Tidak Bisa Kirim Gambar Di WhatsApp? Ini Solusinya

Tidak Bisa Kirim Gambar Di WhatsApp? Ini Solusinya

36796
0
SHARE
Tidak Bisa Kirim Gambar Di WhatsApp? Ini Solusinya – Beberapa waktu lalu mimin sedang asyik meladeni beberapa customer mimin yang berminat untuk membeli beberapa produk yang mimin jual di toko online milik mimin dengan menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasi. Di tengah percakapan via chat tersebut sang customer meminta mimin untuk mengirimkan contoh gambar dari produk yang mimin jual. Namun apa yang terjadi? Mimin tidak bisa mengirimkan gambar tersebut dimana pada aplikasi tersebut terdapat pesan peringatan “Not enough space” (disk space is insufficient, failed out of memory) atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya adalah memory tidak memiliki cukup ruang.

Hemm padahal mimin sudah memasangkan microSD card pada perangkat yang mimin gunakan tersebut, dan memory tersebut memiliki ruang yang sangat memungkinkan untuk menyimpan banyak file. Kok bisa gagal ya? Hal yang sama juga mimin alami ketika menerima file (foto) dimana ketika mimin coba untuk mendownload nya terdapat pesan yang sekiranya hampir sama. Sebenarnya kenapa itu bisa terjadi? Setelah mimin cari tau ternyata secara default aplikasi WhatsApp (dan juga sebagian besar aplikasi lainnya) akan menyimpan data-data termasuk file multimedia seperti foto, video dll pada memory internal. Sehingga memang masalah ini akan sering terjadi pada perangkat yang memiliki memory internal kecil. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya?

Sebagai solusi untuk mengatasi masalah ini mimin coba menggunakan metode yang hampir sama dengan cara mengatasi insufficient storage available, namun kali ini tidak memerlukan akses root untuk bisa melakukannya. Intinya adalah kita harus membersihkan memory penyimpanan dari file-file seperti cache agar aplikasi dapat menyimpan file yang baru pada memory. Kamu bisa menggunakan aplikasi cache cleaner yang tersedia di Google PlayStore. Kalau mimin pribadi lebih suka menggunakan aplikasi Link2SD karena aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan khususnya bagi perangkat yang sudah di root.
Hapus cache android
Silahkan cari menu “clear cache” pada aplikasi cache cleaner yang kamu pilih. Atau jika kamu tidak mau menginstal aplikasi tambahan pada perangkatmu, kamu bisa menghapus cache secara mandiri. Caranya adalah masuk ke menu setting, pilih menu apps, all apps, lalu pilih salah satu aplikasi (misalnya WhatsApp) dan klik tombol clear cache (hapus cache). Lakukan hal yang sama pada beberapa aplikasi lain agar perangkatmu memiliki ruang atau memory yang cukup lega untuk menerima dan mengirimkan file.

Atau jika dirasa perlu maka kamu bisa menghapus sebagian file yang terdapat di folder WhatsApp untuk menambah ruang pada memory perangkatmu. Caranya? Kamu bisa memanfaatkan aplikasi file manager. Namun jika perangkatmu tidak memiliki file manager bawaan, kamu bisa menggunakan ASTRO File Manager.

Kamu bisa menemukan folder WhatsApp di internal storage (biasanya tertulis “Internal” atau Sdcard0), masuk ke folder Android dan temukan foldernya. Terkadang pula ia terletak di folder lainnya, silahkan temukan hingga ketemu. Lalu jika sudah ketemu, pilih folder media, dan disana akan terdapat beberapa jenis file media termasuk picture, dan lainnya.

Masuklah ke salah satu folder tersebut, dan hapus file yang sekiranya tak diperlukan lagi. Nah sangat mudah bukan untuk mengatasi masalah not enough space pada WhatsApp? Silahkan jelajahi blog ini untuk mendapatkan informasi menarik lain mengenai tips, trik, tutorial serta review tentang perangkat Android. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY