Sony Memperkenalkan Xperia XA Ultra, Smartphone Spesialis Selfie

Sony Memperkenalkan Xperia XA Ultra, Smartphone Spesialis Selfie

1136
0
SHARE

Sony Memperkenalkan Xperia XA Ultra, Smartphone Spesialis Selfie – Sony Xperia X series nampaknya benar-benar akan menjadi satu-satunya seri smartphone yang akan dirilis oleh Sony. Beberapa waktu lalu, sempat tersiar kabar bahwa selain Xperia Z series, Sony juga berencana untuk “mematikan” seri C dan seri M, yang mana ketiganya seri ini merupakan perangkat dengan target pasar yang berbeda-beda.

Sebagai gantinya, Sony akan memberikan nama Xperia X series pada seluruh jajaran smartphone yang dibesutnya. Dan benar saja, tak lama setelah kabar tersebut beredar, baru-baru ini Sony secara resmi memperkenalkan Xperia XA Ultra, sebuah smartphone (phablet) 6 inch dengan OS Android Marshmallow yang mengandalkan keunggulan pada kamera depan.

Sony Xperia XA UltraYap, itu artinya, Xperia C series yang sebelumnya menempati posisi ini sudah resmi digantikan oleh Xperia XA Ultra sebagai perangkat spesialis selfie. Perangkat ini mengusung desain yang sangat identik dengan Xperia C generasi sebelumnya (generasi yang terakhir), dimana ia mengusung layar besar dengan bagian tepi yang nyaris tanpa bezel dibagian kiri dan kanan layarnya.

Lalu dari segi spesifikasi, perangkat ini membawa chipset yang sama yang digunakan oleh Xperia XA yakni MediaTek Helio P10, hanya saja terdapat sedikit peningkatan di beberapa komponen lain termasuk layar yang diperbesar dan beresolusi lebih tajam (Full HD, dengan kepadatan pixel 367 ppi), RAM yang lebih besar (3 GB), serta penambahan frame metal.

Sebagai perangkat yang diposisikan untuk membidik pasar kelas menengah, nampaknya specs diatas sudah cukup menarik untuk dipertimbangkan. Yang menarik, kedua buah kamera yang terletak di bagian belakang dan depannya sama-sama diposisikan sebagai “kamera utama”, karena keduanya mempunyai fitur spesial untuk masing-masing penggunaannya.

Dimulai dari kamera belakang yang mempunyai resolusi 21.5 megapixel, dengan sensor Exmor RS berukuran 1/2.4 inch. Kamera ini didukung dengan fitur hybrid autofocus, dimana ia mengkombinasikan phase detection dan contrast detection autofocus, sehingga ia mampu menentukan fokus dengan lebih cepat.

Sementara itu, kamera depannya pun tak kalah menarik. Berbekal sensor Exmor R berukuran 1/2.6 inch dengan resolusi 16 megapixel, jelas ini akan sangat mendukung untuk berfoto selfie. Apalagi ia juga sudah dibekali dengan fitur OIS untuk mengurangi efek blur akibat guncangan, tentu ini merupakan kabar baik bagi para pecinta selfie.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa fitur OIS pada kamera depan smartphone hanya dimiliki oleh satu perangkat saja, yakni HTC 10. Dan kini, fitur itu tak lagi menjadi “eksklusif” di perangkat HTC karena Sony telah menghadirkannya pula pada Xperia XA Ultra. Tak lupa, LED flash juga sudah disematkan pada bagian depan untuk membantu pencahayaan ketika berfoto selfie di tempat yang minim cahaya.

BACA JUGA : Spesifikasi Lengkap Sony Xperia XA Ultra

Kabarnya, Sony berencana merilis perangkat ini secara global, meskipun belum diketahui berapa harga yang dibanderol untuk perangkat ini dan kapan ia akan resmi dipasarkan, khususnya di Indonesia.

SOURCEGSM Arena
SHARE
Previous articleLenovo Vibe C
Next articleXperia XA Ultra
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Sekedar ngasih tau aja sih :P

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY