TestDroid Software Untuk Menguji Aplikasi Di Perangkat Intel

TestDroid Software Untuk Menguji Aplikasi Di Perangkat Intel

402
0
SHARE
TestDroid Software Untuk Menguji Aplikasi Di Perangkat Intel – Dalam dunia komputer, prosesor dari Intel memang sudah sangat dikenal dan digunakan pada sebagian besar perangkat baik komputer maupun laptop dari berbagai merk. Namun kedigdayaan mereka itu tidak berlaku untuk perangkat mobile seperti smartphone dan PC Tablet yang saat ini masih dikuasai oleh Qualcomm dan MediaTek. Bahkan prosesor mereka masih kalah pamor dengan prosesor Exynos buatan Samsung.

Dukungan dari developer yang kurang plus masih minimnya perangkat yang menggunakan prosesor mereka pada perangkat mobile merupakan dua faktor utama yang selama ini menghambat “pertumbuhan” Intel di ranah perangkat mobile, padahal kedua faktor ini haruslah berjalan beriringan. Developer ingin aplikasinya dipakai oleh banyak orang sehingga mereka lebih mengutamakan untuk mengoptimalkannya pada perangkat (dengan prosesor) populer agar apps mereka mampu berjalan dengan baik, sedangkan vendor pembuat perangkat itu sendiri ingin agar perangkat buatan mereka mendapatkan dukungan dari para developer agar perangkatnya mampu menjalankan sebagian besar aplikasi yang ada sehingga mau tidak mau mereka akan mengikuti arus yakni dengan menggunakan prosesor yang populer digunakan oleh perangkat lain.

Sayangnya Intel terlambat menyadari betapa pentingnya pasar perangkat mobile bagi kelangsungan usaha mereka sehingga mereka harus berjuang sangat keras untuk menghadapi masalah tersebut. Ya, tidak banyak memang perangkat khususnya smartphone yang menggunakan prosesor Intel. Beberapa vendor pernah tercatat menggunakan prosesor mereka seperti Lenovo, Acer dan ASUS, namun dari kesemua vendor tersebut hanya ASUS yang mampu meraup sukses besar dengan jajaran produk Zenfone dan Fonepad yang mereka miliki.

Namun tentu Intel tak boleh terlalu bergantung dengan satu vendor saja, sehingga mereka harus mencari cara lain untuk “mengundang” para developer untuk mengoptimalkan aplikasi buatan mereka pada perangkat yang menggunakan Intel agar menarik minat para vendor pembuat smartphone lain untuk menggunakan prosesor mereka.

Belakangan ini diketahui bahwa Intel sedang gencar mempromosikan TestDroid, sebuah software gratis yang ditujukan untuk para developer agar mereka dapat mengoptimalkan aplikasi mereka pada perangkat Intel. Software ini akan berperan sebagai perangkat virtual sehingga developer dapat memanfaatkannya untuk menguji aplikasi mereka pada perangkat Intel tanpa harus memiliki (membeli) perangkat fisik. Menurut mimin usaha ini merupakan satu langkah yang tepat. Selain akan membantu menghemat pengeluaran dari para developer, software ini juga diklaim dapat menghemat waktu mereka karena mereka bisa menguji aplikasinya tersebut pada berbagai perangkat dengan ukuran layar yang berbeda-beda secara virtual.
Ditengah kesuksesan ASUS Zenfone yang juga akan menaikkan reputasi dari prosesor Intel di ranah smartphone seharusnya dukungan software ini akan mampu mendongkrak minat developer untuk membangun aplikasi mereka dan mengoptimalkan aplikasinya untuk perangkat berbasis Intel. Nah jika kamu adalah salah satu developer aplikasi untuk perangkat Android, kamu bisa mencoba aplikasi ini dengan mengunjungi software.intel.com dan ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan disana.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY