Cara Mengatasi Insufficient Charge Current Pada Android

Cara Mengatasi Insufficient Charge Current Pada Android

4233
0
SHARE
Cara Mengatasi Insufficient Charge Current Pada Android – Beberapa waktu lalu mimin sempat mendapati keluhan dari salah satu pengguna tablet dengan sistem operasi Android. Ia mengeluhkan bahwa setiap kali ia melakukan charging atau pengisian ulang baterai pada perangkatnya, baterai tersebut bukannya terisi (bertambah presentase baterainya) tapi malah berkurang. Ia juga menyebutkan bahwa sering kali muncul pemberitahuan yang bertuliskan “Insufficient Charge Current” atau mungkin jika dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah Pengisian Tidak Memadai.

Mimin sendiri belum pernah mengalami hal yang demikian, namun mimin mencoba memberikan beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Nah jika kamu adalah salah satu pengguna yang memiliki masalah yang sama, maka kamu wajib untuk membaca posting ini hingga akhir karena mimin akan membagikan beberapa tips yang bisa kamu gunakan sebagai solusi untuk mengatasi masalah ini.

Sebenarnya apa sih penyebab dari masalah tersebut? Berdasarkan pengakuan dari pengguna tersebut, mimin bisa menyimpulkan bahwa hal itu bisa terjadi karena:

1. Output Charger Terlalu Kecil

Output dari charger yang terlalu kecil bisa jadi adalah penyebab terjadinya masalah tersebut. Jika perangkatmu membutuhkan suplai daya yang besar (biasanya pada perangkat tablet) maka ia harus mendapatkan “aliran tambahan energi” yang lebih besar yang berasal dari charger agar ia dapat mengisi ulang baterai. Karena jika suplai energi dari charger ternyata lebih kecil daripada kebutuhan energi dari perangkat, maka yang terjadi adalah charger tidak mampu mengisi atau menambah presentase energi pada baterai perangkat.

Sama seperti tandon air (tempat menampung air) dimana jika kita tidak ingin air dalam tandon tersebut kosong maka kita harus menambahkan air dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan air yang dikeluarkan tandon tersebut.

Solusi : Gantilah charger mu dengan charger dengan output lebih besar. Biasanya hal ini tidak perlu dilakukan jika kamu menggunakan charger asli bawaan pabrik. Cara mengecek besaran output pada charger bisa kamu lihat pada kepala charger tersebut dimana biasanya akan tertera keterangan seperti ini: Output DC5V ~700mA. Nah jika mislanya chargermu memiliki besar output seperti contoh tersebut, maka coba gunakan charger dengan output lebih dari 700mA (bisa 1000mA atau lebih).

2. Kerusakan Pada Kabel Penghubung

Biasanya charger pada perangkat masa kini akan menggunakan kabel penghubung yang juga berfungsi sebagai kabel data (USB) dan dapat dilepas dengan mudah. Jika terdapat kerusakan pada kabel ini bukan tidak mungkin proses mengalirnya energi dari charger ke perangkat akan terhambat sehingga menyebabkan masalah pada proses charging atau pengisian daya baterai.

Solusi: Cobalah untuk mengganti kabel penghubung tersebut dengan yang baru atau kabel lain milik temanmu.

3. Bug Pada Perangkat

Jika kedua solusi diatas tidak bisa mengatasi masalah tersebut maka kemungkinan kerusakan terdapat pada perangkatmu. Entah itu dari segi hardware ataupun software.

Solusi: Kamu tetap bisa mencoba melakukan charging sambil mematikan perangkat agar baterai dapat terisi dengan normal. Kamu juga bisa mencoba untuk membawa perangkatmu ke service center terdekat untuk melakukan konsultasi serta perbaikan terhadap masalah dari perangkat yang bersangkutan.

Nah itulah beberapa solusi sederhana yang dapat kamu lakukan jika kamu mendapati masalah Insufficient Charge Current pada perangkat Android milikmu. Silahkan jelajahi blog Techijau untuk mendapatkan berbagai info menarik lain soal tips, trik, tutorial serta review terbaru tentang perangkat Android. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY