Apa Resiko Gagal Root Pada Android?

Apa Resiko Gagal Root Pada Android?

17241
33
SHARE

Apa Resiko Gagal Root Pada Android? โ€“ Sebagian dari mereka yang telah mengetahui manfaat dari root pada perangkat Android biasanya akan menjadi sangat penasaran untuk merasakan kelebihannya pada perangkat mereka sendiri. Terang saja, kebebasan untuk mengutak-atik perangkatnya menjadi alasan utamanya.

Apalagi pengguna juga bisa melakukan kostumasi di tingkat yang lebih tinggi seperti misalnya mengganti ROM bawaan dengan Custom ROM untuk mendapatkan tampilan dan performa yang berbeda serta tambahan fitur-fitur yang tidak dimiliki jika menggunakan ROM bawaan. Atau mungkin sekedar melakukan beberapa modding agar perangkat bisa memiliki tambahan fitur sesuai dengan keinginan.

Root AndroidNamun di sisi lain, tentu saja akan ada kekhawatiran jikalau nanti ternyata mengalami kegagalan ketika sedang proses root perangkat. Ya, kemungkinan gagal memang ada dan tidak sedikit yang mengalaminya sehingga membuat mereka yang berencana me-root perangkatnya menjadi ragu atau takut nantinya justru perangkat akan mengalami kerusakan. Lalu kerusakan apa saja yang mungkin terjadi ketika kita gagal melakukan root pada perangkat Android?

Umumnya, ketika kita gagal melakukan root seharusnya tidak akan ada efek apapun yang terjadi. Namun kenyataannya dalam beberapa kasus justru sebaliknya. Dan berikut adalah beberapa efek yang mungkin terjadi setelah gagal root, berdasarkan apa yang pernah mimin lihat dan dengar :

CATATAN : Jangan bertanya pada mimin soal bagaimana cara me-root perangkatmu, karena tiap tipe dan merk perangkat terkadang harus melalui proses yang berbeda.

1. Gagal Booting atau Bootloop

Beberapa pengguna yang mengalami gagal root mengaku bahwa perangkatnya gagal untuk booting atau bootloop. Ciri-cirinya adalah perangkat akan terus menerus menampilkan logo merk perangkat ketika dinyalakan dan tidak dapat masuk ke system. Solusinya? Ada 2 yang bisa dicoba.

BACA JUGA : Apa itu bootloop?

Yang pertama cobalah masuk ke recovery mode lalu pilih wipe data/factory reset. Jika tidak bisa, terpaksa kamu harus menginstal (flashing) ulang perangkatmu tersebut. Kamu bisa melakukannya sendiri atau meminta bantuan tukang service. Atau mungkin kamu bisa coba untuk klaim garansi, jika masih ada.

2. Mengalami Error

Beberapa pengguna lain mendapati perangkatnya hanya menampilkan icon Android yang sedang tertidur dengan tulisan error di bagian atas atau bawahnya. Solusinya? Kamu bisa coba mematikan perangkat dan coba masuk ke recovery mode seperti yang sudah mimin tuliskan diatas. Atau kamu juga bisa melakukan flashing ulang.

Sekali lagi perlu dicatat bahwa tidak semua perangkat akan mengalami masalah tersebut diatas setelah gagal root, karena mimin juga sering mendapati pengguna yang mengaku tidak ada efek apapun yang terjadi pada perangkatnya atau dengan kata lain, tidak ada masalah yang ditimbulkan ketika gagal root. Dan kerusakan yang mungkin terjadi tergantung dari metode yang digunakan karena seperti yang sudah mimin tuliskan pada catatan diatas, bahwa tiap merk dan tipe perangkat terkadang harus melalui proses yang berbeda.

Biasanya yang mengandung resiko tinggi itu bukanlah ketika kita akan melakukan root, tapi proses sebelumnya lah yang sangat beresiko (jika harus melalui beberapa tahap). Misalnya, beberapa hape perlu di unlock bootloaderย atau mungkin flashing downgrade terlebih dahulu sebelum dapat di root. Nah, proses itulah yang bakal beresiko menimbulkan masalah di hape jika ternyata gagal dilakukan.

Dan kegagalan karena pengaruh lain seperti misalnya sambungan kabel USB ke laptop yang kurang baik juga sangat beresiko, khususnya ketika melakukan proses sebelum root yang sudah disebutkan tadi. Berikut adalah tips yang bisa mimin berikan untuk menghindari resiko yang sudah mimin sebutkan diatas :

Tips menghindari gagal root

1. Pastikan Kamu Mengikuti Langkah Dengan Benar

Terkadang pengguna melupakan beberapa hal kecil yang bisa sangat berpengaruh pada perangkatnya. Maka memastikan untuk mengikuti semua langkah dengan benar adalah wajib hukumnya. Ada baiknya sebelum melakukan eksekusi, kamu baca terlebih dahulu tutorial yang ada beberapa kali agar kamu dapat mempersiapkan segalanya. Hal-hal kecil yang sering terlupakan adalah soal USB debugging yang belum di centang, settingan konektivitas yang belum di sesuaikan dengan kebutuhan ataupun langkah-langkah kecil lainnya.

2. Pastikan File Terdownload Dengan Baik

Biasanya kamu akan membutuhkan beberapa file yang harus kamu download sebagai bahan untuk rooting. Dan yang harus kamu lakukan adalah pastikan file telah berhasil di download dengan sempurna. Karena jika ternyata file yang kamu download mengalami corrupt (tidak sempurna) maka hampir bisa dipastikan bahwa kamu akan mengalami kegagalan ketika mengeksekusinya. Untuk menghindari file yang corrupt, pastikan untuk menggunakan koneksi yang stabil dan cepat ketika melakukan download.

3. Cek USB

Beberapa metode root mengharuskan kita untuk menghubungkan perangkat ke PC atau laptop karena file yang dijalankan harus di eksekusi menggunakan PC. Pastikan USB port dari masing-masing perangkat dapat bekerja dengan baik. Pastikan pula kabel USB yang kamu gunakan masih dalam keadaan baik dan tidak ada kerusakan yang terlihat secara fisik. Jangan remehkan langkah ini karena jika tiba-tiba koneksi antar perangkat harus terputus ketika sedang melakukan proses eksekusi, maka bukan tidak mungkin perangkatmu akan mengalami kerusakan.

4. Berdoa!

Dan yang terakhir, mimin sarankan untuk berdoa terlebih dahulu sebelum mengeksekusi perangkatmu agar diberikan kemudahan dalam prosesnya. Hihi 😀

Nah itulah beberapa resiko setelah gagal rooting perangkat Android yang mimin ketahui serta tips untuk menghindarinya. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Jadi, hape / tabletmu mau di root atau nggak?

33 COMMENTS

    • Iya, ada yang ngefek ada yang nggak, Kak.

      Dulu nggak jarang aku dapet laporan dari pembaca yang hapenya mati gegara gagal root. Tapi aku sendiri juga pernah gagal root dan hapenya masih normal ๐Ÿ™‚

  1. Ass bang.saya mau nanya kenpa kok gak bisa ngeroot hp melalui kingroot.saat itu sudah bisa tapi kembali lagi ke normal.trus saya coba lagi tiba2 ngerestart sendiri.itu gara2 apa ya bang…mohon bantuan nya

  2. Klo hp cuma hidup sampai logo trus mati ad gambar android trus mati lg itu knp ya min. Aq coba restar pun dak bs. Hanya android saja yg keliatan. Abis itu mati lagi. Gt trus a. Itu knp ya. Mohon saranya

    • Cara root tiap tipe dan merk hape itu bisa beda-beda ya, Kak. Apalagi Sony, udah terkenal paling ribet untuk nge-root nya ๐Ÿ™‚

      Jadi aku nggak bisa jelaskan caranya karena aku belum pernah pegang dan nge-root semua hape Sony ๐Ÿ™‚

  3. Gan, mau tanya Hape saya Xiaomi MI4 LTE ada iklan update/ upgrade version 8 ke-klik sama saya, terus muncul FASTBOOT terus gak mau ke menu kenapa yah?? Saya sudah tanya konter hape katanya software, Ok saya titip hape saya di konter sana. Pas saya ambil kata orang konter bilang kalo itu kena hardware. Apa Bisa gitu gan?

    • Wedew. Sepertinya kemungkinannya kecil yaa untuk kena hardware. Dan kalopun kena hardware, biasanya sih karena gagal update. Cuman yaa nggak tau pasti itu bener atau nggak kalau nggak di cek langsung. Coba dipancing minta liat barangnya, terus kalo udah ditangan (menghindari diutak-atik) bilang kalo barangnya nggak jadi di service. Dan coba bawa ke tempat service lain.

  4. Tolong perhatikan dan percayalah..
    Root nggak mungkin menyebabkan hal seperti di atas….kata siapa. ?..
    Proses root adalah proses yang aman…
    Root sama saja memasukan file su ke perangkat..
    Hal di atas terjadi karena proses ganti room…
    Biasanya kalau kita ingin root hp di konter atau toko hp..kalian pasti akan di tanya sama orang yang akan nge root..
    ” mau di jadikan hp apa?”
    Sebagian orang mengira bahwa root merupakan proses ganti room…padahal itu beda…seseorang sering salah kaprah(salah tapi sudah umum).

    Mohon responnyaa…secepatnya!!!!

    • Ganti room?

      Mungkin maksudnya ganti ROM. Dan mungkin agan belum baca bagian ini “Biasanya yang mengandung resiko tinggi itu bukanlah ketika kita akan melakukan root, tapi proses sebelumnya lah yang sangat beresiko”.

      Tapi nggak apa, setelah ku baca lagi emang tulisan diatas ini bisa bikin salah pengertian karena ada bagian yang kurang jelas. Dan sekarang udah ku update supaya lebih jelas.

      BTW, aku sendiri dan beberapa temen lain yang pernah gagal root memang nggak ngerasain efek atau masalah apapun, dan di awal mula tulisan ini dibuat (tahun 2012 lalu) awalnya memang ku sebutkan bahwa “Gagal root nggak akan berdampak apapun di hape”. Tapi kemudian mulai bermunculan komentar-komentar yang menyebutkan bahwa mereka (yang gagal root) ternyata mengalami beberapa masalah seperti yang sudah disebutkan diatas (bukan karena gagal ganti ROM, atau gagal flashing, tapi pada saat akan di root).

      Maka kemudian aku update lah tulisan ini sekitar tahun 2013 lalu dengan menambahkan gejala / masalah yang dituliskan diatas, sebagai peringatan dini juga buat mereka yang berencana nge-root hapenya. ๐Ÿ™‚

    • Sekali lagi, tergantung proses nya Kak. Kalo misal prosesnya ribet harus unlock bootloader dsb, yaa jelas bakal beresiko. Yang penting hati-hati ikuti langkahnya aja Kak. Dan lihat juga apakah sudah ada orang lain yang berhasil nge-root dengan cara yang bakal Kakak pakai

  5. Min, mau tanya… :
    kan hp android aku udah di root pake SuperSU (pake pc dulu), tapi aku root lagi pake kingroot master (aplikasi root android), keduanya sama – sama terpercaya tapi di hpku malah bentrok & malahan cuma dapet statur ‘Rooted’ tapi kagak dapet ijin root. gimana ya solusinya?

    • Wedew, mestinya cukup satu aja tuh Kak. Emm, aku belum pernah sih coba yang seperti ini, tapi mungkin bisa unroot dulu deh salah satunya. Atau kalau malah nggak bisa yaa terpaksa flashing ulang dan root lagi.

  6. siang a.. saya pernah root sekali pake kingroot.. lalu setelah selesai.. sukses berhasil.. lalu lama lama eror dan menjadi lemot perangkatnya .. terus saya restard .. yang terjadi cuman logo hp .. terus menerus tidak bisa masuk ke menu ..
    itu kenapa yaa..

    akhirnya hp masuk rs .. di servis di konter..
    Hp saya samsung e5 ..
    saya mau root lagi tapi takut terulang lagi
    Mohon penjelasan dan solusinya ka..

    • Kalo error seperti itu (bootloop namanya) sih sepertinya system crash yaa, sebenernya cukup masuk recovery – wipe data & factory reset, selesai urusan. Atau bisa flashing ulang aja.

      Nah kalo system crash sendiri penyebabnya bisa macem-macem, yang jelas berhubungan dengan software dan belum tentu juga karena root itu. Dan kalo misal kemarin itu kakak nge-root supaya bisa pindah apps ke memory eksternal, bisa jadi penyebabnya itu..

  7. Gan hp sya j2 baru coba root pake kingroot udah berhasil dan di cek pake aplikasi root cheker status rooted kmudian hp ane reboot ulang mlah mentok di logo alias blotoop solusinya apa ya gan mngatasi itu

LEAVE A REPLY