Samsung Made In Vietnam, Asli Atau Palsu?

Samsung Made In Vietnam, Asli Atau Palsu?

55375
98
SHARE
Samsung Made In Vietnam, Asli Atau Palsu? – Beberapa waktu lalu mimin mendapati beberapa pengguna yang bertanya soal keaslian perangkatnya. Mereka mulai mencurigai atau meragukan keaslian dari perangkatnya tersebut ketika mereka mengetahui atau membaca label “Made in (Nama Negara)” pada dus perangkatnya. Seperti salah seorang pengguna perangkat Samsung Galaxy yang tidak mimin sebutkan namanya ini misalnya, ia sempat mengemukakan pertanyaan seperti berikut:

Samsung yang asli itu “made in” mana sih? Kok punyaku Made in Vietnam ya? Itu asli gak?

Bagi pengguna awam, pertanyaan macam ini memang cukup sering diajukan. Tidak mengherankan karena pastilah mereka khawatir tentang keaslian atau mungkin kualitas produk yang telah mereka beli dan gunakan.

Nah disini, mimin akan coba untuk mengulas sedikit lebih jauh soal masalah “made in” tersebut agar kamu para pembaca bisa lebih memahami arti dari kata tersebut. Kata “made in” dalam bahasa Indonesia berarti “dibuat di”, sehingga jika terdapat tulisan semisal “Made in Vietnam” itu artinya barang tersebut dibuat di negara Vietnam.
Label produk made in China

Tapi bukankah Samsung berasal dari negara Korea Selatan? Ya memang benar, tapi produk yang mereka pasarkan akan dibuat di negara lain untuk lebih menghemat biaya produksi. Maksud kata “dibuat” disini sendiri artinya adalah diproses dan dirakit. Sehingga jika ada kata “Made in (Nama Negara)” itu berarti perangkat tersebut diproses dan dirakit di negara yang disebutkan pada label, namun tetap berada dibawah standar dari masing-masing vendor, dalam contoh ini adalah Samsung.


Jadi apakah perangkat Samsung Made in Vietnam itu asli? Bisa dikatakan demikian, karena semua spesifikasi komponen yang digunakan pastilah sama persis dengan standar Samsung, hanya saja proses perakitannya dilakukan di negara Vietnam. Tidak hanya Samsung, vendor-vendor besar dari negara lain pun juga demikian termasuk BlackBerry, ASUS, Apple dengan iPhone dan lainnya. Mereka menunjuk atau memilih tempat (negara) tertentu untuk proses merakit perangkatnya agar dapat menghemat biaya produksi.

Bayangkan saja jika iPhone dirakit langsung di Amerika, berapa banyak biaya yang mereka keluarkan hanya untuk menggaji karyawan di bagian produksi? Maka jangan heran jika produk-produk kelas atas memiliki label Made in China, Vietnam, atau bahkan mungkin Made in Indonesia. Lalu bagaimana soal kualitas?

Seperti yang sudah mimin sebutkan diatas, spesifikasi dari bahan yang digunakan pastilah sama dengan standar dari masing-masing vendor hanya saja tempat merakitnya saja yang berbeda. Proses perakitan itu pun harus dibawah standar yang ditentukan oleh vendor sehingga seharusnya kualitas dari produk yang dihasilkan kurang lebih sama. Jadi kamu jangan mudah percaya dengan rumor seperti ini:

Produk yang dirakit di negara “A” lebih bagus daripada produk yang dirakit di negara “B”.

Well, it’s totally a joke! So you don’t need to trust (itu hanyalah sebuah candaan, jadi kamu tidak perlu mempercayainya). Hehe, gaya ya pake bahasa Inggris segala? Iya, biar keliatan gaul. Jadi apakah kamu masih meragukan keaslian dari perangkatmu? –Β Techijau.com

98 COMMENTS

  1. Kak pandu mau tanya, saya rencana mau beli smsung c5 di salah satu toko online yg terpecaya di batam.
    Nah smsung tersebut rupanya made in korea selatan.
    Apakah nantinya klo bakalan resmi kluar di indo, samsung tipe korea dan indo sama.
    Terus apakah nantinya ada masalah dgn pembaharuan update rsmi nya ? Masalah settingan nya otomatis apa ad yg di ubah, karena belinya made in korea slatan.

    • Secara specs mungkin bakal beda ya, Kak. Soalnya, kadang tuh spesifikasi untuk pasar di negara A bakal beda dengan negara B, khususnya untuk urusan dukungan jaringan. Kalo soal pembaruan sistem, kurang tau yaa, itu tergantung tipe hapenya juga. Soal settingan juga paling cuma perlu ganti bahasa aja.

      Yang pasti, kemungkinan nanti bakal repot untuk urusan service kalo ternyata memang specs versi sana berbeda dengan yang versi Indonesia.

  2. Bang kita mw tnya.
    Kemaren abis ambil hp dri temen.
    Dya jual samsung note 4 made in vietnam. Tp kok ga bisa 4g ya ?
    Padahal kalo bener note 4 kn udah 4g ?

    • Pertama, pastikan dulu kalo emang hape itu diperuntukkan bagi pasar Indonesia. Kedua, pastikan frekuensi yang didukung oleh hape itu sesuai dengan frekuensi 4G yang ada di Indonesia. Kalo nggak sesuai, yaa nggak bisa konek. Ketiga, pastikan kartu SIM nya sudah pakai kartu khusus 4G

  3. Assalamualaikum saya mau tanya
    Saya ada samsung s7 vietnam tapi x ada fingerprint
    End dia cek imei keluarnya note 5b
    Menurut abang apa asli ??

    • “X” itu maksudnya nggak ada ya?

      Cek imei dimana? Jangan asal percaya karena emang kadang ngasal aja tuh situs situs tempat cek-cek imei. Mendingan, cek nya itu via aplikasi benchmark macem AnTuTu gitu, terus cek keterangan hardware, dan nomor model, apakah sama dengan aslinya atau nggak.

      Kalo Galaxy S7 sih harusnya yaa ada fingerprint. Kalo ternyata nggak ada, patut dicurigai banget tuh

  4. Mas ini aku beli j1 ace ve buindling smartfren tp os nya uda lollipop pdhl kn klo aku browsing via google msh kitkat y klo j1 tuh kira2 asliny emg uda lollipop ato uda di root ya

  5. Mas ini aku beli j1 ace ve buindling smartfren tp os nya uda lollipop pdhl kn klo aku browsing via google msh kitkat y klo j1 tuh kira2 asliny emg uda lollipop ato uda di root ya

  6. Kk mau nanya ni samsung j5 dari vietnam ori apa engga bg ,terus kelemahan nya apa ya ,soalnya saya dengar buqtan vietnam kualitas rendah

  7. Malem kak.. mau tanya gmn ya cara nya menghemat btre ny samsung s6 edge
    Cz boroooooooooos bget..
    Padahal haraga ponsel nya ya bisa terbilang tinggi makasi.

    • Penggunaannya gimana dulu, Kak? Kalo misal dipake game yaa jelas boroooooossss, karena hape ini kan powerful CPU nya.

      Tapi kalo misal cuma untuk keseharian biasa dan masih boros, mungkin ada sesuatu yang salah. Curiganya sih ada apps tertentu yang jalan di background. Coba di factory reset dulu aja, Kak (semua data bakal ilang, dan kita wajib ingat-ingat akun dan password Gmail yang saat ini kita gunakan di hape itu, soalnya kalau lupa, hapenya nggak bisa dipakai lagi).

      Kalau setelah factory reset masih boros juga, yaa nggak tau lagi deh. BTW, borosnya itu seberapa parah sih?

    • Kurang tau ya Kak untuk di pasar Indonesia dapet yang ada pelindung Gorilla Glass nya apa nggak. Soalnya denger-denger tergantung pasar, jadi ada yang pake ada yang nggak. Diatas kertas, J7 Prime sedikit lebih bagus di performa & layar lebih tajem, cuman J7 2016 jenis layarnya udah pake AMOLED. (Pasti jadi makin bingung dah πŸ˜› )

  8. misi,numpang nanya gan,
    saya kan baru beli hp bekas grand prime,saya nyari bahasa indonesianya kok tidak ada ya??trus nyari rom yg regional indonesia dapat,tapi fail terus gan kalau. diflashing padahal sudah 3 frimwere saya download, didusnya terlulis made in vietnam. apakkah memang tdk bisa gan di flashing. yg regional indonesia gan?? makasihh πŸ™‚

    • Jadi gini… Kebiasaannya Samsung itu, untuk pemasaran misalnya di negara A dengan negara B itu kadang spesifikasinya bisa beda. Jadi mungkin, hape yang Kakak beli itu bukan ditujukan untuk pasar Indonesia, sehingga spesifikasinya pun ada sedikit perbedaan dengan yang seharusnya dipasarkan di Indonesia. Makanya, kemungkinan dia nggak bisa di flashing dengan firmware Indonesia itu karena memang nggak cocok dengan spesifikasi yang ada.

      Mohon dikoreksi kalau salah πŸ™‚

  9. ass gan ..
    saya numpang nnyak , sya mau beli samsung A% bekas ,, cara ngecek samsung A5 asli sma replika gmna ya perbedaannya ? dan ada kodenya gg untuk bisa ngecek mana asli mana replika ??

    • Pertama cek fisik aja dulu, khususnya layar. Layarnya pake AMOLED. Nah cara paling gampang, liat ke layarnya kalo misal gap (jarak) antara panel AMOLED dengan kaca diatasnya terlalu jauh, kemungkinan itu palsu. Next, coba lihat layar dari sudut miring. Kalo masih keliatan jelas, kemungkinan asli.

      Terakhir, coba bawa ke area yang agak terang (kena sinar matahari tapi nggak langsung). Kalo layarnya nggak terlalu silau banget, kemungkinan asli.

      Untuk lebih meyakinkan, coba di factory reset dulu, terus cek pakai aplikasi AnTuTu Benchmark, cek di bagian “Info” (menu nya agak sembunyi biasanya). Nah disana kita bisa liat specs nya, dan cocokkan dengan specs asli yang tertera di website resmi πŸ™‚

  10. Banyak kekuranganny hp buatan vietnam khususnya hp grand prime yg beli di batam yg sy pakai hp cepat panas, hp ringan, hp juga lemot, jangkauan menerima wifi tidak jauh malah kalah dengan hp cina yang lain. Jadi saran sy jngn bli hp buatan vietnam yg dr batam. Mungkin keluhannya sama dengan yg dirasakan agan” yg sudah terlanjur dibeli!!

    • Eits, ntar dulu Kak! Hape sodara aku made in vietnam juga kok, tapi nggak ada masalah itu tuh..

      Jadi mungkin gini, itu bisa jadi barang rekondisi (atau bahkan mungkin beberapa komponennya diganti non ori) soalnya kadang emang ada pedagang nakal yang seperti itu πŸ™‚

LEAVE A REPLY