Apa Resiko Gagal Root Pada Android?

Apa Resiko Gagal Root Pada Android?

12949
6
SHARE
Apa Resiko Gagal Root Pada Android? – Sebagian dari mereka yang telah mengetahui manfaat dari root pada perangkat Android biasanya akan menjadi sangat penasaran untuk merasakan kelebihannya pada perangkat mereka sendiri. Terang saja, kebebasan untuk mengutak-atik perangkatnya menjadi alasan utamanya. Apalagi pengguna juga bisa melakukan kostumasi di tingkat yang lebih tinggi seperti misalnya mengganti ROM bawaan dengan Custom ROM untuk mendapatkan tampilan dan performa yang berbeda serta tambahan fitur-fitur yang tidak dimiliki jika menggunakan ROM bawaan. Atau mungkin sekedar melakukan beberapa modding agar perangkat bisa memiliki tambahan fitur sesuai dengan keinginan.

Root Android

Namun di sisi lain, tentu saja akan ada kekhawatiran jikalau nanti ternyata mengalami kegagalan ketika sedang proses root perangkat. Ya, kemungkinan gagal memang ada dan tidak sedikit yang mengalaminya sehingga membuat mereka yang berencana me-root perangkatnya menjadi ragu atau takut nantinya justru perangkat akan mengalami kerusakan. Lalu kerusakan apa saja yang mungkin terjadi ketika kita gagal melakukan root pada perangkat Android?


Umumnya, ketika kita gagal melakukan root seharusnya tidak akan ada efek apapun yang terjadi. Namun kenyataannya dalam beberapa kasus justru sebaliknya. Dan berikut adalah beberapa efek yang mungkin terjadi setelah gagal root, berdasarkan apa yang pernah mimin lihat dan dengar :

CATATAN : Jangan bertanya pada mimin soal bagaimana cara me-root perangkatmu, karena tiap tipe dan merk perangkat terkadang harus melalui proses yang berbeda.

1. Gagal booting atau bootloop

Beberapa pengguna yang mengalami gagal root mengaku bahwa perangkatnya gagal untuk booting atau bootloop. Ciri-cirinya adalah perangkat akan terus menerus menampilkan logo merk perangkat ketika dinyalakan dan tidak dapat masuk ke system. Solusinya? Ada 2 yang bisa dicoba.

BACA JUGA : Apa itu bootloop?

Yang pertama cobalah masuk ke recovery mode lalu pilih wipe data/factory reset. Jika tidak bisa, terpaksa kamu harus menginstal (flashing) ulang perangkatmu tersebut. Kamu bisa melakukannya sendiri atau meminta bantuan tukang service. Atau mungkin kamu bisa coba untuk klaim garansi, jika masih ada.

2. Mengalami error

Beberapa pengguna lain mendapati perangkatnya hanya menampilkan icon Android yang sedang tertidur dengan tulisan error di bagian atas atau bawahnya. Solusinya? Kamu bisa coba mematikan perangkat dan coba masuk ke recovery mode seperti yang sudah mimin tuliskan diatas. Atau kamu juga bisa melakukan flashing ulang.

Sekali lagi perlu dicatat bahwa tidak semua perangkat akan mengalami masalah tersebut diatas setelah gagal root, karena mimin juga sering mendapati pengguna yang mengaku tidak ada efek apapun yang terjadi pada perangkatnya. Dan kerusakan yang mungkin terjadi tergantung dari metode yang digunakan karena seperti yang sudah mimin tuliskan pada catatan diatas, bahwa tiap merk dan tipe perangkat terkadang harus melalui proses yang berbeda. Biasanya yang mengandung resiko tinggi itu bukanlah ketika kita akan melakukan root, tapi proses sebelumnya lah yang sangat beresiko (jika harus melalui beberapa tahap).

Dan kegagalan karena pengaruh lain seperti misalnya sambungan kabel USB ke laptop yang kurang baik juga sangat beresiko. Berikut adalah tips yang bisa mimin berikan untuk menghindari resiko yang sudah mimin sebutkan diatas :

Tips menghindari gagal root

1. Pastikan kamu mengikuti langkah dengan benar

Terkadang pengguna melupakan beberapa hal kecil yang bisa sangat berpengaruh pada perangkatnya. Maka memastikan untuk mengikuti semua langkah dengan benar adalah wajib hukumnya. Ada baiknya sebelum melakukan eksekusi, kamu baca terlebih dahulu tutorial yang ada beberapa kali agar kamu dapat mempersiapkan segalanya, Hal-hal kecil yang sering terlupakan adalah soal USB debugging yang belum di centang, settingan konektivitas yang belum di sesuaikan dengan kebutuhan ataupun langkah-langkah kecil lainnya.

2. Pastikan file terdownload dengan baik

Biasanya kamu akan membutuhkan beberapa file yang harus kamu download sebagai bahan untuk rooting. Dan yang harus kamu lakukan adalah pastikan file telah berhasil di download dengan sempurna. Karena jika ternyata file yang kamu download mengalami corrupt (tidak sempurna) maka hampir bisa dipastikan bahwa kamu akan mengalami kegagalan ketika mengeksekusinya. Untuk menghindari file yang corrupt, pastikan untuk menggunakan koneksi yang stabil dan cepat ketika melakukan download.

3. Cek USB

Beberapa metode root mengharuskan kita untuk menghubungkan perangkat ke PC atau laptop karena file yang dijalankan harus di eksekusi menggunakan PC. Pastikan USB port dari masing-masing perangkat dapat bekerja dengan baik. Pastikan pula kabel USB yang kamu gunakan masih dalam keadaan baik dan tidak ada kerusakan yang terlihat secara fisik. Jangan remehkan langkah ini karena jika tiba-tiba koneksi antar perangkat harus terputus ketika sedang melakukan proses eksekusi, maka bukan tidak mungkin perangkatmu akan mengalami kerusakan.

4. Berdoa!

Dan yang terakhir, mimin sarankan untuk berdoa terlebih dahulu sebelum mengeksekusi perangkatmu agar diberikan kemudahan dalam prosesnya. Hihi 😀

Nah itulah beberapa resiko setelah gagal rooting perangkat Android yang mimin ketahui serta tips untuk menghindarinya. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Jadi, hape / tabletmu mau di root atau nggak?

6 COMMENTS

    • Iya, ada yang ngefek ada yang nggak, Kak.

      Dulu nggak jarang aku dapet laporan dari pembaca yang hapenya mati gegara gagal root. Tapi aku sendiri juga pernah gagal root dan hapenya masih normal 🙂

  1. Ass bang.saya mau nanya kenpa kok gak bisa ngeroot hp melalui kingroot.saat itu sudah bisa tapi kembali lagi ke normal.trus saya coba lagi tiba2 ngerestart sendiri.itu gara2 apa ya bang…mohon bantuan nya

LEAVE A REPLY