ASUS Transformer 3 : Tablet 2 in 1, Kaya Dukungan Aksesori

ASUS Transformer 3 : Tablet 2 in 1, Kaya Dukungan Aksesori

350
0
SHARE

ASUS Transformer 3 : Tablet 2 in 1, Kaya Dukungan Aksesori – Masih ingat dengan event ASUS Zenvolution yang mimin ceritakan beberapa waktu lalu? Ya, pada event yang digelar di Nusa Dua, Bali tersebut, ASUS tak hanya merilis lini produk smartphone nya (Zenfone) saja, tapi mereka juga resmi menghadirkan 2 perangkat lain yang salah satunya adalah Transformer 3 series.

Kalau kamu belum tau, ASUS Transformer (generasi pertama) adalah pelopor perangkat tablet dengan OS Android yang juga bisa difungsikan sebagai notebook dengan dukungan dock keyboard yang dimilikinya. Tetapi seiring perkembangannya, pada generasi penerusnya (termasuk generasi ketiga ini) ASUS lebih memilih untuk menggunakan OS Windows agar dapat lebih dimaksimalkan saat sedang digunakan dalam mode notebook.

Tablet yang bisa menggunakan keyboardNah di generasinya yang ketiga ini, Transformer series hadir dalam dua model yang berbeda yakni Transformer 3 T305 dan Transformer 3 Pro T303, dimana keduanya ini sengaja di desain untuk membidik segmen pasar yang berbeda pula.

ASUS lebih prefer untuk memposisikan kedua perangkat ini sebagai notebook 2 in 1 (daripada tablet 2 in 1) dan diklaim sebagai PC paling serba bisa di dunia. Keistimewaan dari Tranformer 3 adalah, ia mampu berfungsi penuh sebagai tablet dengan melepaskan dock keyboardnya, serta bisa juga difungsikan layaknya sebuah notebook dengan menggunakan atau memasangkan keyboard yang sudah menjadi aksesori bawaannya.

ASUS Transformer 3 IndonesiaTak hanya itu, notebook dengan OS Windows 10 ini juga mendukung penggunaan stylus pen (ASUS Pen) yang menawarkan akurasi dan kontrol yang mulus. ASUS pen ini berfungsi untuk mendukung urusan kreatifitas serta produktivitas sehingga kita bisa membuat catatan dengan lebih mudah dan menarik.

Notebook ASUS Transformer 3 dengan stylusBentuk fisik dan ukuran dari stylus ini sangat mirip dengan pena pada umumnya. Saat peluncuran kemarin sih mimin sempat coba-coba sebentar, dan memang pengalaman memegang stylusnya bisa dibilang sangat nyaman, sehingga akan mempermudah untuk urusan corat-coret layar.

Oiya, waktu di TKP kemarin ada yang coba menggambar seorang model dengan menggunakan Transformer 3 bersama stylus nya loh, dan hasilnya (yang waktu itu masih setengah jadi) pun lumayan keren dan cukup menarik perhatian para tamu yang hadir dalam event tersebut. Sayang, mimin tak sempat mengambil fotonya.

ASUS Transformer 3 tablet dengan stylus penHardware

Salah satu alasan mengapa Transformer 3 series lebih diposisikan sebagai notebook daripada tablet adalah karena dukungan hardwarenya yang menggunakan spesifikasi standar notebook, khususnya Transformer 3 Pro yang lebih ditujukan untuk kaum profesional.

Perangkat dengan bentang layar 12.6 inch beresolusi 3K atau 2880 x 1920 pixel (WQHD+) ini dibekali dengan prosesor Intel Core i7-6500U, RAM 8 GB LPDDR3, penyimpanan 512 GB SATA3 M.2 SSD (plus microSD card slot), serta dukungan Intel HD Graphics 520 untuk mendukung performa. Sementara untuk konektivitas, perangkat ini sudah membawa dukungan HDMI port, 3.5mm combo audio jack, USB v3.0, serta USB Type-C 3.1 (Thunderbolt) Port.

BACA JUGA : Perbedaan Layar HD, Full HD, QHD dan UHD

ASUS Transformer 3 Pro Tablet SerbagunaNah berdasarkan dukungan specs yang diusungnya, ASUS lebih menargetkan Transformer 3 Pro bagi mereka yang menginginkan sebuah notebook yang serbaguna namun tetap powerful, dan tentu saja dapat difungsikan sebagai tablet juga.

Jangan lupa, dukungan ASUS Stylus Pen yang memiliki sensitifitas hingga 1024 level tekanan, plus keyboard yang juga sudah dilengkapi dengan backlit dan juga touchpad membuatnya semakin dapat diandalkan untuk urusan produktivitas. Unit utamanya (tanpa keyboard) juga bisa diletakkan dalam posisi berdiri berkat dukungan kickstand yang punya sudut kemiringan hingga 155 derajat.

Transformer 3 Pro TabletKickstand tersebut sekaligus juga menjadi faktor pembeda yang paling mudah ditemukan antara Transformer 3 Pro T303 dengan Transformer 3 T305.

Sementara Transformer 3 T305 dibekali dengan spesifikasi hardware yang lebih di fokuskan agar dapat memiliki waktu standby dan bermain lebih lama berkat dukungan prosesor hemat daya Intel Core i5-7Y54, RAM 8 GB LPDDR3, penyimpanan 256 GB SATA3 M.2 SSD, serta dukungan Intel HD Graphics 615.

Untuk urusan konektivitas, perangkat ini juga dibekali dengan USB Type-C 3.1 serta 3.5 mm jack audio combo. Tak lupa, ASUS juga menyediakan sleeve cover yang juga dapat berfungsi sebagai keyboard sekaligus dapat menopang unit utama agar dapat diberdirikan.

ASUS Transformer 3 T305 tablet dengan keyboardDi sisi audio, kedua perangkat notebook dengan dukungan touchscreen ini juga sudah dibekali dengan 4 buah speaker harman-kardon berteknologi ASUS SonicMaster Premium untuk memberikan keluaran suara yang memukau. Masih kurang puas?

Tenang, ASUS juga sudah menyediakan aksesori berupa Audio Pod yang dapat dihubungkan lewat konektivitas Bluetooth yang juga punya 4 buah speaker dengan kemampuan 5.1 channel virtual surround sound.

Terdapat pula aksesori berupa Universal Dock yang bakal memberikan dukungan konektivitas yang lebih kaya termasuk port USB Type-C 3.1, USB 3.0, HDMI, VGA, RJ45 LAN, dan juga 3 in 1 SD Card reader. Berdasarkan info yang mimin dapat, rencananya ASUS Transformer 3 Pro T303 bakal mulai beredar di pasaran Indonesia sekitar bulan Oktober, sementara ASUS Transformer 3 T305 bakal mulai beredar menjelang akhir tahun 2016 nanti.

Jelas, hadirnya kedua perangkat baru dari ASUS ini merupakan sebuah solusi bagi mereka yang sudah lama menginginkan sebuah notebook yang poweful, compact, serbaguna, dan sekaligus juga dapat difungsikan sebagai tablet dengan fitur produktivitas yang kaya. Jadi, gimana? Kamu pilih yang mana nih?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY