Review Lengkap Samsung Galaxy J2 Prime

Review Lengkap Samsung Galaxy J2 Prime

637
0
SHARE

Fitur Pada Samsung Galaxy J2 Prime

Sekarang kita masuk pada bahasan fitur-fitur apa saja yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J2 Prime. Kita mulai dari sisi hardware yaa!

Hardware

Salah satu keistimewaan paling menonjol di sisi hardware yang bisa mimin temukan pada perangkat ini adalah bagian LED flash di bagian depannya, yang fungsinya jelas untuk membantu ketika pengguna ingin berfoto selfie di area kurang cahaya.

Selebihnya, ia nampak punya fitur serupa dengan hape Samsung pada umumnya, lengkap dengan tombol home fisik di bagian bawah layar. Oiya, ada hal lain lagi nih yang menjadi nilai plus di sisi hardware nya, yaitu pada bagian baterai yang punya kapasitas sangat besar untuk hape sekelasnya (2600 mAh).

Fitur Kamera

Fitur-fitur pada aplikasi kamera dari hape ini memang terbilang biasa dan tak ada yang istimewa. Ia punya beberapa mode pemotretan standar seperti mode auto, Pro, Panorama, Continuous shot, HDR, Night, Sports, dan sebuah fitur yang cukup unik yakni Sound & shot.

Pilihan mode kamera Galaxy J2 PrimePada mode Pro, kita akan diberi keleluasaan ekstra untuk mengatur kamera, meskipun yaa pengaturan yang diberikan juga terbilang agak minim. Tapi, masih lebih baik daripada nggak ada sama sekali, kan? Disana, kita bisa setting ISO mulai di kisaran angka 100 hingga 800, White balance, hingga setting exposure (kecerahan). Sayangnya, ketika kita melakukan setting manual pada ISO, perubahan apapun yang kita berikan pada setting exposure (dengan harapan agar memaksa kamera memainkan shutter speed) takkan berpengaruh apapun.

Sementara itu, fitur yang menurut mimin cukup unik yakni Sound & shot memungkinkan kita untuk mengambil gambar, sekaligus merekam suara selama kurang lebih 9 detik. Mungkin maksudnya supaya kita bisa mendeskripsikan apa yang kita bidik itu kali yaa 😀 Hal menarik lain adalah UI dari aplikasi kamera bawaan dari smartphone ini, yang sepertinya juga menjadi standar bagi hape Samsung yang menggunakan Grace UI adalah kemudahan dalam melakukan navigasi pada kamera.

Kita hanya perlu melakukan swipe ke kiri atau kanan pada layar ketika aplikasi kamera diaktifkan, maka menu dari kamera pun akan dimunculkan. Untuk berpindah dari kamera belakang ke kamera depan (dan sebaliknya) pun cukup dengan melakukan swipe layar keatas. Tentu ini akan sangat memudahkan bagi pengguna agar dapat tetap mengoperasikan hape dengan satu tangan, karena kita tak perlu lagi menyentuh tombol menu yang terkadang letaknya jauh dari jari kita.

Tampilan mode kamera depan Galaxy J2 PrimeUntuk kamera depan, pilihan mode pemotretan yang dihadirkan bakal lebih sedikit. Tetapi nampaknya sudah lebih dari cukup karena ia punya dua mode utama yang tentu menjadi andalan ketika berfoto selfie, yakni mode Selfie, dan juga Wide selfie. Plus, ada satu mode tambahan yakni Shot & sound.

Pada mode selfie, kita bisa mengatur permak wajah yang ingin kita gunakan, mulai dari setting mata belo, muka tirus, hingga kulit halus. Oiya, untuk hasil fotonya bisa kamu lihat di halaman dibawah ini yaa!

BACA JUGA : Review Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy J2 Prime

Tampilan / UI

Hape ini sudah menggunakan Grace UI, tampilan antarmuka baru dari Samsung sebagai pengganti TouchWIZ UI yang sudah mereka gunakan beberapa tahun sebelumnya. UI baru ini nampak lebih bersih dan iya, terasa smooth dan responsif.

Tampilan Layar Samsung Galaxy J2 PrimeUI ini dibangun berdasarkan sistem operasi Android versi Marshmallow. Sayangnya, hanya sedikit pilihan kustomisasi tampilan yang disediakan oleh Samsung untuk perangkat ini. Atau cuma mimin aja yang nggak nemu? Entahlah..

Tapi bagi mimin, yang penting sih UI bawaannya itu bisa berjalan mulus alias mampu memberikan respon yang baik ketika dioperasikan. Iya, itu aja udah cukup kok 🙂

Layar

Panel TFT PLS LCD beresolusi qHD yang digunakan oleh Galaxy J2 Prime memang tak bisa dibilang buruk untuk perangkat sekelasnya. Ia bisa menampilkan warna dengan cukup baik, meskipun menurut mimin jelas nampak kurang tajam karena resolusi layarnya tersebut. Sudut pandang dari layarnya ini juga mimin rasa kurang baik, meskipun yaa balik lagi, masih standar hape dibawah dua jutaan lah yaa.

Fitur outdoor mode Galaxy J2 PrimeKetika digunakan diluar ruangan, kita bisa coba mengaktifkan Outdoor mode untuk meningkatkan kecerahan layar dengan sangat signifikan, hanya saja mode ini hanya bisa digunakan selama 15 menit saja, setelah itu layar akan kembali meredup.

Fitur ini cukup membantu agar kita tetap dapat melihat isi konten pada layar dibawah sinar matahari, meskipun yaa efek silau masih sangat mengganggu pandangan ke arah layar.

Aplikasi

Kalau dilihat sekilas, hape ini nampak tak memiliki banyak aplikasi bawaan. Namun kalau dilihat lebih dekat, ternyata beberapa aplikasi bawaan yang disimpan dalam folder untuk membuatnya seolah-olah hanya membawa sedikit aplikasi.

Tampilan menu Samsung Galaxy J2 PrimeDisini, kita bisa menemukan beberapa aplikasi dasar seperti kontak, gallery, kamera dsb. Sebagai tambahan, Samsung juga telah memberikan “bonus” aplikasi dari Microsoft termasuk Word, Excel, PowerPoint, OneDrive, OneNote, dan Skype. Dan tentu saja, aplikasi Google juga ada dong! Wajib itu untuk hape Android.

Plus, aplikasi dari Samsung sendiri juga sudah terinstal pada smartphone dengan bentang layar 5.0 inch ini. Sebagian besar diantaranya mungkin bakal berguna, tapi beberapa yang lain menurut mimin kemungkinan hanya akan dibuka oleh pengguna sekali atau dua kali saja. Salah satu apps bawaan Samsung yang menurut mimin bakal berguna adalah Samsung Notes.

Fitur Samsung Note Galaxy J2 PrimeAplikasi catatan ini menurut mimin merupakan salah satu yang terbaik yang pernah mimin coba. Dan iya, ini akan menjadi poin plus karena bakal sangat membantu untuk urusan produktivitas. Kita bisa membuat catatan berupa tulisan teks, coretan, dan bahkan memasukkan gambar dalam satu lembar catatan yang sama, sebuah fleksibilitas app catatan yang sulit ditemukan.

Fitur pendukung performa Galaxy J2 PrimeSebuah fitur untuk mendukung performa atau mengatur perawatan perangkat juga sudah disediakan oleh Samsung pada smartphone ini, yang artinya bakal menjadi poin plus lain bagi hape low-end ini. Fitur Device maintenance ini bakal sangat berguna bagi kita untuk memantau “kesehatan” perangkat, mulai dari baterai, penyimpanan, RAM, hingga keamanan terhadap program jahat.

Dan percaya deh, mimin yakin fitur ini bakal sangat membantu dan kamu bakal cukup sering memanfaatkan fitur ini untuk membersihkan data tak terpakai yang tersimpan di hapemu. Yang terakhir, aplikasi bawaan yang (mungkin) bakal amat berguna adalah aplikasi Secure Folder (Folder aman).

Fitur pada Samsung Galaxy J2 PrimeTapi sayangnya, mimin tak sempat menggunakan atau mencoba fitur ini karena ketika mimin ingin mengaktifkannya, pesan horor yang memberitahukan bahwa penyimpanan hape tidak mencukupi mulai muncul, sehingga mimin pun urung untuk mencobanya 😐

Kalau dilihat dari keterangannya sih, sepertinya dengan app ini, kita bisa mengunci aplikasi. Bedanya, kita tidak perlu membuka satu persatu kunci dari apps, karena kita hanya perlu membuka kunci dari folder ini untuk dapat mengakses semua apps yang ingin kita amankan. Plus, ia dapat menduplikat aplikasi yang kita kunci untuk mengecoh temanmu yang kepo dan suka ngintip isi apps. Jadi satu apps diluar (tak terkunci dan isinya kosong), dan satunya lagi tersimpan di Folder aman (terkunci).

Tapi ini mungkin loh ya, kenyataannya bisa aja beda. Bagi yang udah coba sendiri mohon koreksi kalo mimin salah. Karena yang selalu benar itu adalah wanita 😐

Fitur one hand mode Galaxy J2 PrimeFitur lain yang bisa kita temukan disini adalah One hand mode, yang akan memperkecil tampilan layar seperti pada gambar diatas agar lebih mudah digunakan dengan satu tangan, serta fitur shortcut kamera, yang memudahkan kita untuk membuka aplikasi kamera langsung dari halaman manapun hanya dengan menekan tombol home dua kali. Next, kita bahas soal performa dan baterainya yaa!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY