Kelebihan Dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note

Kelebihan Dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note

1463
0
SHARE

Kelebihan Dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note – Setelah kemarin mimin telah membuat posting tentang review hands-on serta fitur-fitur yang ada pada Xiaomi redmi note, maka pada kesempatan kali ini mimin akan menuliskan tentang poin-poin kelebihan dan kekurangan dari perangkat phablet ini sebagai kesimpulan dari kedua posting sebelumnya tersebut.

Perlu digaris bawahi bahwa poin-poin yang akan mimin tuliskan disini hanyalah merupakan penilaian objektif berdasarkan sudut pandang mimin, sehingga kemungkinan pendapat dari orang lain bisa saja berbeda. Oke tidak perlu berpanjang lebar lagi, langsung saja kita ke TKP.

Kelebihan Xiaomi Redmi Note

  • Harga murah namun kualitas tidak murahan
  • Minim bloarware
  • Kamera belakang diatas rata-rata
  • Kamera depan sangat baik khususnya bagi penggemar selfie
  • Layar yang sangat baik
  • Tampilan yang bisa di kostumasi
  • Dukungan penuh dari Xiaomi
  • Harga VS Kualitas

Meski dibanderol dengan harga yang murah (sekitar 2 jutaan) namun secara fisik perangkat ini terlihat jauh dari kata murahan. Build quality tidak kalah dengan perangkat mainstream lainnya, bahkan sepintas ia nampak seperti perangkat premium. Jika merujuk pada fitur-fitur yang ditanamkan pada perangkat ini, terlihat bahwa Xiaomi tidak main-main dalam hal kualitas dimana semua fitur tersebut dapat berfungsi dengan sangat baik.

Minim Bloatware

Seperti yang kita tau, masalah pertama yang biasa ditemukan pada perangkat smartphone baru adalah aplikasi yang sifatnya bloatware dimana biasanya para pengguna akan langsung “gatal” untuk menghilangkan kumpulan apps tersebut. Hal yang berbeda akan kita temukan pada perangkat yang satu ini.

BACA JUGA: Apa itu bloatware?

Mimin hampir tidak menemukan bloatware pada perangkat ini dimana hal itu sangat baik karena akan membuat memory internal akan lebih lega sehingga para pengguna dapat memaksimalkan ruang yang ada pada memory untuk menyimpan atau menginstal aplikasi yang lebih bermanfaat.

BACA JUGA : Cara menghapus aplikasi bawaan pada Android

Kamera Belakang

Untuk smartphone yang dijual di kisaran harga 2 jutaan, Redmi Note merupakan salah satu pemilik kamera terbaik di pasaran. Ia mampu menghasilkan gambar yang tajam serta warna yang akurat. Bahkan kamera ini juga mampu menangkap gambar dengan cukup baik ketika dalam keadaan minim cahaya. Namun perlu diingat, hasil gambar yang bagus bukanlah melulu soal besaran resolusi kamera meskipun memang perangkat ini memiliki kamera dengan resolusi cukup besar (13 MP).

Kamera tersebut memiliki bukaan lensa atau aperture f/2.2 dimana pengguna juga bisa menyesuaikan settingan ISO, White Balance dan Exposure Value. Namun ketika kita melakukan penyesuaian pada ISO rendah, software dari kamera tersebut belum mendukung untuk bisa mengambil gambar dengan shutter speed rendah untuk menyesuaikan exposure value seperti halnya yang bisa kita temukan pada kamera dari Nokia (Microsoft) Lumia. Sehingga gambar akan terlihat lebih gelap ketika kita memilih settingan ISO rendah.

BACA JUGA : Apa itu ISO pada kamera?

Kamera Depan

Kamera depan beresolusi 5 megapixel nya sudah tentu akan mampu menghasilkan gambar dengan detail yang tajam. Tapi soal kualitas gambar? Ada tiga huruf yang mungkin bisa mendeskripsikannya:

Hasil kamera depan Xiaomi Redmi NoteWOW!

Mimin bukanlah salah satu orang yang gemar berfoto narsis alias selfie, namun menurut penilaian mimin kamera ini bisa jadi merupakan idaman para penikmat selfie. Meski ia tak memiliki settingan sebanyak kamera belakang, namun mimin rasa hal itu tidaklah terlalu menjadi masalah.

Layar

Ini adalah komponen terbaik yang ada pada Xiaomi Redmi Note. Layar 5.5 inch IPS dengan resolusi 1280 x 720 pixel (HD) miliknya mampu menyajikan gambar yang menawan. Viewing angle nya pun sangat luas serta mampu menampilkan warna yang akurat. Layar ini bisa dikatakan sebagai yang terbaik di kelasnya, bahkan mimin rasa ia tidak akan canggung jika disandingkan dengan perangkat lain dengan kelas premium.

Tampilan

Xiaomi memiliki tampilan yang sedikit berbeda dengan perangkat Android lainnya. Tampilan yang diberi nama MIUI itu secara default memiliki icon-icon berbentuk kotak berwarna-warni dengan icon aplikasi di tengahnya. Yang membuatnya unik adalah tampilan atau UI tersebut dapat diganti-ganti oleh pengguna dengan menerapkan berbagai tema yang tersedia di theme store.

BACA JUGA : Apa itu MIUI?

Tidak hanya mengganti background saja, tema tersebut juga akan ikut menggantikan icon-icon yang ada. Pengguna juga dapat mengganti tampilan berdasarkan kategori yang ada, misalnya mengganti icon nya saja atau style lock screen nya saja.

Dukungan Dari Xiaomi

Inilah yang membuat MIUI begitu terkenal dan digemari oleh banyak pengguna Android. Xiaomi senantiasa memberikan update-update perbaikan berdasarkan laporan dari para pengguna MIUI khususnya pada perangkat Xiaomi. Sebelumnya perlu diketahui bahwa MIUI juga bisa diterapkan pada perangkat selain Xiaomi dengan cara menginstal atau mengganti ROM bawaan dengan Custom ROM.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note

  • User experience sedikit mengecewakan
  • Minim paket penjualan
  • Apa lagi ya?

User Experience

Dari segi performa memang perangkat ini bisa dibilang diatas rata-rata smartphone sekelasnya. Namun entah mengapa mimin merasa kurang “sreg” dengan user experience (pengalaman penggunaan) dari perangkat ini, khususnya dari segi UI dari MIUI v5 miliknya. App drawer yang dihilangkan mungkin menjadi salah satu penyebabnya, namun mimin tidak begitu yakin.

BACA JUGA : Apa itu app drawer?

Minim Paket Penjualan

Ketika baru dibuka dari dus nya, Xiaomi hanya memberikan satu set perangkat dengan kepala charger, kabel USB serta buku panduan singkat plus kartu garansi. Kita tidak akan menemukan headset/earphone/hansfree di dalamnya. Oke mungkin memang set yang diberikannya itu sudah cukup, namun tetap saja sebuah perangkat akan kurang lengkap jika tidak memiliki earphone ataupun headset. Mungkin hal ini untuk meminimalisir harga jual dari perangkat ini. Kalo mimin sih maklum aja yaa.

Apa Lagi Ya?

Sejauh ini sih mimin belum menemukan kekurangan lain dari perangkat ini. Mungkin ada yang mau menambahkan?

Akhir Kata

Setelah mimin coba mencicipi perangkat ini selama seminggu, mimin merasa sangat puas dengan perangkat ini khususnya dari segi performa. Kemampuan multitasking nya pun sangat baik berkat dukungan prosesor Octa-core 1.7 GHz plus RAM 2 GB miliknya. Secara keseluruhan mimin bisa menyimpulkan bahwa perangkat ini lebih cocok digunakan oleh kamu yang lebih sering menggunakan perangkat untuk media hiburan atau entertainment.

Layar besar dengan tampilan menawan, kamera depan dan belakang yang baik, tampilan yang dapat di kostumasi adalah poin-poin utama bagi perangkat untuk media hiburan. Berikut adalah angka-angka hasil penilaian mimin untuk perangkat ini (jika dibandingkan dengan perangkat lain di kelasnya):

  • Desain : 7
  • Build quality : 8.5
  • Layar : 9
  • Kamera belakang : 7
  • Kamera depan : 9
  • Multitasking : 8
  • Performa keseluruhan : 8
  • Daya tahan baterai : 8
  • Fitur bawaan : 8

Nah mungkin itu saja beberapa poin kelemahan dan kelebihan dari Xiaomi Redmi Note yang bisa mimin tuliskan pada posting kali ini. Bagi kamu yang belum sempat membaca posting sebelumnya, silahkan mampir ke halaman berikut untuk mencari tau lebih lanjut soal perangkat ini:

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY