Samsung Galaxy Note7 Diperkenalkan, Apa Aja Sih Yang Baru?

Samsung Galaxy Note7 Diperkenalkan, Apa Aja Sih Yang Baru?

714
0
SHARE

Samsung Galaxy Note7 Diperkenalkan, Apa Aja Sih Yang Baru? – Persis seperti apa yang dirumorkan sebelumnya, akhirnya pada tanggal 2 Agustus 2016 kemarin, Samsung secara resmi memperkenalkan Galaxy Note7 pada event Samsung Galaxy Unpacked 2016. Dan mimin yakin, sebagian dari kalian pasti penasaran soal fitur baru apa saja yang dibawa oleh perangkat ini, bukan?

Spesifikasi samsung galaxy note 7Samsung masih mempertahankan layar seluas 5.7 inch untuk perangkat ini. Bedanya, kali ini Samsung menerapkan fitur edge screen (layar melengkung di bagian sisi kiri dan kanan) seperti halnya yang dimiliki oleh Galaxy S7 Edge. Pembaruan desain ini jelas akan sangat membedakannya dengan pendahulunya yakni Galaxy Note5 yang masih mengusung layar datar. Oiya, buat kamu yang belum tau kenapa Samsung tidak menamainya sebagai Galaxy Note6, kamu bisa baca tulisan ini dulu yaa.

Selain dari sisi layar, salah satu fitur utama yang menjadi faktor yang membedakannya dari Galaxy Note generasi sebelumnya adalah kemampuan tahan air dan debu bersertifikasi IP68, yang artinya ia akan sanggup bertahan dibawah air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit, dan sekaligus juga menjadi yang pertama dari semua seri Galaxy Note yang sudah beredar. S Pen yang dimilikinya pun juga memiliki kemampuan yang sama.

Fitur tahan air Samsung Galaxy Note 7Menariknya, kita masih dapat mengoperasikan S Pen untuk membuat catatan pada Galaxy Note7 meskipun kita berada di dalam air. Masih soal S Pen, aksesori khas dari Galaxy Note series ini juga turut diperbarui untuk dapat memberikan pengalaman yang lebih baik ketika digunakan. Samsung menjanjikan sebuah pengalaman seperti menggunakan ballpoint ketika menggunakan aksesori ini.

Secara fisik, S Pen baru ini mungkin nampak tak jauh beda dengan milik pendahulunya. Ia lebih pendek sekitar 2mm dari S Pen milik Note5. Namun jika dilihat lebih jauh, ujung dari sylus baru ini juga hanya memiliki ketebalan 0.7mm, lebih tipis dari S Pen sebelumnya untuk memberikan pengalaman membuat catatan yang lebih akurat, seperti sedang menggunakan pulpen pada kertas.

Bedanya S Pen Galaxy Note5 dengan Note7Meminjam fitur dari Galaxy S7 series, Note7 juga memiliki fitur Always On Display, yang artinya ia akan tetap menyala meski sedang tidak digunakan. Layar akan terus menyala untuk menampilkan beberapa informasi seperti jam, atau notifikasi. Nah dengan fitur ini, pengguna juga bisa menampilkan pesan yang dibuat menggunakan fitur Screen off memo, sehingga pengguna tak lagi harus menyalakan perangkat hanya untuk melihat ataupun membuat catatan.

Tentu saja, fitur tersebut sangat terbantu berkat penggunaan layar Super AMOLED beresolusi WQHD yang dimilikinya. Layar yang dimilikinya itu mempunyai fitur HDR, sebuah fitur yang biasa ditemukan pada TV 4K yang memungkinkan layar untuk menampilkan warna yang lebih kaya serta kontras yang lebih tinggi.

BACA JUGA : Perbedaan Layar HD, FHD, dan QHD

Hal baru lain bisa kita temukan pada sisi keamanan. Tak hanya berbekal sensor sidik jari, tetapi perangkat ini juga telah dibekali dengan fitur iris scanner. Lalu ia juga sudah mendukung port USB Type-C, sekaligus menjadi smartphone Samsung pertama yang mendukung port tersebut. Tak ketinggalan fitur USB On-the-go, dan Quick charging (dan wireless quick charging) akan siap mengisi daya dari baterai berkapasitas 3500 mAh nya dengan cepat.

Fitur iris scanner Samsung Galaxy Note7Beralih ke kamera, di bagian belakangnya memiliki resolusi 12 megapixel dengan fitur dual-pixel yang mirip seperti yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S7, lengkap dengan spesifikasi lain termasuk aperture f/1.7, dan juga OIS sensor dan bisa merekam video beresolusi 2160p. Sementara di bagian depan, ia juga memiliki resolusi kamera 5 megapixel yang juga persis seperti milik Galaxy S7.

BACA JUGA : Apa Itu Aperture Pada Kamera?

Sementara untuk mendukung performa, ia juga mengusung spek yang mirip dengan Galaxy S7, termasuk penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 820 atau Exynos 8890 (tergantung pasar), RAM 4 GB, kapasitas penyimpanan 64 GB, serta slot microSD. Ya, kapasitas RAM nya ini sekaligus juga menepis rumor sebelumnya yang menyebutkan bahwa Note7 akan mengusung RAM 6 GB.

Tak disebutkan apakah perangkat ini juga akan tersedia dalam varian lain yang memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar / lebih kecil. Nah, di Indonesia sendiri, Samsung Galaxy Note7 sudah bisa dilakukan mulai tanggal 5 Agustus 2016 yang kabarnya bakal dibanderol dengan harga Rp 10.777.000. Kamu bisa melihat detail spesifikasi lengkapnya di halaman ini.

Cek Halaman Pre Order

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY