Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Dengan Samsung Galaxy Note 5?

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Dengan Samsung Galaxy Note 5?

6981
0
SHARE
Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Dengan Samsung Galaxy Note 5? – Pertanyaan macam ini sempat terlintas di pikiran saya ketika menyaksikan video acara launching dari Samsung Galaxy Note 5 pada event yang bertajuk Samsung Unpacked 2015 yang berlangsung di Amerika Serikat pada 13 Agustus 2015 waktu setempat. Perangkat smartphone iconic dari Samsung ini memang sudah sangat dinantikan kehadirannya oleh para pecinta produk berteknologi tinggi.
Terang saja, ditengah banyaknya pilihan smartphone yang beredar saat ini, Galaxy Note series memang selalu menawarkan hal yang berbeda yang membuatnya memiliki satu keistimewaan tersendiri sehingga memungkinkan pengguna untuk memaksimalkan potensi yang ada pada smartphone tersebut. Seperti yang kita tau, smartphone bukan lagi merupakan sebuah gaya hidup melainkan sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat. Ia merupakan sebuah “teknologi” yang sering kali menemani keseharian kita baik sekedar untuk hiburan, alat komunikasi hingga digunakan untuk membantu produktivitas.

Smartphone itu sudah seperti sahabat karib, kemanapun dengan aktivitas apapun selalu diajak bersama..

Khusus untuk poin yang terakhir yakni produktivitas, bisa dibilang Galaxy Note series merupakan pelopor untuk kelas smartphone. Maka jangan heran jika ia sering kali digunakan oleh banyak pengusaha atau entrepreneur serta orang-orang yang berjiwa kreatif untuk menemani kesehariannya. Hal inilah yang membuat banyak orang termasuk saya sendiri merasa sangat antusias untuk menantikan kehadiran dari Samsung Galaxy Note 5. Tentu kalian juga penasaran soal hal baru apa saja yang diusung oleh perangkat terbaru dari Samsung ini bukan?
Iya nih, emang apa aja sih keunggulannya?

Dalam event yang diselenggarakan di kota New York tersebut, JK Shin, President & CEO dari Samsung Electronics menceritakan soal bagaimana Samsung telah menawarkan produk smartphone yang lebih baik dengan dihadirkannya Samsung Galaxy Note generasi pertama. Dan seiring berjalannya waktu, perangkat iconic tersebut terus mengalami evolusi hingga generasi yang ke 5 ini dihadirkan.

Dari segi fisik saja kita tentu sudah bisa membedakan antara Samsung Galaxy Note 5 dengan perangkat generasi sebelumnya. Yup, tidak ada lagi plastik yang sering kali dijadikan bahan cibiran oleh beberapa pihak. Pada smartphone terbarunya ini nampaknya Samsung ingin memberikan sesuatu yang benar-benar baru sehingga akan menghadirkan kesan yang berbeda dibandingkan dengan Galaxy Note seri sebelumnya. Lebih stylish, elegan serta fisik yang lebih kecil meski tetap mengusung layar dengan ukuran yang sama yakni 5.7 inch.

Ia memiliki frame atau rangka berbahan logam yang kuat namun ringan serta dilapisi dengan kaca tahan gores dari Corning Gorilla Glass 4 di bagian depan dan belakangnya sehingga menambah kesan mewah pada perangkat ini. Tidak lupa Samsung juga telah memberikan beberapa peningkatan untuk memberikan performa yang lebih baik.

Mengusung salah satu processor tercepat saat ini yakni Exynos 7420 plus dukungan RAM LPDDR4 berkapasitas 4 GB, urusan multitasking bukanlah menjadi masalah yang berarti bagi Samsung Galaxy Note 5. Kemampuan multitasking memang menjadi salah satu andalan dari perangkat dengan CPU Octa-core ini. Seperti yang kita tau, terkadang memang kita perlu untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam waktu bersamaan, dan hal itu akan sangat membebani RAM. Maka dengan dukungan hardware dan software yang ada akan sangat memungkinkan bagi pengguna untuk berpindah aplikasi dengan lebih cepat dan responsif.

Membaca dan membalas email klien, berdiskusi dengan rekan kerja di chat group, mengambil foto dokumen, mengedit dan menyimpannya di cloud storage, semuanya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Bahkan kita dapat membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar dengan fitur Multi Window yang dimilikinya. Fitur ini akan saya bahas dibawah yaa.

Ganti desain sama spesifikasi doank? Kurang greget ah..
Eits, bentar dulu! Kalian wajib lanjut baca tulisan ini sampai habis sebelum memberi penilaian!

Memang, kurang lengkap rasanya jika perangkat dengan spesifikasi tinggi namun hanya memiliki fitur yang itu-itu saja. Seperti punya sayap tapi gak bisa move on terbang gitu deh. Tentu kita sudah tau bahwa Samsung Galaxy Note series merupakan smartphone dengan fitur paling kaya yang pernah ada, dan di generasi yang terbaru ini bahkan Samsung telah melakukan berbagai peningkatan dari fitur yang dimiliki serta menyematkan beberapa fitur baru di dalamnya. Apa sajakah itu?

1. S-Pen
Iya, bukan Galaxy Note namanya jika tidak memiliki S-Pen. Stylus khusus ini tidak hanya berfungsi sebagai alat navigasi biasa, tetapi juga memiliki fitur-fitur khusus yang membuat perangkat ini memiliki ciri khas nya sendiri. Aksesori bawaan ini dapat digunakan untuk mengaktifkan Air Command yang membawa beberapa fitur seperti Action Memo, Smart Select, Screen Write atau S Note yang terbukti mampu mendukung produktivitas dan kreativitas.
Kita dapat melakukan screenshot, memberikan beberapa catatan atau anotasi lainnya dan mengirimkan kepada teman atau menyimpannya sebagai catatan. Bahkan kita bisa mengedit sebuah file berbentuk PDF, memberi coretan (semisal tanda tangan) dan menyimpannya kembali untuk kemudian dicetak apabila diperlukan. Tak perlu repot berurusan dengan kertas yang menumpuk dan menunggu untuk ditandatangani bukan? Masih kurang greget? Tenang, Samsung Galaxy Note 5 punya fitur baru lain yang disebut sebagai Screen off memo.
Wah apaan tuh screen off memo?
Screen off memo
Fitur ini memungkinkan kita untuk menulis langsung atau membuat catatan pada layar bahkan ketika layar sedang dalam keadaan mati. Ini merupakan sebuah fitur yang menurut saya paling menarik dan sangat membantu bagi pengguna. Mencatat nomor telepon penting, mencatat jadwal pertandingan club favorit, hingga menuliskan catatan kecil untuk menuangkan ide yang bisa datang kapan saja.
Kita tidak perlu repot untuk membuka kunci layar dan membuka sebuah aplikasi untuk membuat catatan. Cukup gunakan S Pen dan tuliskan apa yang kita mau pada layar. Tak perlu lagi mencari-cari lembaran kertas kosong untuk menuliskan inspirasi yang terlitas di benak kita. Menuangkan ide tak pernah semudah ini!
Widih asik banget! Cocok banget tuh buat yang berjiwa kreatif kaya aku!
2. Multi Window
Pernah tidak kalian merasa harus membuka dua aplikasi secara bersamaan? Untuk membaca petunjuk jalan dari teman sambil membaca peta misalnya? Tentu akan cukup merepotkan ya jika kita harus membuka satu apps lalu menutupnya kembali untuk membuka apps yang lainnya. Tetapi hal ini tidak akan menjadi masalah lagi karena kita bisa memanfaatkan ukuran layar Samsung Galaxy Note 5 yang besar serta tentu saja dengan dukungan software yang dimilikinya sehingga memungkinkannya untuk membuka 2 aplikasi dalam satu layar secara bersamaan dengan fitur Multi window seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.
Resolusi layar Quad HD yang sangat tajam akan sangat terasa manfaatnya ketika kita menggunakan fitur ini karena gambar dan tulisan yang ditampilkan pada layar masih terlihat jelas dan tajam meski telah diperkecil untuk memberikan ruang ketika membuka aplikasi lainnya.
Bisa gitu ya? Keren banget! Lanjut min, lanjut..
3. Sidesync
Nah yang satu ini juga salah satu fitur yang menurut saya sangat bermanfaat. Fitur sidesync memungkinkan kita untuk melakukan screen mirroring dari smartphone ke perangkat laptop kita melalui konektifitas Wi-Fi. Jadi ketika terdapat notifikasi yang masuk ke perangkat (misalnya SMS), kita bisa melihat atau membuka notifikasi tersebut langsung dari layar laptop tanpa harus mengalihkan pandangan dan mengambil smartphone yang biasanya akan membuyarkan konsentrasi. Hebatnya lagi, kita bisa dengan mudah melakukan transfer data antar perangkat melalui fitur ini. Segalanya jadi lebih mudah dan praktis.
4. (Bonus) Scrolling capture
Apa itu scrolling capture? Ini adalah fitur baru yang merupakan sebuah terobosan unik yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Note 5. Mengambil screenshot mungkin sudah biasa kita lakukan ketika kita menemukan hal yang penting atau menarik, seperti misalnya artikel di satu website atau petunjuk arah yang ditunjukkan oleh aplikasi Google Maps. Namun terkadang artikel atau petunjuk arah tersebut bisa sangat panjang hingga satu tangkapan layar saja tidak akan cukup untuk menampung semua poin penting yang ada.
Nah dengan adanya fitur scrolling capture, kita dapat melakukan screenshot secara beruntun yang kemudian dijadikan satu sehingga memungkinkan kita untuk menyimpan tangkapan layar di seluruh halaman. Jadi tidak ada lagi poin penting yang terlewatkan dalam screenshot yang kita simpan. Inilah alasan kenapa saya sematkan kata “bonus” untuk fitur ini, karena sering kali dianggap sepele namun sebenarnya dapat sangat membantu pada keadaan tertentu. Mungkin inilah wujud nyata bagaimana Samsung mendengar keluhan-keluhan dari konsumennya hingga dapat menyajikan satu inovasi yang sederhana, namun sangat bermanfaat.
Tidak perlu lagi menyimpan banyak screenshot 😀
Iya tuh, kadang kan kita bingung buat nyari referensi yang kita capture gara-gara kebanyakan nyimpen screenshot. Kalo dijadikan satu begini, jadi lebih praktis yaa..
Eh tapi soal hiburan gimana min? Aku kan juga butuh hiburan buat sehari-hari kalo lagi suntuk
Nah ini, untuk daily usage alias pemakaian sehari-hari pun si ponsel cerdas ini juga tetap bisa jadi pilihan yang asik kok. Kurang apa coba? Speknya yang tinggi sudah pasti tidak akan malu-malu untuk diajak bermain game. Layar lebar dengan resolusi super tingginya tentu tidak akan sungkan untuk menyajikan konten berupa foto atau video, apalagi teknologi layar Super AMOLED dari Samsung sudah sangat dikenal karena mampu menampilkan warna dengan saturasi yang baik.
Dan selain soal produktivitas dan kreativitas, bagi saya ada satu hal lain yang tidak kalah pentingnya yaitu soal kamera. Kebetulan, saya adalah penggemar fotografi dan harus diakui bahwa mengambil foto melalui ponsel memang jauh lebih praktis dan cepat karena kita tidak bisa menenteng kamera setiap saat bukan? Maka saya rasa kemampuan kamera yang mumpuni juga sangat penting untuk dimiliki oleh sebuah smartphone karena menjadi salah satu pertimbangan utama saya untuk memilih sebuah smartphone.

Sebagian dari kalian mungkin akan beranggapan bahwa kamera dengan megapixel lebih besar akan dapat menghasilkan gambar yang lebih baik. Hal itu tidak sepenuhnya benar karena ada banyak sekali faktor yang berpengaruh pada bagus tidaknya hasil foto seperti misalnya kecerahan yang tepat, ketajaman, warna dan tentu saja kreatifitas dari kita untuk menangkap momen dalam foto. Nah pada Samsung Galaxy Note 5 terdapat fitur-fitur yang akan membantu menunjang semua poin yang saya sebutkan tadi, diantaranya adalah sebagai berikut :

Resolusi 16 Megapixel

Resolusi kamera yang besar memungkinkan kita menangkap gambar dengan detail yang lebih tajam. Resolusi yang dimilikinya ini akan membuat hasil foto kita masih terlihat tajam ketika kita melakukan zoom atau cropping gambar.

Quick launch

Ingatlah bahwa momen menarik bisa saja terjadi di waktu yang tak terduga. Dan dengan fitur quick launch, kita akan dapat mengaktifkan kamera pada Samsung Galaxy Note 5 dari halaman manapun dalam waktu yang amat singkat hanya dengan menekan tombol home sebanyak dua kali. Ini akan mempermudah kita untuk mengabadikan momen-momen berharga dan unik yang kita temui.

Aktifitas casual photo pun jadi semakin mudah. Mau lihat hasil foto lain dari smartphone ini? Ini dia beberapa sample nya.

Klik untuk memperbesar yaa..

Live broadcast / streaming

Hihi, foto kelinci itu imut banget ya? 😀 Selain dapat diaktifkan dalam sekejap, kamera dari perangkat ini juga memiliki satu fitur canggih lain yang memungkinkan kita untuk melakukan live streaming ke channel youtube yang kita miliki. Iya, kalian tidak salah baca! Kita bisa membuat video live streaming kita sendiri dan bisa mengundang teman yang ada di kontak kita untuk menyaksikan live broadcast yang kita buat atau membiarkannya ditampilkan untuk umum agar semua orang bisa menyaksikan “siaran langsung” di channel youtube yang kita miliki.

Aperture besar (f/1.9)

Beralih ke soal hardware. Ya, peningkatan bukan hanya dari sisi fitur pada software tetapi juga meliputi hardware dari kamera yang dimiliki. Samsung Galaxy Note 5 mengusung bukaan diafragma atau aperture yang lebih besar dari seri sebelumnya yakni f/1.9. Keuntungannya? Dengan bukaan lensa yang lebih besar, maka akan memungkinkan semakin banyak cahaya yang akan masuk ke sensor sehingga akan lebih baik ketika digunakan untuk mengambil foto pada keadaan pencahayaan yang minim. Selain itu, efek blur atau Depth of Field dari foto yang diambil dalam jarak dekat akan semakin kuat sehingga akan membuat foto akan nampak lebih dramatis.

Smart OIS (Optical Image Stabilization)

Kalau fitur yang satu ini fungsinya untuk mengurangi efek goncangan ketika kita mengambil foto sehingga gambar akan nampak lebih tajam.

VDIS

VDIS adalah software untuk meningkatkan kestabilan video dan merupakan singkatan dari Video Digital Image Stabilization yang fungsinya untuk mengurangi efek goncangan ketika sedang merekam video. Jadi perpaduan antara OIS dengan VDIS akan menghasilkan hasil rekaman video yang lebih smooth dan minim goncangan dan tidak ada lagi efek “gempa bumi” ketika sedang merekam video. 😀

4K Video

Masih berkaitan soal video, kamera 16 megapixel yang dimiliki oleh ponsel cerdas ini sudah mampu merekam video dengan resolusi 4K yang super besar dan tajam.

Auto Real time HDR

Adalah fitur yang akan menampilkan preview gambar HDR yang akan diambil sehingga kita bisa tau seperti apa foto itu akan terlihat agar kita bisa menghindari kesalahan exposure. HDR sendiri fungsinya adalah untuk menyeimbangkan sisi gelap dan sisi terang pada foto agar seluruh objek yang ada di foto dapat terlihat jelas.

Pro mode (Manual setting)

Nah yang satu ini adalah fitur yang paling menarik bagi saya, dan saya yakin para penggemar fotografi juga akan sangat menyukai fitur yang satu ini. Kita dapat melakukan setting foto secara manual agar dapat menghasilkan foto yang lebih kreatif dan indah. Pengaturan disini termasuk setting ISO yang berkisar antara 50 hingga 800 dan juga shutter speed yang berkisar antara 1/24000 detik hingga 10 detik. Fungsi dari pengaturan ini adalah agar kita mampu menangkap foto yang unik seperti pada gambar dibawah ini.

Contoh foto yang diambil dengan Samsung Galaxy Note 5 tersebut menggunakan pengaturan shutter speed yang lambat (4 detik) sehingga dapat menampilkan efek cahaya lampu yang berjalan dan membentuk garis atau biasa disebut sebagai light trail.

Waaaahh keren banget min!

(Bonus) Menyimpan foto dalam format RAW

Eits, itu belum semuanya loh! Selain dapat menghasilkan foto yang cantik dan kreatif, kamera dari smartphone besutan raksasa elektronik asal Korea Selatan ini juga sudah mendukung untuk menyimpan foto dalam format RAW. Dengan format ini, kita bisa lebih leluasa ketika melakukan pengeditan foto. Hal yang pastinya akan disukai oleh pecinta fotografi seperti saya 😀

Asik banget yaa. Kalo kamera depannya gimana min?

Oh iya hampir lupa :D. Samsung juga telah menyematkan kamera depan beresolusi 5 megapixel di bagian depan untuk kalian yang gemar berfoto selfie. Kamera ini memiliki sudut yang luas (Wide angle) yakni hingga 120 derajat, dan juga sudah terdapat fitur Auto Real time HDR. Ada juga fitur filter bawaan agar foto yang kamu ambil dapat tampil lebih menarik.

Waah itu yang selfie cantik-cantik amat yaa..

Haha dasar.. Yaudah kita lanjut ke bahasan selanjutnya yuk!

Salah satu hal yang paling menyebalkan bagi para pengguna gadget adalah momen ketika smartphone kita mengalami low level battery alias baterai yang habis karena itu artinya kita harus meninggalkan perangkat kita untuk proses charging. Biasanya proses charging ini akan memakan cukup banyak waktu sehingga terkadang kita harus meninggalkan perangkat kita ketika ada urusan penting yang mengharuskan kita untuk pergi.

Nah jika kita menggunakan Samsung Galaxy Note 5, momen lowbat bukan lagi sebuah mimpi buruk karena ia sudah dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup besar yakni 3000 mAh untuk menemani keseharian. Tapi bagaimana jika ternyata baterai habis lebih cepat karena penggunaan berat? Tenang, Samsung sudah menyematkan fitur Ultra Fast charging yang akan memungkinkan pengisian baterai dengan lebih cepat. Luangkan waktu 10 menit untuk melakukan charging, dan smartphone mu akan siap digunakan kembali selama kurang lebih 4 jam pemakaian!

Dalam acara Samsung Unpacked 2015, Justin Denison yang merupakan Vice President, Product strategy & Marketing Samsung Amerika menjelaskan bahwa Samsung bahkan telah menerapkan teknologi Wireless charging (pengisian ulang tanpa kabel) yang lebih baik lagi, yang mana mereka telah mencoba menggabungkan fitur fast charging dengan wireless charging menjadi Fast Wireless Charging.

Seperti yang kita tau, mengisi baterai dengan metode Wireless charging biasa akan memakan waktu lebih lama dibanding dengan metode normal (dengan menggunakan kabel). Sedangkan teknologi charging terbaru ini memungkinkan pengguna Samsung Galaxy Note 5 untuk melakukan charging yang lebih cepat hingga 30% (atau kurang lebih 1 jam) dibanding dengan menggunakan metode charging dengan kabel pada umumnya (tanpa fast charging). Hanya butuh waktu 2 jam untuk mengisi baterai dari 0 hingga 100% menggunakan metode Fast Wireless charging ini.

Tidak sempat untuk menunggu charging? Tenang, ada dua pilihan aksesori khusus yang bisa kita padukan dengan perangkat ini yakni External battery pack alias Powerbank dan juga Wireless charger pack. External battery pack yang memiliki desain elegan ini juga sudah mengusung fitur fast charge, sehingga akan mempersingkat waktu charging. Sedangkan Wireless charger pack menawarkan energi ekstra yang praktis, dimana kita hanya perlu memasangnya di bagian belakang perangkat seperti memasang hardcase. Energi tambahan yang bebas ribet ya? 😀

Seriusan tuh ngecas hape tinggal dipasang kaya gitu? Makin canggih aja!

Hehehe, iya donk! Dengan segala fitur yang dimilikinya maka rasanya tidak mengherankan bukan jika banyak orang termasuk saya sendiri sangat antusias untuk menantikan kehadirannya?

Untuk mendukung produktivitas, oke! Untuk kreatifitas, asik! Untuk keseharian, bisa! Untuk hiburan, tidak masalah!

Bila ditengok lebih jauh, sebenarnya masih ada banyak lagi beberapa fitur lain yang tak kalah menarik dibanding dengan fitur-fitur yang sudah disebutkan diatas. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Ultra power saving mode, untuk memperpanjang waktu standby perangkat
  • Scanner sidik jari, menawarkan sistem keamanan yang lebih ketat untuk membuka kunci layar, otorisasi saat ingin login ke akun tertentu dan juga untuk sistem keamanan ketika melakukan pembayaran menggunakan fitur Samsung Pay
  • Samsung Pay, fitur atau service yang memudahkan transaksi menggunakan kartu kredit atau kartu elektronik lainnya secara virtual menggunakan smartphone Samsung tertentu.
  • Sensor monitor detak jantung, untuk mendeteksi detak jantung kita ketika menggunakan aplikasi kesehatan seperti S Health. Untuk memperkirakan berapa kalori yang sudah terbakar ketika kita sedang berolahraga.
  • Konektivitas 4G LTE Cat. 9, konektivitas 4G yang memiliki tingkatan lebih tinggi
  • Memory USF 2.0 pada internal storage, memiliki kecepatan baca dan tulis data yang lebih cepat sehingga akan sangat menunjang performa perangkat
  • Themes, untuk mengganti tampilan yang ada pada perangkat. Tidak hanya mengganti wallpaper saja, tetapi juga turut mengganti icon-icon yang ada

Akhir kata. . .

Jadi sangat wajar rasanya jika begitu banyak pecinta gadget yang sangat menantikan hadirnya Samsung Galaxy Note 5 yang diperkenalkan pada event Samsung Unpacked 2015, mengingat smartphone ini memang sudah menjadi pelopor smartphone yang mendukung produktivitas dan kreativitas bahkan sejak generasi pertamanya dulu. Pembaruan-pembaruan serta inovasi yang disematkan juga sering kali membuat orang terkagum-kagum.

Nah bagi kalian pecinta gadget, saya sarankan untuk mengunjungi situs Galaxy Launch Pack dan lakukan subscribe untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai Samsung Galaxy Note 5. Oke, saya rasa sudah cukup untuk bahasan kali ini. Semoga bisa bermanfaat ya 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY