Syarat Minimal Hape Untuk Bisa Bermain Pokemon GO

Syarat Minimal Hape Untuk Bisa Bermain Pokemon GO

3590
4
SHARE

Syarat Minimal Hape Untuk Bisa Bermain Pokemon GO – Pokemon GO menjadi topik perbincangan utama, khususnya di dunia maya sesaat setelah ia secara resmi dirilis. Ya, kepopuleran serial anime Pokemon membuat banyak orang penasaran untuk memainkannya. Apalagi, ternyata game ini memang cukup asyik untuk dimainkan sehingga tidak sedikit yang kemudian tertular demam Pokemon GO ketika melihat begitu banyak screenshot dari para pemain yang memamerkan koleksi Pokemon nya di socmed.

Pokemon GO AndroidNamun sayang, sebagian orang mengaku tidak bisa menginstal game ini pada perangkat yang digunakannya (tidak kompatibel) karena memang ia memiliki syarat minimal tertentu pada perangkat untuk bisa memainkannya. Sehingga, meski mereka sudah memaksa untuk mengunduh file APK, aplikasi tetap tidak dapat terinstal pada perangkat tertentu.

Beberapa pembaca sempat menanyakan soal “Daftar hape apa aja sih yang bisa dipakai untuk bermain Pokemon GO?”. Nah daripada mimin harus menjelaskannya lagi dan lagi, maka kali ini mimin memutuskan untuk membuatkan posting yang akan membahas tentang syarat apa saja yang harus dipenuhi oleh pengguna untuk bisa memasang / install Pokemon GO pada perangkatnya yang mimin rangkum berdasarkan informasi dari web resminya, agar kamu bisa mencari sendiri smartphone yang sekiranya cocok karena mimin rasa akan terlalu banyak jika harus disebutkan satu persatu :

Untuk Perangkat Android

  • Perangkat berjalan dengan OS Android versi Kitkat, hingga Nougat (BACA : Urutan Tingkatan OS Android)
  • Minimal memiliki resolusi layar 1280 x 720 pixel / HD (BACA : Perbedaan Resolusi Layar HD, FHD & QHD), tidak di optimasi untuk tablet
  • Minimal RAM 2 GB
  • Koneksi internet yang stabil dan cepat (Penting! Akan mimin jelaskan dibawah)
  • Mengaktifkan GPS
  • Untuk saat ini belum mendukung untuk perangkat yang menggunakan chipset Intel

Untuk iOS

  • Minimal iPhone 5, dan diatasnya
  • Menggunakan iOS 8 keatas
  • Koneksi internet yang stabil dan cepat
  • Mengaktifkan GPS
  • Tidak mendukung untuk perangkat yang sudah di Jailbreak

Nah, jika perangkatmu tidak sesuai dengan syarat minimum yang tertera diatas, maka jangan kaget jika ternyata Pokemon GO tidak bisa di install di perangkat yang kamu gunakan. Berdasarkan pengalaman mimin, game ini memang tergolong berat karena memakan ruang pada RAM yang cukup besar. Pada perangkat dengan RAM 3 GB saja, ia hanya menyisakan sekitar 600 MB hingga bahkan 200an MB saja jika masih ada apps lain yang kamu gunakan di background.

BACA JUGA : Keuntungan RAM Besar Pada Smartphone

Sehingga perangkat yang memiliki kapasitas RAM 2 GB mungkin akan tetap lancar memainkannya, namun tidak disarankan untuk bermultitasking karena berpotensi membuat suhu perangkat meningkat cukup tinggi dari suhu pemakaian normal karena harus bekerja keras.

Lalu koneksi internet yang stabil dan cepat adalah hal yang sangat penting ketika memainkan game ini. Kenapa? Karena jika kita memaksakannya untuk bermain saat koneksi kurang bersahabat, kita akan mengalami gangguan ketika bermain. Mulai dari lambatnya loading, hingga terkadang harus stuck ketika menangkap Pokemon. Suhu perangkat pun akan menjadi lebih panas jika kamu memaksakannya.

BACA JUGA : Apa Penyebab Smartphone Cepat Panas?

Mimin beberapa kali mengalami pengalaman yang menjengkelkan ketika memaksa untuk bermain saat koneksi kurang stabil. Ketika mimin coba menangkap Pokemon dan berhasil, tetapi ketika waktu proses menyimpan, aplikasi mengalami stuck, sehingga mimin harus menutupnya dan mengaktifkannya kembali. Akibatnya? Beberapa kali Pokemon yang sudah ditangkap itu ternyata tidak tersimpan di server, sehingga kita akan kehilangannya begitu saja.

Oiya, ada satu syarat tambahan yang sangat penting bagi kamu yang ingin bermain game ini, yaitu kamu mesti punya powerbank. Hah, powerbank? Iya, seperti halnya game berat pada umumnya, Pokemon GO akan sangat menguras daya baterai sehingga persentase baterai pada perangkatmu akan menurun dengan cepat. Apalagi dengan game play yang mengharuskan kita untuk berjalan-jalan, tentu rasanya tak akan puas jika hanya bermain sebentar.

Mimin sarankan untuk menggunakan powerbank berkualitas dengan kapasitas besar, seperti misalnya Mi Powerbank atau ASUS ZenPower. Dan ingat, harus pakai yang asli yaa. Karena powerbank abal-abal (bermerk tapi ternyata palsu) jelas tak akan kuat untuk menambah daya hidup perangkat untuk bermain lebih lama karena kapasitasnya yang tak sesuai dengan apa yang disebutkan. Mimin sendiri membekali diri dengan powerbank ASUS ZenPower dan ZenPower Pro, yang ulasannya bisa kamu baca di halaman review ASUS ZenPower Pro.

UPDATE : Versi terbaru dari apps ini sudah bisa digunakan pada perangkat yang menggunakan chipset Intel. Selengkapnya baca disini

Nah, mungkin itu saja yang bisa mimin bahas pada posting kali ini. Selanjutnya, mimin akan membuatkan posting tentang panduan untuk game ini. Dan bagi kamu yang ingin menginstal nya, mimin sudah memposting link download nya untuk perangkat Android di halaman ini.

4 COMMENTS

  1. Comment:Di lenovo A1000 yang spek Ram 1gb, 1,3ghz quad core, layar 480×800 ,4 inchi , Pokemon Go bisa jalan lancar tuh min, dan hp juga Gak panas bgt.. multi tasking juga lebih dari 10apps
    🙂

    • Sip, beberapa temen yang pake hape dengan spek dibawah yang tertera itu juga udah konfirmasi kalo game nya bisa jalan lancar di hape mereka. Jadi mungkin lebih tepatnya syarat diatas itu adalah syarat “ideal” untuk bisa main Pokemon GO kali yaa (supaya game nya lancar), bukan syarat minimal..

  2. Kenapa kalaw untuk samsung tablet 4 gak bisa,,, padahal udah memenuhi kriteria min,, apa karana resolusi layar min….

LEAVE A REPLY