Samsung Mulai Membangun Smartphone Yang Bisa Dilipat?

Samsung Mulai Membangun Smartphone Yang Bisa Dilipat?

214
0
SHARE

Samsung Mulai Membangun Smartphone Yang Bisa Dilipat? – Ambisi Samsung untuk bisa membangun sebuah smartphone yang bisa dilipat nampaknya akan mulai mereka wujudkan dalam waktu dekat ini.

Ya, jika kita mengingat kembali, pada tahun 2015 lalu memang sempat beredar rumor bahwa Samsung akan mulai memperkenalkan smartphone pertama di dunia yang bisa dilipat pada tahun (2016) ini. Namun hingga saat ini, belum ada tanda-tanda bahwa hal tersebut akan benar-benar terjadi. Setidaknya, hingga akhir tahun nanti.

Lalu beredar kembali rumor bahwa perusahaan asal Korea Selatan ini sudah mulai menggarap ponsel yang bisa dilipat dengan kode nama “Project Valley” dan akan dipamerkan pada 2017 nanti. Namun kembali lagi, belum ada tanda-tanda atau bocoran apapun yang memperlihatkan seperti apakah perangkat tersebut akan terlihat.

Nah, setelah semua rumor tersebut, baru-baru ini akhirnya ada titik terang mengenai project smartphone yang menurut mimin cukup ambisius tersebut, mengingat hingga saat ini belum ada vendor lain yang nampak serius mengembangkan hal serupa.

Sebuah blog berbahasa Belanda telah memberikan atau membeberkan beberapa bocoran berupa gambar paten dari ponsel Samsung yang bisa dilipat.

Calon smartphone bisa dilipat SamsungDisana terlihat bahwa perangkat yang konon bakal diberi nama Galaxy X tersebut akan memiliki sebuah titik yang akan menjadi engsel atau titik dimana layarnya dapat dibengkokkan.

Rumor Samsung Galaxy XTak hanya dapat dibengkokkan saja, tetapi ia benar-benar akan dapat dilipat seperti pada gambar diatas. Nah dari sini juga terlihat bahwa perangkat ini akan memiliki bagian yang fleksibel di bagian tengahnya.

Gambar paten hape bisa dilipat SamsungSepintas, perangkat ini serupa dengan ponsel model flip. Bedanya, Galaxy X bakal memiliki satu panel besar yang bisa dilipat atau dibengkokkan.

Rumor hape Samsung bisa dilipatDan jika diperhatikan kembali Smartphone ini memiliki dimensi fisik dan layar yang lebih memanjang dibandingkan smartphone pada umumnya, yakni dengan aspect ratio sekitar 21:9.

Masih belum diketahui soal spesifikasi seperti apakah yang akan digunakan oleh perangkat ini. Namun yang jelas, besar kemungkinan bahwa ia akan menggunakan OS Android jika melihat dari penamaannya (Galaxy series merupakan seri gadget Android dari Samsung).

Ponsel yang bisa dibengkokkan memang sangat mungkin untuk diwujudkan jika melihat bahwa panel layar AMOLED yang biasa digunakan oleh Samsung (dan beberapa vendor lain) memang memiliki sifat fleksibel. Sifat fleksibel nya ini bisa kita temukan pada beberapa ponsel yang sudah dikeluarkan oleh Samsung seperti misalnya Galaxy S7 Edge, atau yang lainnya.

Namun masalahnya adalah, tentu komponen lain khususnya baterai juga harus dipikirkan karena pada umumnya, komponen elektronik tidak memiliki sifat fleksibel, sehingga akan sulit untuk membangun sebuah ponsel seperti pada konsep diatas.

Eits, sulit bukan berarti nggak bisa loh! Masih ingat dengan kabar bahwa Panasonic telah berhasil mengembangkan baterai fleksibel? Yap, baterai seperti itu jelas bakal sangat cocok jika diterapkan pada calon perangkat Samsung ini.

BACA JUGA : Panasonic Memperkenalkan Baterai Fleksibel

Tetapi belum ada kejelasan apakah Samsung akan menggunakan baterai hasil pengembangan Panasonic tersebut, atau memilih opsi lainnya. Hemm, kita tunggu aja deh perkembangannya 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY