kamu jadikan pertimbangan utama. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Perbedaannya

Kamera

Meski sama-sama mengusung kamera beresolusi 13 megapixel di bagian belakang, namun fitur yang dimiliki oleh kamera Zenfone selfie sedikit lebih kaya dibandingkan dengan kamera milik Zenfone 2 baik dari dukungan software maupun hardware. Dari sisi dukungan hardware, Zenfone Selfie telah dilengkapi dengan sensor Laser autofocus yang akan memberikan kecepetan fokus yang lebih baik dan akurat dibandingkan dengan Zenfone 2 yang tidak memilikinya.

Sedangkan untuk dukungan software, nampaknya Zenfone Selfie menerima banyak penyempurnaan sehingga mampu menghasilkan gambar yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan Zenfone 2 saat mengambil foto dalam mode Auto serta HDR. Zenfone Selfie juga telah mendukung fitur Manual Mode dengan setting shutter speed di angka 1/1000 detik hingga 32 detik, sedangkan fitur Manual Mode milik Zenfone 2 hanya bisa untuk mengatur shutter speed di kisaran 1/500 hingga 1/2 detik saja.

BACA JUGA : Fitur kamera pada Zenfone 2 vs Zenfone Selfie

Namun bukan tidak mungkin jika nantinya Zenfone 2 memiliki dukungan setting Manual Mode yang lebih kaya pada update software berikutnya. Penasaran dengan hasil fotonya? Silahkan kunjungi halaman diatas atau intip akun Instagram milik mimin @masbocah dengan hashtag #MasbocahZenSelfie. Di follow juga boleh kok 😛

Performa

Dari sisi performa, Zenfone 2 terasa lebih baik daripada Zenfone Selfie. Respon untuk membuka apps lebih terasa mulus pada Zenfone 2, bahkan ketika mimin mencoba membandingkannya dengan Zenfone 2 ZE551ML dengan varian RAM 2 GB. meskipun memang untuk urusan multitasking dengan apps yang banyak, Zenfone Selfie terasa lebih baik (jika dibandingkan dengan Zenfone 2 varian RAM 2 GB).

Sedangkan jika Zen Selfie dibandingkan dengan Zenfone 2 dengan varian RAM 4 GB, perbedaan akan sangat terasa baik dari sisi respon maupun untuk urusan multitasking. Zenfone 2 terasa lebih smooth. Saat mimin mencoba untuk menggunakan apps edit foto, Zenfone 2 juga terasa lebih baik dari sisi kecepatan. Namun demikian, performa Zenfone Selfie sama sekali tidak buruk kok.

Konektivitas

Konektivitas dari Zenfone 2 sedikit lebih lengkap karena sudah mendukung fitur NFC. Namun Zenfone Selfie mungkin akan dianggap lebih baik karena kedua slot SIM card nya mendukung konektivitas 4G, sedangkan Zenfone 2 hanya bisa menggunakan konektivitas 4G pada slot SIM 1 saja.

Lainnya

Plus minus lain dari kedua perangkat ini ada pada ketahanan baterai. Daya tahan baterai dari Zenfone 2 sebenarnya sudah cukup baik, namun Zenfone Selfie memiliki daya tahan baterai yang lebih baik lagi. Hal itu mungkin disebabkan karena Zenfone Selfie mengusung CPU Octa-core (8 inti), yang mana CPU Quad-core (4 inti) yang pertama memiliki clockspeed 1.5 GHz yang bakal digunakan ketika membutuhkan performa tinggi, lalu CPU Quad-core (4 inti) yang kedua memiliki clockspeed 1.0 GHz yang akan digunakan ketika perangkat melakukan proses yang ringan, fungsinya adalah untuk lebih menghemat daya.

Sedangkan Zenfone 2 “hanya” dibekali dengan CPU Quad-core 2.3 GHz yang powerful yang tentu akan lebih boros daya karena tidak didukung dengan “core” tambahan untuk lebih menghemat daya saat penggunaan ringan. Soal suhu/temperatur, Zenfone Selfie terasa lebih adem ketika digunakan untuk browsing, mengaktifkan kamera dalam waktu yang lama ataupun ketika menjalankan proses berat lainnya.

Namun, Zenfone 2 (seri ZE551ML RAM 4GB) sudah mendukung fitur Quick Charging sehingga pengisian daya akan terasa lebih cepat ketimbang Zenfone Selfie. Dari sisi software, nampaknya Zenfone Selfie lebih stabil jika dibandingkan dengan Zenfone 2 yang terkadang bermasalah dengan softwarenya, khususnya di versi firmware awal. Misalnya, beberapa pengguna mendapati masalah seperti perangkat yang mendadak mati sebelum baterainya habis.

BACA JUGA : Cara mengatasi Zenfone 2 yang mendadak mati sebelum lobat

Tapi kamu tak perlu khawatir karena ASUS cukup rajin untuk memberikan update firmware yang bisa menutupi masalah-masalah tersebut. Dan bagi kamu yang memutuskan untuk memilih Zenfone 2, sebaiknya kamu segera lakukan update system untuk menghindari masalah yang mimin sebutkan. Dan mohon dicatat untuk tidak melakukan update sekaligus dalam satu hari! Silahkan baca artikel pada link diatas untuk keterangan lebih lanjut.

KESIMPULAN

Mimin rasa sudah cukup jelas perbedaan antara kedua perangkat ini, baik dari segi fitur maupun plus minus nya. Zenfone Selfie lebih ditujukan untuk urusan entertainment (hiburan) serta social media dengan kelebihan pada sisi kamera dan baterai, sedangkan Zenfone 2 lebih ditujukan untuk urusan produktivitas dengan kelebihan di sisi performa dan kecepatan charging. Dan saran mimin, bagi kamu pengguna awam lebih baik memilih Zenfone Selfie karena softwarenya yang stabil dan jarang rewel, sehingga kamu tidak perlu direpotkan dengan update yang cukup sering di Zenfone 2.

Namun jika kamu menginginkan sebuah smartphone dengan performa lebih, maka kamu bisa mempertimbangkan Zenfone 2, dengan catatan kamu mesti segera melakukan update untuk menghindari bug yang ada, seperti yang sudah mimin sebutkan sebelumnya.

Nah itulah poin perbandingan utama antara Zenfone 2 dengan Zenfone Selfie. Jadi, kamu pilih yang mana? Dibawah tulisan ini, mimin juga sudah menyertakan tombol yang berisi link yang memudahkan kamu untuk membelinya. Kamu bisa menjelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya. Dan jika kamu punya pendapat lain, pertanyaan soal ini, jangan sungkan untuk memberikan komentar. Semoga bermanfaat 😀

Cek Harga Zenfone 2 Cek Harga Zenfone Selfie

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY