Sony Memperkenalkan Xperia X Series, 3 Smartphone Dengan Layar 5 Inch

Sony Memperkenalkan Xperia X Series, 3 Smartphone Dengan Layar 5 Inch

7536
0
SHARE
Sony Memperkenalkan Xperia X Series, 3 Smartphone Dengan Layar 5 Inch – Ketika vendor lain berfokus pada perangkat phablet (smartphone dengan layar diatas 5 inch), Sony melakukan langkah yang sedikit berbeda dengan membidik segmen pasar smartphone 5 inch.
Sony Xperia X Series
Seperti yang kita ketahui, saat ini hampir semua smartphone yang mengusung layar 5 inch hanya ditempatkan sebagai smartphone kelas menengah saja. Dan pada event MWC 2016 kemarin, Sony memperkenalkan 3 smartphone sekaligus yang masuk dalam keluarga Xperia X series. Ketiga perangkat ini masing-masing adalah Xperia XA, Xperia X dan Xperia X Performance.

Xperia X

Xperia X merupakan varian “inti” dari ketiga smartphone di seri ini. Desainnya mirip seperti Xperia Z series, hanya saja kita tak akan menemukan panel kaca di bagian belakangnya. Panel tersebut digantikan oleh lapisan metal yang tetap akan memberikan kesan premium, dengan “rasa” yang mungkin sedikit berbeda.
Ia merupakan smartphone kelas menengah yang mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 650, RAM 3 GB, penyimpanan 32 GB (terdapat slot microSD) serta berjalan dengan sistem operasi Android v6.0 Marshmallow. Tentu saja, ia juga menggunakan custom UI khas Sony. Yang istimewa dari X series adalah dari sisi kamera, yang mana kamera utama yang memiliki resolusi 23 megapixel tersebut dapat diluncurkan dan langsung menangkap gambar hanya dalam waktu sekitar 0.6 detik saja!

BACA JUGA : Apa itu megapixel pada kamera?

Predictive Hybrid Autofocus
Kamera tersebut juga mengusung teknologi Predictive Hybrid Autofocus, yang memungkinkan kita untuk mengunci satu objek yang akan dijadikan fokus utama dan kamera akan melakukan tracking focus sehingga meminimalisir resiko blur ketika sedang membidik objek yang bergerak. Sementara di sisi depan, Sony telah menyematkan kamera beresolusi 13 megapixel yang jelas sangat cocok bagi kamu yang gemar berfoto selfie.
Sony juga menawarkan daya tahan baterai yang mumpuni (dari baterai yang hanya berkapasitas 2620 mAh) serta stereo speaker yang menjanjikan kualitas suara yang baik.

Xperia X Performance

Ini merupakan varian tertinggi dari Xperia X series. Berdasarkan pemberian namanya, sepertinya kita sudah tau bahwa ia pun juga akan mengusung performa yang lebih tinggi dari yang lainnya. Xperia X Perfoemance dibekali dengan chipset seri tertinggi dari Qualcomm yakni Snapdragon 820, dengan dukungan RAM 3 GB, kapasitas penyimpanan 32 GB serta berjalan dengan sistem operasi Android v6.0 Marshmallow. Hal lain yang membedakan varian ini dengan varian lainnya adalah ia juga telah dibekali dengan kemampuan tahan air dan debu (IP68).
Selain soal performa dan ketahanan (dan baterai), nampaknya perangkat ini tak jauh beda dari Xperia X. Mereka sama-sama mengusung layar 5 inch Triluminos beresolusi Full HD (441 ppi), kamera belakang dengan ukuran sensor 1/2.3 inch, aperture f/2.0 beresolusi 23 megapixel lengkap dengan fitur Predictive Hybrid Autofocus, kamera depan 13 megapixel, Hi-Res audio stereo speaker, serta sensor sidik jari yang terletak pada tombol power.

BACA JUGA : Apa itu aperture pada kamera?

Sedangkan untuk pemasok daya, Xperia X Performance dibekali dengan kapasitas baterai yang sedikit lebih besar dari adiknya, yakni 2700 mAh.

Xperia XA

Yang terakhir ini merupakan varian yang paling ramah kantong. Tidak mengusung body metal, tidak ada stereo speaker ataupun sensor sidik jari seperti 2 varian lainnya. Kamera yang diusungnya pun “hanya” beresolusi 13 megapixel di bagian belakang serta 8 megapixel di bagian depan.
Layar 5 inch Truluminos miliknya pun hanya beresolusi HD (294 ppi), meskipun mimin rasa resolusi tersebut tidaklah terlalu buruk. Di sisi performa, Xperia XA dibekali dengan chispet MediaTek MT6755 Octa-core, didukung dengan RAM 2 GB, kapasitas penyimpanan 16 GB (ada slot microSD) dan berjalan dengan sistem operasi Android v6.0 Marshmallow. Baterai yang diusungnya juga merupakan yang paling kecil dari semuanya, dengan hanya berkapasitas 2300 mAh saja.
Disini, Sony nampaknya berusaha mengejar ketertinggalan dengan memilih jalan yang berbeda. Dan mimin rasa langkah ini merupakan langkah yang cukup berani dan tepat, mengingat sangat sedikit sekali vendor smartphone yang membidik pasar kelas atas dengan smartphone 5 inch. Ditambah lagi Sony bahkan mengusung 3 andalan sekaligus dengan kelas yang berbeda-beda.
Mimin harap, ketiga smartphone dengan fitur yang cukup kompetitif ini juga akan di imbangi dengan harga yang kompetitif pula, agar persaingan smartphone menjadi semakin seru! Jadi, kamu pilih yang mana?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY