Yang Harus Dilakukan Setelah HP Tercebur Ke Air (Tips)

Yang Harus Dilakukan Setelah HP Tercebur Ke Air (Tips)

1837
0
SHARE
Yang Harus Dilakukan Ketika HP Tercebur Ke Air (Tips) – Di jaman yang serba canggih ini, perangkat komunikasi seperti handphone sudah menjadi kebutuhan primer tiap orang, dan bukan lagi masuk golongan barang mewah. Apalagi setelah menjamurnya pasaran smartphone dan tablet seiring dengan berkembangnya sistem operasi mobile seperti iOS (pada iPhone dan iPad), Android, dan BlackBerry. Perangkat-perangkat cerdas ini sangat laku dan mudah dipasarkan seperti kacang goreng. Tidak sedikit orang yang seakan tak bisa lepas dari gadget yang dimilikinya termasuk saat ke kamar mandi. Hayo diantara kamu pasti pernah kan? Ayo ngaku 😀

Karena selalu dibawa-bawa dalam hampir setiap situasi, tak jarang perangkat smartphone atau handphone tersebut terjatuh karena keteledoran pengguna. Mimin sendiri pernah menjatuhkan salah satu hape mimin ke dalam selokan yang berisi air yang pastinya secara tidak sengaja donk yaa. Tapi untungnya perangkat jadul mimin itu masih bisa diselamatkan dan berfungsi baik hingga sekarang.
Handphone tercebur air

Nah karena kebetulan kemarin ada pembaca yang bertanya soal apa yang harus dilakukan jika handphone atau gadget lain terkena (tercebur) air, maka pada posting ini mimin akan memberikan tips dan trik mengenai hal tersebut agar kamu dapat menyelamatkan perangkatmu. Memang tidak jarang perangkat komunikasi andalan kita itu terpaksa harus berurusan dengan air yang menjadi “musuh” besarnya, misalnya saat terjebak hujan, banjir, atau yang lainnya. Yuk kita simak tips nya di TKP 😀

Pertolongan pertama jika handphone masuk ke air

1. Langkah pertama yang harus dilakukan setelah handphone terkena air adalah dengan mengangkat benda tersebut jauh dari air (jika tercebur) dan matikan perangkat tersebut dengan segera! Hal ini harus dilakukan karena air dapat merusak komponen yang dialiri listrik. Air adalah penghantar listrik yang baik, sehingga jika komponen yang dialiri listrik terkena air, akan menimbulkan hubungan arus pendek atau biasa kita sebut dengan korsleting yang dapat merusak komponen yang bersangkutan. Dan jika komponen yang rusak itu adalah komponen vital dari gadget yang bersangkutan, bukan tidak mungkin gadget akan mati total (brick). Jadi langkah pertama ini sangatlah penting.


2. Langkah selanjutnya adalah cabut baterai perangkatmu (jika bisa dicabut) dan bongkar semua casing atau apa saja yang bisa di lepas dari perangkat tersebut termasuk sim card dan eksternal memory (SD Card). Jika baterai tidak bisa dilepas, cukup bongkar casing nya saja. Ini bertujuan agar tidak terjadi korsleting pada baterai, dan juga untuk mencegah agar air tidak mengendap di dalam perangkat milikmu.

3. Setelah membongkarnya, kibaskan komponen-komponen perangkat yang di bongkar tersebut secara perlahan. Ini bertujuan agar air yang sudah terlanjur masuk ke bagian yang sulit dijangkau bisa keluar. Kibaskan ke arah yang berbeda-beda untuk mengeluarkan air di tiap sudut nya.

4. Langkah terakhir adalah keringkan. Gunakan tissue atau kain yang menyerap air untuk mengusap dan membersihkan sisa air pada perangkat tersebut. Lalu balut setiap komponen dari perangkat yang dibongkar tadi dengan tissue atau kain untuk menyerap sisa air yang masih tertinggal. Setelah dibalut, jemur semua komponen itu. Ya jemur! Namun jangan terkena sinar matahari langsung. Jemur selama setengah hari (hingga siang hari) lalu buka balutan tissue atau kain pada semua komponen dan tetaplah menjemurnya (di angin-anginkan) hingga sore. Jika dirasa perlu, lakukan lagi langkah ini hingga 2 hari.

Jangan lupa untuk membolak balik nya agar kering secara keseluruhan dengan kain atau tissue sebagai alasnya. Ada juga yang menyarankan untuk menyimpan semua komponen tersebut ke dalam tumpukan beras, tujuannya adalah untuk menyerap air yang tersisa atau tertinggal di dalam perangkat. Debu (yang sebenarnya adalah tepung) yang ada di dalam tumpukan beras diharapkan akan dapat mengikat dan menyerap air. Namun mimin tidak terlalu menyukai cara itu karena nantinya perangkat tersebut akan kotor karena tepung dalam tumpukan beras tersebut. Lagipula waktu yang dibutuhkan pun menjadi lebih lama yakni sekitar 2-3 hari. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba bukan?

Nah itulah tips sederhana untuk menyelamatkan gadget yang terkena atau tercebur ke air. Jika beruntung, perangkat kesayanganmu akan bisa dinyakalan kembali. Tapi perlu diingat bahwa kemungkinan gagal juga ada, tergantung amal dan ibadah. Dan mimin tidak menjamin bahwa cara ini PASTI BERHASIL menyelamatkan perangkat anda yang terkena air.

Ada baiknya kamu membeli perangkat yang memang tahan air khususnya jika kamu adalah sebangsa ikan memang sering kali harus berdekatan dengan air sehingga kamu tidak perlu lagi menghawatirkan masalah seperti ini. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY