Smartfren Andromax M3Y, Mobile WiFi Bertenaga Besar

Smartfren Andromax M3Y, Mobile WiFi Bertenaga Besar [Review]

6728
8
SHARE

Smartfren Andromax M3Y, Mobile WiFi Bertenaga Besar [Review] – Setelah sekitar dua minggu lamanya, akhirnya mimin sempat juga untuk menuliskan review tentang salah satu seri MiFi terbaru (di tahun 2016) dari Smartfren ini. Agak lama, ya? Yaa maklum, mimin kan ingin mencicipinya lebih lama, supaya bisa menemukan apa aja sih kelebihan dan kekurangannya?

Oke, mungkin mimin nggak akan berpanjang-lebar karena tulisan ini sendiri mungkin bakal agak panjang. Jadi, langsung aja yaa, inilah review mimin Techijau.com mengenai MiFi Andromax M3Y yang mimin buat berdasarkan pengalaman menggunakannya selama beberapa minggu.

Unboxing

Awalnya mimin pensaran, kenapa banderol harga dari Andromax M3Y ini sama dengan Andromax M2s (yang juga pernah mimin review sebelumnya) atau MiFi lain dari Smartfren dari generasi sebelumnya? Padahal kalau dilihat sepintas, jelas fitur dari Andromax M3Y lebih unggul dibandingkan Andromax M2s. Dan ternyata, mimin baru tau alasannya setelah melihat isi dari paket penjualannya.

Isi kotak paket penjualan Andromax M3YSebentar, ini kok ada yang kurang ya? Adaptor charger nya nggak ada! Awalnya mimin pikir kalau ada kesalahan dari paket penjualan dari unit yang mimin beli ini. Tapi ternyata setelah di teliti, terdapat keterangan bahwa di dalam dus tersebut memang tidak disediakan adaptor charger, sehingga kita harus membelinya secara terpisah, atau bisa menggunakan adaptor charger dari hape kita, atau perangkat lainnya.

“Oh, pantes harganya sama seperti Andromax M2s..”

Iya, dalam dus nya tersebut kita akan menemukan satu unit MiFi beserta baterai, buku panduan singkat, kartu garansi, serta kabel USB yang tak ditemani oleh adaptor charger. Oiya, kebetulan mimin belinya ini pada masa promo, dimana mimin juga mendapatkan paket internet sebesar 30 GB, dengan rincian 18 GB kuota utama, plus 12 GB kuota bonus yang keduanya bisa digunakan 24 jam penuh yang memiliki masa aktif (kurang dari) sebulan. Jadi, kalau kamu beli ini juga, kamu mesti cek dulu yaa masa aktifnya. Caranya? Bisa kamu intip di postingan dibawah ini.

BACA JUGA : Cara Cek Kuota MiFi Andromax M3Y

Fitur

Fitur utama dari perangkat ini sepertinya sudah pada tau yaa, yakni untuk membagikan koneksi internet 4G LTE pada perangkat lain melalui koneksi WiFi. Penjelasan lebih lanjut, bisa kamu intip di halaman apa fungsi MiFi. Kesan pertama ketika pertama kali memegangnya tuh, perangkat ini terasa sedikit lebih berat dan padat kalau dibandingkan dengan Andromax M2s. Tapi, desainnya nampak lebih menarik dengan penempatan interface yang difokuskan di bagian tengah.

Pengalaman menggunakan Andromax M3YDi bagian sekeliling lingkaran itu terdapat empat buah lampu indikator yang nampak menarik ketika baru dinyalakan. Masing-masing adalah indikator kekuatan sinyal, indikator WPS aktif/tidak aktif, indikator WiFi dan juga indikator baterai.

Keempat lampu ini hanya akan menyala bersamaan sekali saja, kemudian nanti hanya indikator lampu baterainya saja yang berkedip-kedip. Untuk melihat status dari MiFi ini sendiri, kita hanya perlu menekan tombol power sekali saja, dengan rincian keterangan sebagai berikut :

  • Biru : Baterai penuh / WiFi aktif / Kekuatan sinyal bagus / WPS aktif
  • Hijau : Baterai sedang / WiFi – / Kekuatan sinyal sedang / WPS –
  • Merah : Baterai lemah / WiFi – / Kekuatan sinyal lemah / WPS –
  • Merah Berkedip Cepat : Baterai hampir habis / WiFi – / SIM card tidak terdeteksi / WPS –

Selain tombol power yang berada di bagian depan, perangkat ini juga memiliki tombol WPS yang diletakkan di sebelah kanan. Lalu dibagian bawah ada slot microUSB untuk melakukan charging. Bagian belakangnya hanya terdapat cover untuk membuka dan melepas baterai, serta memasukkan SIM card dan juga microSD card. Oiya, kalau kamu belum paham mengenai fitur WPS pada perangkat ini, mimin akan buatkan bahasan khususnya yaa.

BACA JUGA : Apa Fungsi Tombol WPS Pada MiFi Andromax?

Jangkauan WiFi yang diberikannya bisa dibilang cukup luas. Mimin coba meletakkannya sekitar 9 meter dari hape yang mimin gunakan, dan indikator sinyal WiFi yang ditangkap oleh hape mimin masih menunjukkan 2 bar, dengan catatan terdapat setidaknya dua tembok dengan pintu terbuka yang menghalangi antara MiFi dan hape yang mimin gunakan.

Jadi, kalau digunakan di tempat terbuka, seharusnya bisa lebih luas lagi jangkauannya. Tangkapan sinyal dari perangkat ini juga cukup bagus dan terasa sedikit lebih adem daripada Andromax M2s (diletakkan di area terbuka).

Kelebihan Andromax M3Y

Hadirnya Fitur WPS

Hadirnya tombol WPS pada MiFi ini jelas memberikan sedikit nilai tambah, karena akan lebih mempermudah kita sebagai pengguna ketika ingin menghubungkan perangkat yang kita punya dengan MiFi Andromax M3Y melalui koneksi WiFi yang bisa dilakukan dengan mengklik tombol WPS nya.

Sehingga, kita tak perlu lagi mengetikkan password WiFi, dan sang pemilik MiFi pun tak perlu mengumumkan password yang digunakan kepada teman yang mungkin ingin bergabung untuk menggunakan MiFi tersebut. Penjelasan lebih lengkap mengenai WPS sudah mimin sertakan pada link diatas yaa.

Dukungan Aplikasi

Seperti biasa, Smartfren juga telah menyiapkan aplikasi khusus bernama MyLink M3Y untuk dapat melakukan berbagai pengaturan termasuk mengubah password, melihat sisa kuota dan masa aktif, hingga melakukan settingan lain termasuk untuk membatasi jumlah user yang dapat terkoneksi ke Andromax M3Y melalui WiFi.

Melihat sisa kuota Andromax M3YTampilannya pun nampak lebih modern dan bersih jika dibandingkan dengan apps MyLink untuk perangkat MiFi generasi sebelumnya. Cara untuk menggunakan apps ini sudah mimin bahas pada posting dibawah ini yaa.

BACA JUGA : Cara Menggunakan MyLink M3Y Untuk Mengecek Kuota

Dilengkapi microSD

Perangkat yang diproduksi oleh Haier ini juga telah dilengkapi dengan slot microSD. Fungsinya? Yaa sebagai tempat penyimpanan data 😀

Kelebihan kekurangan Smartfren Andromax M3YJadi, dengan adanya slot microSD ini, kita bisa memanfaatkan Andromax M3Y sebagai “cloud storage”, sehingga urusan sharing file antara satu perangkat ke perangkat lain pun bisa dilakukan dengan lebih cepat. Namun untuk bisa membuka slot microSD nya itu ternyata sedikit agak sulit. Kita mesti menggeser lempengan logam pembatasnya itu dengan sedikit lebih keras namun hati-hati ke arah luar (bukan ke arah tengah).

BACA JUGA : Cara Memanfaatkan Slot MicroSD Pada MiFi Andromax

Beli Paket Tanpa Ribet

Secara default, perangkat ini telah di bundling dengan kartu smartfren yang sudah di daftarkan menggunakan paket Connex Evo. Pilihan paket tersebut akan mempermudah kita, dimana kita hanya perlu untuk mengisi ulang pulsa, lalu pulsanya akan secara otomatis berubah menjadi kuota paket data. Daftar harga dari paket tersebut sudah mimin bahas pada posting dibawah ini :

BACA JUGA : Cara Mengisi Ulaing Kuota MiFi Smartfren Andromax

Oia, kalau kamu bertanya apakah Andromax M3Y bisa menggunakan kartu SIM lain (selain Smartfren) atau tidak, jawabannya adalah tidak, yaa. Karena perangkat ini tuh memang perangkat bundling, jadi yaa dikunci supaya hanya bisa pakai kartu Smartfren.

Daya Tahan Baterai

Nah, ini nih yang jadi nilai plus utama dari Andromax M3Y. Dalam percobaan mimin untuk terkoneksi dengan 3 perangkat sekaligus, kondisi sinyal cukup (warna hijau), dan tidak digunakan untuk mobiling (diam di tempat), mini Router ini mampu beroperasi selama 15 setengah jam! Jadi yaa cukup banget deh untuk kamu yang perlu membawanya untuk menunjang aktivitasmu seharian!

Tapi, lamanya daya tahan baterai itu bisa berbeda-beda yaa, tergantung keadaannya. Yaa jelas lama, kapasitas baterainya aja 3000 mAh! Tapi konsekuensinya, ukuran fisik dari perangkat ini jadi lebih besar dan tebal dibandingkan MiFi Smartfren generasi sebelumnya, dengan dimensi 87 x 72 x 15mm.

Untuk mengisi ulang daya baterai yang besar dari perangkat ini, kita membutuhkan waktu kira-kira 4 setengah jam jika menggunakan charger bawaan MiFi Andromax M2s (output 1A), atau 3 jam kurang jika menggunakan charger dengan output 2A. Oiya, Andromax M3Y bisa digunakan atau diaktifkan ketika sedang di charge. Tapiii….

Mimin menemukan sedikit error, dimana saat diaktifkan sambil di charge, dan indikator baterai sudah berwarna biru (penuh), ketika mimin cabut dan matikan, lalu dinyalakan lagi, ternyata baterainya hanya terisi sekitar setengahnya saja (berwarna hijau). Entah ini punya mimin doang, atau yang lain juga seperti itu, mimin tak tau.

Maximal User

Mini WiFi hotspot portable ini mampu terhubung hingga ke 32 perangkat yang berbeda, dengan rincian 31 perangkat terhubung via WiFi, dan 1 perangkat terhubung via USB (seperti sedang menggunakan modem “tradisional” pada PC).

Dukungan koneksi yang banyak begitu buat apa? Yaa siapa tau kamu adalah tipe orang yang tiap bulan beli hape baru, jadi yaa semua hapemu bisa terkoneksi bersamaan dengan Andromax M3Y. Atau mungkin, kamu mau bermurah hati untuk memberikan akses internet untuk teman-teman sekantor yang sedang ngumpul di rumah melalui koneksi WiFi yang dimilikinya.

Tapi, mimin nggak yakin kalo kamu bakal rela buat bagi-bagi se-gila itu. Wkwkwkwkwkwk 😀 Oiya, by the way, kamu bisa kok melakukan setting untuk membatasi berapa jumlah perangkat yang bisa terhubung ke MiFi ini. Tinggal utak atik aja WiFi setting nya. Tapi awas, jangan salah pencet yaa 😀

Kekurangan Andromax M3Y

Tidak Bisa Digunakan Tanpa Baterai

Meskipun kita bisa mengaktifkannya sambil charging, ternyata ia tidak bisa menyala ketika baterainya dilepas dan dihubungkan ke charger. Dan menurut mimin, ini adalah sebuah kekurangan karena mimin lebih sering menggunakannya di rumah saja.

Kenapa hal ini menjadi penting? Karena kalau mimin menggunakannya terus-menerus sambil dalam keadaan di charge, dikhawatirkan baterai dari perangkat ini akan cepat kembung alias rusak. Tapi untungnya, baterai dari MiFi ini mampu standby dalam waktu yang sangat lama, sehingga kita bisa mengandalkan baterai selama menggunakannya di pagi hingga malam hari tanpa di charge.

BACA JUGA : Apa Penyebab Baterai Cepat Kembung?

Paket Penjualan Tidak Menyertakan Adaptor Charger

Bagi mereka yang punya adaptor charger “cadangan”, mungkin hal ini takkan menjadi masalah. Tapi, kalau tidak punya, ketiadaan adaptor charger ini pastinya akan sedikit merepotkan ketika harus mengisi ulang daya baterai dari MiFi dan hape secara bersamaan.

Tapi yaa maklum sih yaa, mungkin hal ini sengaja dilakukan untuk menekan harga jual agar bisa tetap murah.

Interface (Masih) Sederhana

Ketika dinyalakan, perangkat hanya akan menampilkan indikator baterai saja. Yaa, mimin rasa hal ini sudah cukup informatif sehingga pengguna bisa tau apakah daya baterai masih bisa digunakan lebih lama lagi atau tidak, tanpa harus menekan tombol seperti pada Andromax M2s.

Tampilan pada aplikasinya pun nampak lebih rapi, namun mimin masih merasa ada sedikit kekurangan yakni pada bagian persentase baterai yang ternyata masih belum dapat ditampilkan pada aplikasinya. Oke, mungkin indikator baterai yang selalu berkedip pada perangkat sudah cukup untuk menginformasikan kekuatan baterai, namun akan lebih baik rasanya jika persentase baterainya turut ditampilkan pada aplikasi MyLink M3Y agar pengguna dapat memperkirakan lama waktu penggunaannya dengan lebih akurat.

Lalu kekurangan juga mimin temukan pada tampilan dari menu WiFi storage. Gambar yang disimpan disana ternyata hanya menampilkan nama file dan tidak menampilkan thumbnail (gambar preview), sehingga pengguna mungkin akan sedikit kesulitan untuk mengetahui gambar apa yang telah ia simpan disana karena seringkali, pengguna belum sempat untuk melakukan rename pada file gambar.

Sehingga, kita harus repot-repot untuk membuka gambarnya satu-persatu untuk mengetahui gambar apa saja yang telah disimpan disana.

Akhir Kata…

Review Smartfren Andromax M3YDiluar dari kendala soal ketiadaan adaptor charger dan tampilan WiFi storage yang masih kurang informatif, mimin sangat puas sekali ketika menggunakan MiFi Smartfren Andromax M3Y.

Daya tahan baterai yang amat sangat tangguh, jelas dapat sangat diandalkan khususnya bagi mereka yang sering mobiling. Mimin pun juga tak perlu khawatir soal daya tahan baterainya ketika harus ngebolang. Toh kalaupun kehabisan baterai, ia masih bisa diaktifkan sambil di charge dengan PowerBank.

BACA JUGA : Review ASUS ZenPower Pro, PowerBank Dengan Quick Charging

Apalagi dengan hadirnya fitur WiFi storage (penyimpanan microSD pada Andromax M3Y) menurut mimin akan sangat bermanfaat untuk urusan backup foto ketika sedang ngebolang alias berwisata, sehingga kita tak perlu mengkhawatirkan soal sisa ruang penyimpanan pada hape, seperti yang pernah mimin alami beberapa bulan yang lalu.

Plus, dukungan jaringan 4G LTE Smartfren yang ternyata sangat luas juga sangat membantu kita ketika harus terkoneksi dengan internet di tempat-tempat wisata. Berdasarkan pengalaman mimin, dari semua tempat wisata yang pernah mimin kunjungi di area Bali (tempat mimin tinggal sekarang), hanya sebagian kecil saja yang belum terjamah oleh jaringan Smartfren.

Oke deh, mungkin segitu aja yaa review dari mimin tentang pengalaman menggunakan MiFi Smartfren Andromax M3Y. Silakan jelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Mau tanya-tanya? Langsung tinggalin komentar aja. Semoga bermanfaat! 😀

8 COMMENTS

  1. Apakah kecepatannya sama? Saya coba kenapa buat download file 400Mb butuh waktu 2jam y? Padahal jika menggunakan mifi m2s tidak sampai setengah jam

  2. The M3Y is a bad device! I have bee using M2S for quite some time which is an ok device, with the m2s my speed was 10mbit down 2mbit up. With the m3y the speed is 0.8 mbit down and 0.1 mbit up. I am very disapointed with this new generation of crap! when i take out my sime and put in the Bolt orion i get 15 mbit speed with my friends m2s its still around 10mbit down and 2 mbit up!

    DO NOT BUY M3Y!!

  3. Mau nanya dong, ane kebetulan dapat laptop dan mifi Andromax m3y awalnya sih biasa aja pas di pakai tapi hari ini tiba tiba mifi nya ngga connect connect, dan lampu indikator sinyal yg paling atas warna merah terus pas nanya ke spg Smartfren katanya masa aktif aktif nya abis trus langsung di isi ulang pulsa tp sampai Sekarang masih tetap nyala warna merah dan ngga bisa di pakai, itu kenapa ya?

  4. Sudah coba berkali kali masuk ke mylink nya tdk bisa karna itu indikator sinyal nya warna merah jadi hanya terhubung saja ngga bisa di gunain

    • Yaa berarti mungkin emang nggak keisi tuh pulsanya. Atau, bisa coba cek kartu SIM nya, udah bener belum posisinya? Kalo emang masih error juga, coba tanyain lagi ke gallery smartfren nya.

LEAVE A REPLY