Review ASUS ZenEar, Earphone Stylish Harga Minimalis

Review ASUS ZenEar, Earphone Stylish Harga Minimalis

3356
0
SHARE

Review ASUS ZenEar, Earphone Stylish Harga Minimalis – Earphone merupakan salah satu aksesoris yang paling banyak digunakan oleh para pengguna untuk dipadukan dengan perangkat smartphone kesayangannya. Salah satunya alasannya adalah untuk mendengarkan musik, karena memang hiburan yang satu ini sangat mudah untuk diakses dan tak memerlukan waktu luang khusus untuk dapat menikmatinya.

Review ASUS ZenEar IndonesiaSelain itu juga, penggunaan earphone juga dapat memberikan pengalaman mendengarkan suara yang lebih baik, baik ketika mendengarkan musik, maupun saat sedang bermain game. Maka tak heran jika aksesori ini sering kali menjadi pasangan wajib bagi smartphone.

Namun demikian, sebagian vendor smartphone memutuskan untuk tidak menyertakan earphone atau headset pada paket penjualannya, dengan salah satu alasannya adalah untuk menekan harga jual. Salah satunya adalah ASUS, yang menjual earphone bagi perangkatnya secara terpisah. Nah kali ini, mimin berkesempatan untuk mencoba aksesori earphone original dari ASUS yang diberi nama ZenEar, dan mimin akan berbagi pengalaman serta pendapat tentangnya. Seperti apa sih? Yuk, kita simak!

Desain

Pengalaman Menggunakan ASUS ZenEarHal pertama yang kita lihat dari sebuah perangkat tentu dari segi fisiknya donk ya, khususnya desain. Menurut mimin, desain dari earphone yang dibanderol dengan harga Rp 139.000 ini cukup menarik, simple namun stylish.

Mengusung pola melingkar khas perangkat ASUS, serta terdapat logo ASUS disana. Aksesori ini terbuat dari bahan semacam plastik, tapi sepertinya bukan tipe-tipe plastik yang gampang pecah itu. ASUS menyebutkan bahwa ZenEar menggunakan bahan bernama Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS) yang konon punya tingkat “kekenyalan” yang cukup tinggi, sehingga tak mudah pecah.

Perpaduan warna hitam doff dan juga desainnya ini membuatnya nampak cukup bergaya ketika digunakan. By the way, itu mimin fotonya pakai ASUS Zenfone Selfie loh. Iya, cuma sekedar ngasih tau aja kok :3

BACA JUGA : Review Hasil Foto ASUS Zenfone Selfie

Performa & Kenyamanan

Sekarang kita coba, seperti apa sih keluaran suara yang dihasilkan? Mimin sudah mencobanya di beberapa perangkat, yang pertama mimin coba menjodohkannya dengan ASUS Zenfone 2. Oh iya, sebelumnya mimin mau kasih tau bahwa dalam paket penjualannya, ASUS menyertakan 2 earbud tambahan dengan ukuran yang berbeda. Jadi kalau kamu merasa keluaran suara dari ZenEar kurang greget atau kurang nyaman digunakan, kamu bisa coba mengganti earbud dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Performa keluaran suara yang dihasilkan mimin rasa sudah lebih dari cukup untuk earphone dengan harga dibawah 150 ribuan. Ia mampu memberikan performa suara yang baik di semua jenis musik yang mimin uji. Yang pertama mimin mengujinya dengan musik Progresive Rock dari Dream Theater. Keluaran Bass nya sangat mantab ketika mimin coba play lagu berjudul The Enemy Inside.

Gebukan drum yang dimainkan oleh Mike Mangini terasa sangat nendang, khususnya ketika ia memainkan double bass drum. Pengalaman yang lebih baik mimin rasakan ketika mimin coba padukan ZenEar dengan ASUS ZenPad 7.0 Z370CG untuk memutar lagu yang sama. Efek surround sound terasa lebih baik di perangkat tablet ini, mungkin berkat teknologi DTS HD Premium Sound yang diusungnya kali yaa.

BACA JUGA : Review Lengkap ASUS ZenPad 7.0 Z370CG

Hanya saja, mimin rasa keluaran suara ketika dipadukan dengan perangkat ini agak sedikit terlalu tinggi treble nya. Tapi tak masalah, kita masih bisa setting untuk mengecilkan atau menyesuaikan treble di equalizernya.

Waktu mimin coba untuk memutar lagu yang mengandalkan vokal pun, ZenEar juga mampu memberikan performa yang baik. Secara keseluruhan, mimin rasa performa suaranya bakal kamu sukai juga. Noise? Nggak ada tuh. Kecuali kalau ukuran earbud yang kamu gunakan ternyata kurang pas dengan telingamu, maka efek noise bakal muncul. Maka seperti yang sudah mimin sebut sebelumnya, kalau merasa kurang mantab, kamu bisa mengganti ukuran earbud, sesuai dengan kebutuhanmu.

Tapi menurut mimin, keluaran suara yang baik bukan satu-satunya penilaian utama apakah sebuah earphone bisa dibilang bagus atau nggak. Salah satu keluhan dari mereka yang sering menggunakan earphone adalah rasa tidak nyaman di bagian pundak atau kepala bagian belakang. Tapi, mimin tidak merasakan keluhan itu ketika menggunakan ASUS ZenEar, meski dalam waktu yang lumayan lama.

Kalau diperhatikan, earphone berjenis in-ear ini memiliki sudut kemiringan (yang menurut keterangan, kemiringannya sekitar 70 derajat) yang membuatnya terasa nyaman ketika digantungkan ke telinga, sehingga ia terasa begitu ringan ketika kita menggunakannya.

Fungsi Lainnya

Ia juga bisa digunakan sebagai hands-free ketika kita sedang menelpon. Iya, ZenEar juga memiliki sebuah microphone yang mimin rasa letaknya sangat pas, sejajar dengan bibir, sehingga kita tak perlu repot untuk memeganginya ketika sedang menelpon.

Pada microphone tersebut juga terdapat sebuah tombol multifungsi, yang bisa kita gunakan untuk menerima telepon atau mute call (tekan sekali), mengakhiri telepon (tekan dan tahan agak lama), play dan pause musik yang kita putar (tekan sekali), ataupun berganti ke daftar musik selanjutnya (tekan dua kali dengan cepat).

Asiknya lagi, tombol ini juga kita manfaatkan sebagai tombol shutter ketika kita menggunakan kamera. Jelas, ini bakal sangat membantu untuk urusan fotografi, khususnya ketika kita coba bereksperimen menggunakan mode manual pada smartphone kita.

Akhir Kata….

Review ASUS ZenEarJadi, dengan banderol harga di kisaran 140 ribuan, apakah ZenEar layak untuk dibeli? Mimin rasa, iya. Bahkan, menurut mimin, ini adalah aksesori wajib yang harus dimiliki oleh para pengguna gadget ASUS. Bukan hanya untuk memberikan pengalaman mendengarkan musik dengan baik, tapi beberapa fungsi lain termasuk fitur hands-free, plus dapat dimanfaatkan sebagai tombol shutter kamera merupakan sebuah hal yang mimin rasa akan bisa berguna bagi kamu.

Cek Detail Harga ZenEar

Belum lagi soal kenyamanan penggunaannya, yang pastinya akan membuatmu betah untuk berlama-lama bersamanya. Oke, mimin rasa sekian dulu untuk review kali ini. Silahkan jelajahi Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di review berikutnya 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY