Samsung Galaxy Note 3 “Mencurangi” Benchmark Untuk Dapatkan Nilai Tinggi

Samsung Galaxy Note 3 “Mencurangi” Benchmark Untuk Dapatkan Nilai Tinggi

243
0
SHARE
Samsung Galaxy Note 3 “Mencurangi” Benchmark Untuk Dapatkan Nilai Tinggi – Sebuah performa sebuah gadget baik smartphone, maupun PC tablet biasanya bisa diukur dengan menggunakan sebuah aplikasi benchmark sehingga kita dapat membandingkan kemampuan antara satu perangkat dengan perangkat lain. Biasanya orang – orang menggunakan aplikasi macam ini untuk menunjukkan pada teman – teman mereka seberapa hebat perangkat yang mereka gunakan karena semakin baik nilai benchmark pada perangkat maka akan memiliki “nilai gengsi” yang lebih tinggi.
Tentu secara tidak langsung hal ini juga akan mempengaruhi angka penjualan dari perangkat yang bersangkutan meskipun nilai benchmark BUKANLAH PATOKAN UTAMA bagi performa dari sebuah smartphone. Kekuatan dari nilai gengsi ini sepertinya ingin dimanfaatkan Samsung untuk menunjukkan bahwa perangkat mereka memiliki kemampuan yang jauh diatas lawan – lawannya dengan “mencurangi” nilai benchmark pada perangkat andalan mereka, yakni Galaxy Note 3. Perlu diketahui bahwa ini bukanlah kali pertama Samsung melakukannya karena sebelumnya Galaxy S4 juga diketahui melakukan hal yang sama.
Dikutip dari situs teknologi Arstechnica, saat membandingkan score dari Note 3 dengan LG G2 (yang sama – sama menggunakan prosesor Snapdragon 800 SoC) nampak perbedaan yang sangat jauh antara keduanya. Tentu ini langsung menimbulkan kecurigaan mengingat Samsung pernah mencurangi hasil benchmark sebelumnya. Dan benar saja, ketika mereka mengganti nama aplikasi benchmark yang mereka gunakan (Geekbench menjadi Stealthbenh) mereka menemukan bahwa nilai benchmark dari Note 3 tidak jauh beda dengan nilai milik LG G2 meskipun Note 3 tetap sedikit lebih unggul.
Hasil benchmark Samsung Galaxy Note 3
Hal ini disebabkan karena Samsung menyematkan beberapa kode khusus pada perangkat lunak yang digunakan Note 3 untuk meningkatkan performa CPU maupun GPU saat mereka digunakan untuk menjalankan aplikasi benchmark populer.
Nampak nama nama apps benchmark dalam kode
Sehingga saat menggunakan aplikasi benchmark lainnya, Note 3 akan berjalan normal. Untuk itu janganlah terlalu percaya pada hasil benchmark suatu perangkat karena memang hal itu bukanlah sebuah patokan utama.

Referensi artikel dan sumber gambar : Arstechnica

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY