Review Modem WiFi (MiFi) Smartfren Andromax M2s 4G LTE

Review Modem WiFi (MiFi) Smartfren Andromax M2s 4G LTE

68727
221
SHARE

Review Modem WiFi (MiFi) Smartfren Andromax M2s 4G LTE – Sebelum mulai membahas soal review pengalaman menggunakan MiFi atau mini modem WiFi router Andromax M2s, mimin mau cerita dulu yaa, boleh kan? Jadi beberapa waktu lalu tuh mimin menghadapi hari yang cukup mengesalkan. Salah satu operator selular yang menjadi andalan mimin untuk mengakses internet mendadak tidak bisa terkoneksi sama sekali.

Kebetulan, mimin menggunakan SIM card dari operator itu bukan cuma pada 1 perangkat saja, tetapi ada 3 perangkat sekaligus yang menggunakan operator tersebut yakni di hape, tablet, serta MiFi, dan ketiga perangkat tersebut sama sekali tak bisa terhubung ke internet! Dan karena dongkol alias jengkel, pagi itu juga mimin memutuskan untuk pergi ke Gallery Smartfren untuk membeli salah satu produk MiFi yang mereka punya, yang kebetulan memang sudah cukup lama mimin tertarik untuk mencobanya.

Dan setelah mengantri beberapa lama, akhirnya dapet juga nomer hape mbak-mbak SPG nya MiFi Smartfren Andromax M2s nya. Apa aja sih yang ada di dalam paket penjualannya? Yuk kita langsung unboxing!

Review MiFi Smartfren Andromax M2sIsi di dalam kotak atau kardus dari perangkat ini bisa dibilang cukup lengkap. Ada dua buah buku petunjuk penggunaan dalam bahasa Inggris dan Indonesia, unit MiFi Andromax M2s, kartu garansi, kartu perdana Smartfren 4G LTE, kabel USB serta kepala charger. Bahkan di dalamnya juga ada kertas berisikan ucapan salam dari Smartfren. Sayang, disana tak ada salam dari calon mertua juga……. #Abaikan

Fitur

Kegunaan atau fungsi utama yang ditawarkan dari perangkat kecil ini tentu saja adalah untuk memberikan koneksi internet kepada beberapa perangkat wireless lain seperti smartphone, tablet dan laptop melalui pancaran WiFi. Jadi seperti kita pake tethering WiFi di hape Android gitu.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Android Sebagai Modem WiFi

Bedanya, perangkat ini tidak memiliki fungsi atau fitur lain layaknya sebuah ponsel, sehingga tentu saja kita tidak bisa menggunakannya untuk menelpon, SMS, atau yang lainnya. Desain dari Andromax M2s ini cukup minimalis, dengan interface yang juga sederhana. Di bagian depannya terdapat 3 buah lampu indikator untuk menunjukkan kekuatan signal/jaringan, indikator WiFi dan juga indikator baterai. Lalu dibawahnya terdapat tulisan Andromax M2s. Di bagian sisi-sisi nya terdapat slot kartu SIM, port microUSB, dan juga tombol power.

Pengalaman menggunakan Andromax M2sAsiknya, saat pembelian perangkat ini kita sudah langsung bisa menggunakannya untuk berselancar di dunia maya karena harga yang dibanderol untuk perangkat ini sudah termasuk bonus internet sebesar 4.5 GB (1.5 GB kuota utama + 3 GB internet malam) yang berlaku selama 7 hari. Sekarang kita masuk ke pembahasan soal kelebihan dan kekurangannya, dan akan mimin mulai dari sisi kelebihannya terlebih dahulu.

Kelebihan Andromax M2s

Ukuran

Awalnya, mimin mengira bahwa perangkat ini bakal memiliki fisik yang lebih besar dari MiFi yang mimin miliki sebelumnya, namun ternyata ukurannya lebih kecil dari yang mimin duga! Ukurannya yang mungil, sekitar 7 x 7cm itu juga nyaman di genggam dan memiliki bobot yang bisa dibilang sangat ringan, sehingga akan sangat mudah untuk dibawa-bawa.

Dukungan Aplikasi

Perangkat yang diproduksi oleh LG Innotek ini juga sudah memiliki dukungan aplikasi bernama Mylink M2s yang akan memudahkan pengguna untuk melihat status-status dari Andromax M2s, mulai dari kekuatan signal, baterai, hingga berapa banyak kuota data yang telah kita gunakan.

Aplikasi MyLink M2sKita bahkan juga bisa melihat berapa banyak perangkat yang telah terhubung dengan WiFi portable ini. Selain itu, ia juga memiliki fitur-fitur lain yang cukup lengkap yang memungkinkan kita untuk melakukan berbagai setting termasuk membatasi jumlah pengguna yang diperbolehkan, mengganti password WiFi, dan juga menu pembelian paket. Sayang, sepertinya menu yang terakhir mimin sebutkan tersebut tidak akan terlalu berguna. Kenapa? Nanti mimin bahas dibawah yaa.

Menggunakan Modem WiFi Andromax M2sBeli Paket Tanpa Ribet

Kamu tak perlu repot-repot lagi untuk memilih atau mendaftar paket internet, karena ketika kamu mengisi pulsa di nomor yang kamu gunakan pada Andromax M2s, maka secara otomatis pulsa tersebut akan berubah menjadi WarGreymon kuota internet. Jadi misalnya nih, kalau kamu isi pulsa 100 ribu, maka kamu bakal mendapat kuota utama 5GB plus 12GB internet malam. Artinya kamu mesti isi pulsa langsung “bulat-bulat”, tidak boleh dipisah-pisah karena nanti paketnya bakal beda kalau kamu membelinya secara bertahap (supaya dapat paket 5GB, harus isi pulsa langsung 100 ribu, tidak boleh 50 ribu + 50 ribu).

Daya Tahan Baterai & Maximal User

Nah, dua hal ini nih yang menurut mimin menjadi poin kelebihan utama yang dimiliki oleh Andromax M2s, setidaknya jika dibandingkan dengan mini router mimin sebelumnya. Meskipun kecil dan ringan, ternyata dia mampu bertahan untuk diajak internetan dalam waktu yang lama loh! Saat mimin coba untuk pemakaian dengan 5 buah perangkat yang terhubung sekaligus, kekuatan signal sedang-kuat (indikator lampu hijau dan kadang biru), ia mampu bertahan hingga 10 jam lamanya. Iya, beneran 10 jam!

Ini jelas jauh lebih kuat dari MiFi yang mimin gunakan sebelumnya yang hanya mampu bertahan hingga mentok 4.5 jam saja ketika terhubung dengan 5 perangkat sekaligus. Mungkin karena ketiadaan layar LCD kali ya, jadi baterainya lebih hemat dan suhu nya pun lebih adem. Selain itu memang kapasitas baterai dari Andromax M2s ini cukup besar yakni 2000 mAh.

Tapi ingat, daya tahan baterai ini tergantung dari seberapa berat kamu menggunakannya dan seberapa baik jaringan yang didapatkan oleh perangkat ini. Asiknya lagi, WiFi portable ini juga mendukung untuk user yang lebih banyak yakni hingga 15 user secara bersamaan. Cocok banget untuk kita yang punya banyak gadget!

Kekurangan Andromax M2s

Baterai Tidak Bisa Dilepas

Akan lebih baik jika MiFi ini dapat digunakan dalam “AC Mode”, jadi perangkat dinyalakan atau diaktifkan menggunakan daya listrik dari charger tanpa menggunakan baterai. Hal ini tentunya agak kita bisa menjaga masa pakai baterai ketika menggunakannya dalam waktu yang lama. Tapi sebenarnya itu bukanlah sebuah masalah yang berarti selama baterai masih bisa mengisi ketika di charge meskipun dalam keadaan aktif.

Interface Terlalu Sederhana

Tampilan-tampilan indikator yang dimilikinya mimin rasa terlalu sederhana. Terdapat 3 warna yang ditampilkan olehnya untuk menunjukkan status, yakni warna biru untuk “kuat”, hijau untuk “sedang” dan merah untuk “lemah”. Yang mimin sayangkan adalah soal indikator baterai yang kurang informatif. Misalnya ketika baterai mulai lemah, tidak ada tanda-tanda seperti indikator baterai yang berkedip-kedip ataupun suara tertentu yang mengisyaratkan.

Pada aplikasi yang dimilikinya pun tidak menunjukkan presentase baterai, sehingga kita tidak bisa memperkirakan berapa lama sekiranya perangkat masih bisa menyala. Namun sepertinya minimnya fitur indikator tersebut memang sengaja dibuat demikian demi menghemat biaya produksi serta untuk mengoptimalkan kinerja pada baterai. Tapi setidaknya, mimin rasa Smartfren harus melakukan update pada apps nya untuk memberikan status presentase baterai, plus perbaikan tampilan karena mimin menilai tampilannya agak sedikit berantakan.

Pilihan Paket Internet Sangat Terbatas

Yang terakhir adalah pilihan paket yang ditawarkan mimin rasa sangat terbatas. Tidak ada pilihan paket lain seperti misalnya paket True Unlimited untuk perangkat ini, yang mimin rasa sangat diperlukan bagi beberapa pengguna atau aktivis internet garis keras (((((GARIS KERAS))))). Pulsa yang kita belikan akan langsung di convert menjadi paket internet, sesuai dengan nilai yang sudah di banderol.

Tapi sebaliknya, keterbatasan ini justru membuatnya jadi lebih praktis sehingga kita tidak perlu lagi repot mendaftar paket internet yang ada.

Akhir Kata…

Pengalaman menggunakan Andromax M2sSecara keseluruhan, mimin puas sekali ketika menggunakan Andromax M2s. Meski baterainya tidak bisa dilepas, toh ia memiliki daya tahan baterai yang kuat hingga 10 jam, lebih dari cukup buat mereka yang doyan ngebolang seperti mimin. Kabar baiknya lagi, ia masih mampu beroperasi dengan normal ketika diaktifkan sambil charging, hal yang tidak mimin temukan pada MiFi yang mimin miliki sebelumnya. Sehingga ketika baterai sudah habis, mimin hanya perlu menggunakan powerbank untuk menambah waktu bekerjanya.

BACA JUGA : Review ZenPower, Powerbank Handal Dari ASUS

Ukuran yang kecil serta bobot yang ringan pun semakin mendukung untuk urusan mobilitas. Hanya sayangnya, indikator yang kurang informatif khususnya pada indikator baterai membuat kita agak kesulitan untuk mengira-ngira berapa lama ia akan bertahan. Nah mungkin segitu aja ya untuk review kali ini. Kalau ada pertanyaan, langsung aja tinggalkan komentar.

Konon kabarnya, perangkat ini cukup sulit ditemukan di pasaran. Dan jika kamu juga kesulitan untuk mendapatkannya di wilayahmu, kamu bisa coba untuk membelinya melalui link (tombol) yang sudah mimin sediakan pada bagian bawah tulisan ini. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

Cek Harga Andromax M2s Disini

221 COMMENTS

  1. Dari pagi M3Y sy tidak terkoneksi ke internet. Padahal lampu indikator sudah biru utk 4G, dan cek di aplikasi MYLINK M3y, koneksi sudah 4G LTE. problem dimana ya?
    Trims

  2. Masih beruntung membeli MiFi DULU kalau saat ini malah tidak perlu beli MiFi tapi beli KUOTA 30GB MiFi malah gratis kalau bulan Sep dapatnya masi h kompli tapi sekarang minus KEPALA CHARGER sesuai pemberitahuan di KOTAK MiFi

  3. Kok M2S saya tadi pagi indikatornya nyala terus tiba2 lampu indikatornya mati terus di hp muncul wifinya tapi kok gak bisa kesambung ya? Emang itu kelemahan M2S ya gan?

  4. Kak, mifi itu boleh gak sih dinyalakan 24 jam? Soal nya aku gak mengaktifkan paketan di hp, jadi aku langsung beli mifi n paketan disitu aja,,
    Tapi klo mifi nya jalan terus 24 x 7 hari ad kendalanya gak ya kira kira??

    • Aku juga pakenya 24 jam kok, Kak 😀

      Kendalanya yaa paling di baterai, jadi lebih cepet kembung. Soalnya biasanya kalo aku MiFi nya diaktifkan sambil di charge (kalo lagi dirumah). Sekarang udah hampir setaun, dan baterai mulai ada tanda-tanda membengkak sedikit, dan ada penurunan performa baterai, meskipun masih bisa dibilang lumayan baik sih

  5. Saya coba untuk ganti kartu baru tapi kenapa gak bisa yah? Apa modem dilocked jadi gak bisa dipakai seandainya kartu diganti, mohon infonya. Thanks

    • Sebaiknya sih dinyalain, Kak. Aku belum pernah isi pulsa dalam keadaan MiFi mati, takutnya yaa nggak masuk 🙂

      Coba di restart beberapa kali, Kak. Atau bisa tanya ke Smartfren langsung via twitter @SmartfrenCare siapa tau mereka bisa bantu 🙂

  6. Min kenapa m3z ku indikator sinyal nya jadi merah terus.setelah aku ganti pake kartu baru?(kartu barunya juga smartfren padahal)

LEAVE A REPLY