Sony Xperia X Premium Akan Mengusung Layar “HDR”?

Sony Xperia X Premium Akan Mengusung Layar “HDR”?

401
0
SHARE

Sony Xperia X Premium Akan Mengusung Layar “HDR”? – Pada ajang MWC 2016 yang berlangsung pada bulan Februari lalu, Sony secara resmi memperkenaklan 3 perangkat andalan baru mereka di lini produk Xperia X series. Belakangan diketahui bahwa kabarnya, Xperia X merupakan seri pengganti dari Xperia Z series yang artinya, Xperia Z5 merupakan seri terakhir dari Xperia Z.

Bicara soal Xperia X, baru-baru ini tersiar kabar bahwa Sony akan kembali merilis satu varian lain dari lini produk ini yang konon akan diberi nama Xperia X Premium, yang kemungkinan besar merupakan penerus dari Xperia Z5 Premium. Menurut sumber yang mimin baca, kabar ini datang dari sumber yang bisa dipercaya, sehingga kebenarannya bisa dipertanggung jawabkan.

Rumor kehadiran Xperia X PremiumSeperti yang kita tau, Sony Xperia Z5 Premium merupakan smartphone pertama di dunia yang memiliki layar beresolusi UHD (4K), yang menjadi fitur atau keistimewaan yang paling menonjol pada perangkat tersebut. Sedangkan pada Xperia X Premium nanti kabarnya juga akan memiliki keistimewaan di sisi layar, namun bukan dari segi resolusi, tetapi dari sisi kecerahan.

BACA JUGA : Perbedaan Layar HD, FHD, QHD dan UHD

Yap, perangkat ini digadang-gadang akan menjadi smartphone dengan layar paling cerah di dunia, dengan bentang layar 5.5 beresolusi 1920 x 1080 pixel (Full HD) yang didukung dengan fitur HDR pada layarnya. Dan artinya, ia juga akan menjadi smartphone pertama di dunia yang memiliki fitur HDR pada layarnya.

BACA JUGA : Apa Fungsi HDR Pada Kamera Smartphone?

Layar dari perangkat ini konon akan memiliki kecerahan 1000 nits, dengan kecerahan maksimal hingga 1300 nits. Sebagai perbandingan, Xiaomi Mi5 memiliki batas kecerahan hingga 600 nits saja, sedangkan Samsung Galaxy S7 memiliki kecerahan maksimum di angka 855 nits. Jelas, layar dengan kecerahan super tinggi ini akan memberikan keuntungan untuk memudahkan kita melihat konten pada layar meski dibawah sinar matahari.

Tak hanya itu, kabarnya, layar HDR 10-bit ini juga akan memiliki 1024 warna turunan dari 3 warna dasar yakni merah, hijau dan biru (RGB), jauh diatas layar perangkat lain yang hanya memiliki 256 warna turunan, yang artinya ia akan mampu menyajikan warna yang lebih kaya dan lebih nyata. Disebutkan pula bahwa layar yang memiliki kedalaman warna sebanyak 1.07 miliar warna tersebut mendukung refresh rate 120Hz, seperti yang biasa ditemukan pada TV UHD Premium.

Terlepas dari sisi layar, perangkat ini kabarnya akan mengusung spesifikasi yang serupa dengan Xperia X Performance, termasuk diantaranya penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 820, RAM 3 GB dan juga USB Type-C.

Belum ada kabar lain mengenai kapan sekiranya ia akan diperkenalkan secara resmi oleh Sony, namun nampaknya ia akan sangat menarik untuk dinantikan karena menawarkan sesuatu yang sedikit berbeda dari smartphone lain yang hanya mengandalkan performa.

UPDATE!

Setelah ditelusuri, ternyata kabar yang sudah disebutkan diatas merupakan kabar palsu alias hoax. Selengkapnya, silahkan baca pada halaman ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY