Kenapa Samsung Z2 Tizen Tidak Ada PlayStore?

Kenapa Samsung Z2 Tizen Tidak Ada PlayStore?

6453
7
SHARE

Kenapa Samsung Z2 Tizen Tidak Ada PlayStore? – Salah satu hape yang sedang jadi perbincangan hangat di akhir tahun 2016 ini adalah Samsung Z2, sebuah smartphone yang sedang gencar di promosikan oleh Samsung melalui berbagai media.

Spesifikasi Samsung Z2Perangkat ini membidik kelas entry-level yang jelas, sangat mengandalkan harga murah (dibawah sejutaan) serta konektivitas 4G LTE sebagai daya tarik utamanya. Dan menurut mimin, Samsung Z2 merupakan alat bagi Samsung untuk memperkenalkan sistem operasi Tizen yang juga digunakan oleh perangkat ini.

Iya, ini OS nya Tizen loh, bukan Android. Nah bicara soal OS ini, beberapa waktu lalu ada salah satu pemilik Samsung Z2 yang bertanya seperti ini :

Kok Samsung Z2 nggak ada PlayStore nya sih? Terus bisa dipasangin PlayStore gak? Kalau bisa, bagaimana caranya?

Wah wah, sepertinya pertanyaan ini salah alamat karena mimin sendiri belum pernah mencoba Samsung Z2. Tapi, disini mimin akan coba bantu menjawab sedikit yaa, berdasarkan apa yang mimin tau. Jadi gini, gaes….

Seperti yang sudah mimin sebutkan diatas, Samsung Z2 itu menggunakan sistem operasi Tizen, yang merupakan OS hasil pengembangan dari Samsung sendiri, dan bukan menggunakan OS Android seperti yang digunakan oleh sebagian besar smartphone lainnya.

BACA JUGA : Spesifikasi Lengkap Samsung Z2

Sedangkan PlayStore adalah sebuah toko aplikasi resmi bagi semua perangkat yang menggunakan OS Android. Sehingga, sangat wajar jika ternyata kamu tak menemukan aplikasi PlayStore pada Samsung Z2 karena sekali lagi, ia tidak menggunakan OS Android.

Lalu, apakah bisa hape ini dipasangi aplikasi PlayStore? Jawabannya, ya jelas nggak bisa dong! Setidaknya, sampai saat tulisan ini dipublikasikan. Kalaupun bisa (karena di modding dsb), kemungkinan sih yaa bakalan ada kendala lain seperti misalnya soal kesesuaian aplikasi.

OS Tizen sendiri sebenarnya sudah mempunyai Tizen Store yang merupakan toko aplikasi resminya. Jadi, kalau kamu mau install aplikasi di hape Samsung Z2, kamu bisa mampir ke Tizen Store yang aplikasinya juga udah tersedia kok.

Di Tizen Store ini sebenarnya kita bisa menemukan cukup banyak aplikasi, mulai dari game, hingga aplikasi mainstream seperti YouTube, Instagram, WhatsApp, Facebook, dan LINE Messenger. Tapi sayangnya aplikasi mainstrean lain termasuk BBM ternyata belum tersedia untuk OS ini.

Oke, mungkin hal ini terbilang sepele yaa, tapi berdasarkan apa yang mimin lihat, apps BBM masih menjadi salah satu aplikasi favorit bagi para user smartphone. Sehingga ketiadaan apps ini bisa dianggap sebagai kekurangan yang sangat tidak bisa dimaafkan. #HalahLebay

Aplikasi BBMTapi kedepannya, kemungkinan untuk bisa menginstall aplikasi BBM untuk OS Tizen masih sangat besar, meskipun kita belum tau kapan hal itu akan terjadi. Yaa kalo itu sih tergantung si Samsung bisa ngerayu BlackBerry atau nggak? Kalo misal BlackBerry nya enggan untuk mengembangkan apps messenger andalannya itu untuk OS Tizen, maka yaa terpaksa user Samsung Z2 hanya bisa gigit jari.

Jadi, sepertinya sudah jelas yaa. Kalau misalnya kamu nggak mau nunggu kelamaan soal kehadiran BBM di hape ini, kamu bisa kok beralih ke hape lain yang pake OS Android. Di kisaran harga yang sama juga udah banyak tuh yang lumayan oke! Atau kalo kamu pengen yang dari brand Samsung juga, kamu bisa lirik Samsung Galaxy J1 Mini yang juga sudah pakai OS Android.

Oke, sekian dulu yaa. Silakan jelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

7 COMMENTS

  1. Saya pengguna samsung z2.sebenarnya nyesel karena app nya tdk sekumplit play store.tp mau gimana lg.kapan min,kr2 ada perbaikan pelayanan dr tizen store ya.

    • Nahhh, kalo itu sih cuma Samsung yang tau. Etapi kalo soal perbaikan dari segi jumlah aplikasi, tergantung dukungan dari developer juga deng (si pembuat aplikasi itu sendiri). Kalo developernya niat untuk main di Tizen OS, yaa aplikasinya bakal cepet bermunculan

  2. Kasih masukan ke RIM aja biar bikin BBM buat os Tizen.. Ke samsung develovernya jg kasih msukan via tizen community, biar di rilis BBM nya..

LEAVE A REPLY