Tips Sederhana Untuk Mempertahankan Performa Android

Tips Sederhana Untuk Mempertahankan Performa Android

1479
0
SHARE

Tips Sederhana Untuk Mempertahankan Performa Android – Mempunyai gadget yang tahan lama, awet dan tidak lemot adalah impian dari sebagian besar orang, bahkan mungkin memang ini adalah impian bagi semua pemilik gadget seperti smartphone. Dan tentu saja mimin termasuk didalamnya 😀 . Hemm ngomong-ngomong soal smartphone, saat ini perangkat smartphone yang paling banyak digunakan adalah perangkat dengan sistem operasi Android karena memang pilihan variasi model, merek, spesifikasi dan harganya bisa disesuaikan dengan isi kantong dan selera masing-masing.

Sayangnya sebagian besar pemilik smartphone Android menggunakan perangkat kelas menengah-kebawah (termasuk mimin sendiri) sehingga “impian” seperti yang mimin sebut diatas agaknya sulit untuk diwujudkan jika kita tidak bisa merawat perangkat kita dengan baik. Iya meski tidak semuanya, sebagian dari perangkat smartphone yang dibanderol dengan harga “murah” biasanya memiliki berbagai keterbatasan sehingga acap kali sang pengguna dibuat kecewa olehnya.

Dengan berbagai keterbatasannya itu (khususnya dalam hal spesifikasi yang mendukung performa seperti prosesor, RAM ataupun kapasitas penyimpanan), performa dari perangkat yang bersangkutan cenderung tidak stabil dimana menurut mimin semakin terbatas spesifikasi yang diusungnya maka penurunan performa akan semakin cepat dirasakan oleh sang pemilik.

Namun bukan berarti hal itu tidak bisa diatasi, karena jika kita melakukan perawatan yang benar terhadap perangkat yang kita miliki, maka sekiranya masalah performa yang mimin singgung itu tidak perlu terlalu diambil pusing. Nah kebetulan pada posting kali ini mimin sedang ingin membuat satu posting tentang beberapa tips sederhana tentang perawatan yang bisa dilakukan untuk mempertahankan performa perangkat Android yang kita miliki. Kita langsung saja ke TKP yuk! 😀

1. Kenali perangkat yang kamu miliki

Ya, hal ini sudah sering mimin singgung dalam beberapa tips lain yang sudah pernah mimin buat. Karena memang poin ini adalah yang paling mendasar dari semuanya. Jika kita sendiri tidak mengenali perangkat yang kita miliki (spesifikasi nya) maka tentunya kita tidak akan tau performa atau kemampuan maksimum yang kira-kira bisa dicapainya. Mengenali perangkat sangat penting supaya kita bisa menghindari hal-hal yang sekiranya bisa terlalu membebani perangkat yang kita miliki. Contohnya multitasking yang berlebih, atau menjalankan aplikasi yang terlalu berat.

BACA JUGA : Apa Itu Multitasking Serta Efek Yang Ditimbulkannya?

2. Gunakanlah sewajarnya

Setelah mengenali perangkat yang kita miliki, tentunya kita akan tau batasan-batasan tertentu pada perangkat yang kita miliki. Penggunaan yang wajar tentunya tidak akan terlalu membebani kinerja perangkat kita, yang artinya juga akan membuat perangkat tersebut lebih awet. Karena jika kita menggunakan gadget tersebut diluar batas kemampuannya, bukan tidak mungkin membuat smartphone terlalu panas karena kita terlalu memaksakannya. Dan panas yang berlebih pada perangkat dapat memperpendek masa pakai dari perangkat itu sendiri.

BACA JUGA : Apa Penyebab Handphone Cepat Panas?

3. Hindari menginstall aplikasi yang tidak perlu

Keterbatasan spesifikasi perangkat bukan hanya dari segi prosesor atau RAM saja, tapi juga ruang penyimpanan. Sebaiknya kamu harus lebih hati-hati untuk memilah-milah aplikasi apa saja yang sekiranya kamu perlukan untuk di install. Karena jika kita terlalu banyak menginstall aplikasi, tentunya akan membebani ruang penyimpanan. Dan ruang penyimpanan yang terlalu penuh juga akan mengganggu performa perangkat kita. Jika sudah terlanjur, kamu bisa melakukan beberapa langkah yang sudah mimin posting pada tips mengatasi memory internal penuh atau kamu juga bisa memindahkan aplikasi Android ke memory eksternal jika memungkinkan.

4. Hapus aplikasi yang tidak perlu

Sudah menghindari untuk menginstall aplikasi, kok masih disuruh hapus lagi? Aplikasi apa lagi yang harus dihapus? Perlu kamu ketahui bahwa saat perangkat masih dalam keadaan baru, biasanya perangkat yang bersangkutan sudah dibekali dengan beberapa aplikasi bawaan. Namun tidak semua aplikasi bawaan tersebut berguna untuk kita bukan? Aplikasi bawaan yang tidak berguna atau biasa disebut dengan istilah bloatware itulah yang harus kita hapus. Namun tidak semua bloatware bisa kita hapus seenaknya. Dan bukan berarti tidak bisa dihapus sama sekali.

BACA JUGA : Apa Itu Bloatware?

Lalu bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan pada Android? Kamu bisa melakukannya JIKA perangkat yang kamu gunakan sudah di root. Cara root perangkat Android bisa berbeda-beda, tergantung merek, jenis dan versi Android yang digunakan. Silahkan cari di Google dengan kata kunci “cara root *perangkat yang kamu gunakan*“. Setelah di root kamu bisa menggunakan aplikasi Link2SD untuk menghapus aplikasi bawaan Android tersebut.

BACA JUGA :  Cara menggunakan Link2SD untuk menghapus aplikasi bawaan

5. Hindari penggunaan widget yang berlebihan

Untuk apa kita menghindari widget? Tujuannya tentu saja agar tidak terlalu membebani perangkat Android yang kita miliki mengingat perangkat yang bersangkutan juga memiliki keterbatasan. Perlu diketahui bahwa menggunakan atau memasang widget akan membebani RAM, sedangkan diperlukan ruang pada RAM yang cukup untuk dapat menjalankan aplikasi lain dengan lancar. Maka dari itu sangat disarankan untuk meminimalisir penggunaan widget.

BACA JUGA : Keuntungan RAM Besar Pada Smartphone

6. Hindari Live Wallpaper

Live wallpaper adalah wallpaper animasi (wallpaper bergerak) yang bisa kita pasang pada perangkat Android kita untuk membuatnya terlihat keren. Kalau keren kenapa harus dihindari? Karena penggunaan live wallpaper juga akan membebani perangkat kita, sehingga akan sedikit mengurangi performanya. Dan penggunaan wallpaper jenis ini juga akan mengurangi daya baterai dengan (sedikit) lebih cepat sehingga membuat baterai menjadi lebih boros. Jadi buat apa keren kalau performa jadi lemot?

BACA JUGA : Tips Menghemat Baterai Android

Nah mungkin itu saja beberapa tips sederhana untuk mempertahankan performa Android yang bisa mimin bagikan untuk kamu. Sebenarnya ada banyak cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga performa perangkatmu, namun sesuai dengan judul di posting ini, mimin hanya memberikan tips yang sederhana alias mudah dilakukan saja. Kamu juga bisa membaca tips lain yang bisa kamu terapkan pada perangkatmu pada posting Tips merawat Android. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY