ASUS X550ZE: Laptop Powerful Nan Terjangkau Dengan Bentang 15.6 Inch

[Review] ASUS X550ZE: Laptop Powerful Nan Terjangkau Dengan Bentang 15.6 Inch

3892
8
SHARE

ASUS X550ZE: Laptop Powerful Nan Terjangkau Dengan Bentang 15.6 Inch – Memutuskan untuk menjadi seorang “freelance” itu tidaklah gampang. Memilih “senjata” untuk dapat menunjuang pekerjaan juga bukanlah perkara mudah ketika keterbatasan modal menjadi kendala, sehingga banyak sekali hal yang mesti dipertimbangkan sebelum bisa memilih senjata yang tepat.

Dunia yang saya tekuni saat ini berhubungan erat dengan teknologi dan internet, termasuk diantaranya adalah dunia blogging dan internet marketing dimana laptop menjadi senjata utama untuk urusan ini, selain pastinya ditambah dengan dukungan smartphone dan gadget-gadget lainnya.

Review Laptop ASUS X550ZESaat ini, saya mengandalkan laptop ASUS X550ZE yang mempunyai bentang layar 15.6 inch sebagai “mesin” andalan untuk keseharian. Tentu saja, saya memilihnya bukan tanpa pertimbangan yang matang mengingat kebutuhan saya yang tergolong lumayan berat, plus budget yang terbatas sehingga membuat saya harus pintar-pintar dalam memilih laptop untuk dijadikan andalan.

Dan disini, saya ingin berbagi sedikit pengalaman selama menggunakan komputer portable tersebut dalam kurun waktu hampir satu tahun dan juga alasan mengapa saya memilihnya sebagai partner kerja saya. Setidaknya, ada 2 pertimbangan utama sebelum saya memutuskan untuk memilih laptop ini, yaitu soal pilihan ukuran layar dan juga soal brand yang saya pilih.

1. Kenapa Memilih Laptop 15.6 Inch?

Memudahkan Dalam Multitasking

Saya adalah seorang yang sering kali mengandalkan fitur multitasking pada laptop saya. Ukuran layar yang lebih besar sangat memungkinkan bagi saya untuk menampilkan beberapa aplikasi sekaligus yang pastinya akan lebih enak dipandang pada layar yang lebih besar.

Alasan memilih laptop 15.6 inchSalah satu apps yang sering kali saya gunakan adalah PC Link, yang berguna untuk menghubungkan dan menampilkan tampilan pada smartphone ASUS yang saya punya seperti yang bisa dilihat pada gambar diatas.

Ya, aplikasi tersebut sering kali saya manfaatkan berdampingan dengan aplikasi lain yang saya jalankan di laptop untuk mengecek smartphone yang saya punya tanpa harus menggenggamnya secara langsung, sehingga akan lebih praktis dan meminimalisir resiko buyarnya konsentrasi akibat berpindah fokus dari layar laptop ke layar hape. Saya yakin sebagian dari anda juga pasti pernah mengalaminya, bukan?

Nah layar yang besar ini akan sangat terasa manfaatnya ketika saya harus mengikuti diskusi di grup chat yang saya ikuti, dimana biasanya saya akan melakukan restore down (memperkecil tampilan) aplikasi lain yang juga saya jalankan agar dapat ditampilkan secara bersamaan dengan PC Link, sehingga saya dapat memantau grup chat dan sekaligus juga menjalankan tugas yang harus saya selesaikan di laptop.

Selain memanfaatkannya untuk memantau smartphone, terkadang layar yang besar dari ASUS X550ZE juga saya manfaatkan untuk membuka aplikasi-aplikasi lain seperti misalnya notepad untuk membuka atau menuliskan catatan sementara yang saya butuhkan.

Lebih Lega Dalam Melihat Konten

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, layar lebih besar akan sangat memungkinkan untuk melihat tampilan yang lebih baik khususnya ketika melakukan multitasking. Namun tentu bukan itu saja alasan utama yang saya punya.

Layar yang besar ini memberikan keuntungan tersendiri untuk menampilkan detail yang lebih baik, khususnya ketika saya sedang melakukan proses pengeditan foto ataupun gambar. Iya, sebagian dari kita pasti pernah mengalami saat dimana kita harus mendekatkan pandangan ke arah layar hanya untuk melihat detail suatu gambar atau mungkin tulisan pada layar yang nampak terlalu kecil. Dan disadari atau tidak, hal itu cukup untuk membuat kita menjadi merasa lebih cepat lelah.

Maka, layar 15.6 inch pada ASUS X550ZE saya pilih untuk menghindari hal tersebut. Layar yang besar ini juga memberikan keuntungan tersendiri ketika kita sedang melihat konten video ataupun memainkan game, dimana pandangan akan terasa lebih lega.

Dukungan Keyboard Lebih Kaya

Hadirnya numeric keypad atau number pad yang terdapat pada laptop berukuran 15.6 inch mungkin akan dianggap sepele bagi sebagian orang. Namun bagi kita yang sering berurusan dengan angka-angka pasti akan amat sangat merasakan manfaatnya, yakni untuk mempermudah kita dalam menuliskan angka-angka pada aplikasi, dimana laptop berukuran mainstream (13 – 14 inch) umumnya tak dilengkapi dengan dukungan numeric pad atau number pad pada keyboard nya.

Dukungan keyboard numerikSelain itu, sekali lagi, dukungan keyboard yang lebih kaya ini juga memberikan keuntungan dan kenyamanan lebih ketika kita menggunakannya untuk bermain game tertentu.

2. Kenapa Memilih ASUS

Sudah Pernah Menggunakan ASUS Sebelumnya

Sebelumnya saya juga sudah pernah menggunakan laptop dari ASUS. Meski laptop tersebut hanya merupakan notebook kelas entry level, namun ia mampu bertahan selama 3 tahun lebih dengan penggunaan yang menurut saya diatas wajar (hingga 14 jam sehari, bahkan lebih), sehingga saya sudah sangat yakin untuk memilih produk dari brand ini untuk upgrade laptop selanjutnya.

Alasan memilih ASUSBahkan setelah saya memutuskan untuk menggantikannya dengan ASUS X550ZE hampir setahun lalu dan hingga saat ini, notebook tersebut masih bisa beroperasi dengan baik.

Garansi 2 Tahun

Selain soal kualitas yang memang sudah saya percaya, garansi global 2 tahun yang di cover oleh ASUS tentu juga akan memberikan rasa aman yang lebih ketika menggunakannya.

Memiliki Dukungan Fitur Yang Kaya

Fitur laptop ASUSNah, ini yang tak kalah penting. Selain soal kualitas yang oke, laptop dari ASUS memang dikenal memiliki fitur-fitur yang lebih kaya yang juga sekaligus menjadi faktor pembeda dari notebook ASUS dengan yang lainnya, seperti hadirnya fitur IceCool, dan SonicMaster. Dan bahkan, beberapa notebook ASUS lain pun juga dilengkapi dengan fitur Splendid untuk mengatur white balance pada layar, serta fitur Eye care technology.

Namun karena disini saya sedang membahas soal laptop ASUS dengan tipe X550ZE, maka saya akan memberikan penjelasan lebih lanjut soal fitur yang dimiliki oleh perangkat ini saja yaa. Oiya, sebelumnya saya amat menyarankan untuk menggunakan OS Windows 10 64-bit pada laptop ini agar kita dapat menikmati semua fitur yang dimilikinya secara maksimal, tentu saja mesti pakai yang original yaa. Tapi kalau mau lebih hemat, pakai OS berbasis Linux seperti Ubuntu atau Elementary OS juga tak masalah kok.

Fitur Apa Saja Yang Dimilikinya?

Nah sekarang kita masuk dalam bahasan soal fitur-fitur yang menjadi keunggulan dari laptop ASUS X550ZE, diantaranya adalah sebagai berikut:

Performa mumpuni harga terjangkauPerforma Tinggi Dengan Harga Terjangkau

ASUS X550ZE yang saya gunakan ini dibekali dengan APU AMD A10-7400P yang memiliki 10 compute cores, yang merupakan perpaduan antara 4-core CPU 2.5 GHz (hingga 3.4 GHz) x64, plus 6-core GPU Radeon R5 M230 dalam satu chip yang terintegrasi. Ditambah lagi, ia juga memiliki dukungan Graphic AMD Radeon R7 M265 DX, sehingga bisa dikatakan bahwa laptop ini mempunyai fitur Dual graphic untuk mendukung performa grafis yang mumpuni.

Setting performaKita bisa melakukan setting performa untuk memilih apakah akan mengaktifkan fitur Dual graphic yang dimilikinya atau menonaktifkannya untuk lebih menghemat daya. Tapi mungkin yang bakal jadi pertanyaan adalah, apa sih keuntungan dari fitur yang sudah disebutkan diatas?

Dengan hadirnya fitur Dual graphic, maka proses pengolahan grafis pada laptop akan berjalan dengan lebih cepat, sehingga pemrosesan dalam menjalankan aplikasi desain grafis termasuk objek 3D ataupun ilustrasi foto akan berjalan lebih baik. Yang paling terasa adalah ketika kita menggunakannya untuk bermain game, dimana pengolahan grafis yang cepat akan memberikan frame rate yang lebih tinggi sehingga game akan berjalan dengan lebih mulus.

Oiya, sebenarnya laptop ini juga hadir dalam versi yang lebih powerful dengan APU AMD FX-7600P. Tapi karena waktu itu ketersediaannya agak sulit, maka versi AMD A10 pun jadi satu-satunya pilihan yang bisa saya ambil. Dukungan RAM 4GB DDR3 yang diusungnya juga semakin membuatnya bersinar dari sisi performa, dan pastinya, memberikan pengalaman multitasking yang lebih lancar seperti yang juga sering saya lakukan pada laptop ini.

BACA JUGA : Manfaat RAM Besar Pada Gadget

Belum lagi dengan kapasitas penyimpanan HDD sebesar 1 TB (1 TeraByte, setara 1000 GB) yang jelas bakal sangat membantu untuk bisa menyimpan lebih banyak file-file berukuran besar. Asiknya, banderol harga yang ditawarkan untuk spesifikasi yang diusungnya itu pun sangatlah kompetitif. Memangnya berapa sih harganya? Bisa cek di bagian akhir tulisan ini yaa 🙂

KonektivitasKonektivitas Yang Lengkap

Ini juga merupakan salah satu alasan mengapa saya memilih laptop 15 inch dari ASUS. Dukungan 2 buah port USB 3.0 jelas sangat membantu untuk urusan transfer data, dimana USB versi 3.0 memiliki kecepatan transfer hingga 10x lebih cepat dibandingkan USB 2.0 yang digunakan oleh laptop pada umumnya. Keuntungan yang paling bisa dirasakan adalah proses transfer data dengan ukuran besar akan terasa lebih singkat sehingga akan lebih menghemat waktu.

Dukungan konektivitas laptop ASUS X550ZESelain itu, ASUS X550ZE juga dilengkapi dengan 1 port USB tambahan (versi 2.0), Port HDMI, 3.5mm Combo Jack audio, VGA port, LAN Jack, Card reader dan juga Bluetooth v4.0. Ditambah lagi, kita juga bisa memanfaatkan fitur konektivitas tambahan (via WiFi) seperti Remote Link atau PC Link seperti yang sudah saya perlihatkan di awal tulisan untuk menghubungkan laptop dengan Smartphone ASUS yang kita punya. Dengan ini, performa laptop yang gahar tentu dapat lebih dimaksimalkan, bukan?

Fitur Istimewa Lainnya

Selain fitur utama yang sudah disebutkan diatas, ASUS X550ZE juga memiliki beberapa fitur tambahan yang menjadikannya istimewa. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Keunggulan laptop ASUS X550ZEFitur IceCool ASUSIceCool

Keluhan soal suhu tinggi yang dirasakan pada telapak tangan ketika menggunakan laptop dalam waktu lama takkan lagi dirasakan pada laptop ini berkat hadirnya teknologi IceCool. IceCool merupakan sebuah fitur khas yang dimiliki oleh laptop ASUS, dimana ASUS merancang notebook nya sedemikian rupa untuk menjauhkan komponen-komponen penghasil panas dari area Palmrest (seperti yang bisa dilihat pada gambar diatas), sehingga suhu pada area tersebut dapat terjaga, dan telapak tangan takkan merasakan panas yang berlebih ketika harus bersentuhan dengan laptop.

Jelas, ini akan sangat mempengaruhi kenyamanan bagi pengguna, khususnya pengguna seperti saya yang harus berlama-lama meletakkan telapak tangan di area Palmrest laptop untuk menyelesaikan tulisan yang saya buat. Dan ini bukan saja kabar baik bagi para blogger, penulis, ataupun gamer, tetapi juga bagi penggguna laptop pada umumnya.

Instant OnInstant On 2 Second

Terkadang, saya harus meninggalkan laptop untuk sementara dan memutuskan untuk mengaktifkan mode Sleep agar saya tak perlu menutup aplikasi yang sedang saya jalankan, namun tetap dapat menghemat daya karena tidak digunakan. Dan hadirnya fitur Instant On ini sangat membantu bagi saya untuk dapat menghemat waktu ketika ingin melanjutkan pekerjaan yang sebelumnya sempat tertunda karena tak perlu menunggu lama untuk dapat menggunakannya kembali.

Ya, fitur ini memungkinkan kita untuk menyalakan dan mengoperasikan laptop dari keadaan sleep hanya dalam waktu 2 detik saja! Selain itu, waktu booting yang dibutuhkannya dalam keadaan mati pun juga tergolong sangat cepat. Nggak percaya? Buktikan saja sendiri! 🙂

SonicMasterSonic Master

Fitur ini akan terasa manfaatnya ketika kita sedang menjalankan konten multimedia. Pada laptop ini, ASUS menyematkan hardware speaker dengan ruang yang lebih besar, serta dioptimalkan dengan dukungan software untuk menghasilkan performa audio yang berkelas. Speaker yang letaknya tersembunyi ini dapat mengeluarkan suara yang jelas dan jernih.

Fitur audio wizard laptop ASUSDitambah lagi, dukungan aplikasi AudioWizard akan semakin memaksimalkan performa audio dari ASUS X550ZE dalam berbagai skenario yang bisa disesuaikan, dimana masing-masing mode yang tersedia akan memberikan pengalaman yang berbeda pada keluaran suara yang dihasilkan.

Polymer Battery

Penggunaan baterai berjenis Polymer juga akan memaksimalkan umur pemakaian baterai, mengingat Notebook 15.6 inch ini menggunakan baterai tanam alias Non removable. Tenang saja, menggunakannya dalam keadaan terhubung dengan adaptor daya (charger) selama berjam-jam juga tak masalah kok, karena ketika baterai sudah dalam keadaan penuh, maka system akan secara otomatis memutus daya agar tidak terjadi overcharge, selain memang baterai jenis Polymer sendiri sudah memiliki perlindungan terhadap overcharge. Tapi jika laptop dalam keadaan mati dan baterai sudah penuh, sebaiknya pengisian dayanya dihentikan saja yaa.

Smart Gesture

Alasan lain mengapa saya memilih laptop ASUS adalah karena terdapat dukungan fitur Smart Gesture, yang juga hadir pada X550ZE. Fitur ini akan mengoptimalkan fungsi touchpad untuk memudahkan kita dalam menggunakan laptop tanpa bantuan mouse, dan memang saya sendiri terkadang harus menggunakan laptop tanpa bisa menggunakan mouse karena tidak cukupnya ruang yang ada, seperti ketika sedang menghadiri event, atau dalam skenario lainnya.

Fitur Smart Gesture Laptop ASUS X550ZESmart Gesture memungkinkan kita untuk melakukan klik kanan, zoom, atau scroll layar dengan sangat mudah dengan menggunakan dua jari sekaligus pada touchpad seperti yang terlihat pada gambar diatas. Apalagi, ASUS juga menyediakan touchpad dengan ukuran yang lebih lega, sehingga akan semakin memudahkan kita dalam mengoperasikannya. Tetap bebas ribet, meski tanpa bantuan mouse 🙂

Bonus : Desain Stylish!

Desain stylishSebenarnya ini optional, tapi saya menganggap desain stylish yang terdapat pada ASUS X550ZE merupakan bonus dari semua fitur utama yang ada. Desain konsentris lingkaran khas ASUS membuatnya nampak mewah, dan pastinya saya jadi lebih percaya diri pada saat menggunakannya dalam sebuah event ataupun gathering 😀

Kesimpulan

Sebuah laptop “paket lengkap” disajikan ASUS pada seri X550ZE. Layarnya yang besar serta fitur audio menawan tentu sangat mendukung untuk urusan multimedia. Lalu ditambah dengan performa tangguh, konektivitas lengkap, plus fitur-fitur lain yang mendukung kemudahan dan kenyamanan dalam mengoperasikannya menjadi sebuah nilai lebih bagi notebook 15.6 yang bisa dibawa pulang dengan banderol harga yang relatif terjangkau ini.

Cek Harga ASUS X550ZE

Apalagi, ia tergolong lebih tipis dan lebih ringan dibandingkan dengan notebook dengan ukuran serupa, sehingga makin memudahkan pengguna untuk membawanya. Segala kelengkapan fitur yang dimilikinya itu membuatnya sangat pantas untuk dijadikan pertimbangan bagi kita yang menginginkan sebuah “mesin” atau komputer andalan yang powerful, nyaman, namun bisa dibawa-bawa.

Nah, itulah review atau pengalaman menggunakan laptop ASUS X550ZE yang bisa saya bahas pada posting kali ini. Dan bagi anda yang penasaran, berikut saya sertakan spesifikasi lengkap dari notebook ini. Semoga bermanfaat! 😀Spesifikasi ASUS X550ZE

8 COMMENTS

  1. Hi TechHijau,
    Mau tanya nih kira2 bakal ada review unk laptop 2in1 dari ASUS juga kah?
    Lg kepikiran beli laptop 2in1 diskonan kya di web ini https:// www picodi com/id/blibli tp saya ms kurang referensi ttg spesifikasi laptopnya itu sendiri… Terima kasih.

    • Iya, ini memang masuk keluarga X550Z series. Di stickernya tertulis “X550Z” aja, tapi kalo mau beli yang sama persis yang seperti ini, pastikan aja retailernya mencantumkan nama “X550ZE”, atau bisa juga cocokkan dengan specs yang ada.

LEAVE A REPLY