Apa Penyebab Throttling Brightness Due To Thermal Event?

Apa Penyebab Throttling Brightness Due To Thermal Event?

3224
0
SHARE
Apa Penyebab Throttling Brightness Due To Thermal Event Di Android? – Beberapa hari setelah mimin “pulang kampung” ayahanda mimin sempat menanyakan salah satu masalah yang terdapat pada perangkat smartphone Android yang digunakannya. Awalnya beliau hanya memberi tau bahwa perangkat smartphone Asus Zenfone 4s (A450CG) sering kali mendadak mati atau merestart sendiri ketika beliau sedang browsing di internet. Beliau juga menyampaikan bahwa selalu ada sebuah pesan yang muncul sebelum perangkat mengalami gejala tersebut.

Setelah mimin meminta beliau untuk mengambil screenshot ketika pesan tersebut muncul, akhirnya diketahui bahwa pesan yang dimaksud bertuliskan “Throttling brightness due to thermal event”. Jujur saja mimin tidak pernah menemui pesan yang seperti ini sebelumnya sehingga mimin hanya dapat menduga apa penyebab dari masalah tersebut berdasarkan arti dari keterangan yang muncul.
Layar mendadak mati setelah pesan ini muncul
Dalam bahasa Indonesia, pesan tersebut artinya kurang lebih adalah “menutup/mengurangi kecerahan (pada layar) dikarenakan adanya peningkatan suhu”. Menurut mimin kemungkinan besar pesan tersebut datangnya dari OS (Andoid) dan bukan dari aplikasi browser (dalam kasus ini menggunakan opera mini) yang digunakan. Pesan ini menyampaikan sebuah peringatan bagi pengguna bahwa mereka (OS Android yang digunakan) mendeteksi adanya peningkatan suhu pada perangkat sehingga harus ada tindakan yang diambil untuk mencegah terjadinya overheat alias kepanasan yang berlebihan.

Panas yang berlebih tentu akan menimbulkan kerusakan pada komponen perangkat. Maka jangan heran jika layar mendadak akan mati setelah pesan tersebut muncul untuk mengurangi panas berlebih akibat aktivitas pada perangkat. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Tentu saja dengan mencoba untuk tidak menggunakan perangkat hingga terlalu panas.

Sedikit saran dari mimin, cobalah untuk segera mematikan layar sejenak (lebih kurang 30 detik) setelah pesan tersebut muncul dan coba letakkan perangkat di tempat sejuk. Saat ini mimin belum menemukan cara yang lebih efektif untuk mengatasinya, namun kamu bisa coba untuk membaca beberapa tips untuk mencegah smartphone agar tidak cepat panas untuk menghindari masalah ini.

Apakah kamu punya masalah yang sama pada perangkat milikmu? Atau kamu punya tips lain untuk mencegahnya? Silahkan tinggalkan komentar, karena masukan darimu bisa sangat bermanfaat bagi banyak pengguna lainnya :).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY