Tips Membuat Password Kuat Agar Tidak Mudah Dibobol

Tips Membuat Password Kuat Agar Tidak Mudah Dibobol

507
0
SHARE
Tips Membuat Password Kuat Agar Tidak Mudah Dibobol – Password adalah suatu kata kunci yang digunakan sebagai pengaman untuk dapat mengakses ke suatu akun tertentu. Peran dari password sangatlah vital terutama untuk akun-akun yang bersifat penting. Namun masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya sebuah password atau kata kunci. Kebanyakan masyarakat awam menganggap enteng masalah ini.

Padahal jika saja ada seseorang yang mengetahui password salah satu akun kita, bukan tidak mungkin orang tersebut dapat membajak akun milikmu, atau bahkan jika pada akun tersebut terdapat informasi penting seperti data rekening dan lainnya (biasanya dalam e-mail) maka kamu akan terancam akan mengalami kerugian materi. Disinilah peran utama dari sebuah password, yakni untuk memproteksi akun tersebut dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Membuat password yang kuat

Maka pastinya diperlukan sebuah pelindung dalam hal ini sebuah kata kunci yang kuat untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Namun nyatanya masih banyak orang yang memilih untuk membuat sebuah kata kunci yang mudah ditebak dengan alasan agar mudah diingat. Padahal membuat password yang kuat atau tidak mudah dibobol sangat mudah loh. Nah, disini mimin akan memberikan sebuah tips untuk membuat kata kunci yang kuat untuk akun-akun yang kamu miliki. Yuk kita simak di TKP!


1. Hindari menggunakan tanggal lahir

Ini adalah kasus kesalahan yang paling banyak mimin temui di masyarakat, membuat password berdasarkan tanggal lahir. Ini akan membuat passwordmu sangat mudah ditebak orang lain, bahkan seorang yang gaptek seperti mimin sekalipun. Banyak dari teman-teman mimin yang melakukan kesalahan semacam ini sehingga akun social media mereka dapat dengan mudah dijahili atau dibajak oleh teman lainnya.

2. Hindari penggunaan namamu sendiri

Ini juga kesalahan yang paling banyak ditemui di masyarakat. Meskipun kebanyakan telah menambahkan angka dibelakang nama (pada kata kunci) namun tetap saja cukup mudah untuk dibobol, karena kebanyakan angka yang digunakan tidak lain adalah angka tahun kelahirannya seperti misalnya marquez93.

3. Hindari penggunaan nama pacar / pasangan.

Nah untuk kasus ini baru mimin temui setelah seorang teman meminta mimin untuk membuatkannya sebuah e-mail, yang passwordnya menggunakan kombinasi namanya dengan pacarnya. Mimin rasa ini juga cukup rentan terhadap pembobolan karena cukup mudah ditebak.

4. Hindari penggunaan nama artis / entertainer favorit kamu

Untuk kasus yang satu ini, pernah mimin temui pada akun si mantan yang ngefans berat sama salah satu entertainer (gak usah disebutkan namanya). Ini juga tergolong cukup mudah untuk ditebak, maka dari itu hindari membuat password semacam ini.

5. Buat password lebih dari 10 karakter

Buatlah password yang cukup panjang agar kemungkinan untuk dapat ditebak akan semakin sulit baik oleh manusia maupun “robot”.

6. Buat sebuah password yang tidak bisa langsung diingat orang lain saat pertama kali melihat

Ini adalah password yang sering mimin gunakan, terutama untuk akun di beberapa game online. Menggunakan kata-kata aneh yang tidak mudah diingat orang lain karena mimin sering kali mendapati mereka yang sedang bermain disebelah mimin berusaha untuk mengintip kata kunci yang sedang diketikkan.

7. Kombinasi huruf dan angka

Ini WAJIB digunakan untuk akun-akun yang bersifat penting, terutama yang menyangkut data pribadi mu (seperti informasi rekening dll) seperti misalnya akun e-mail. Karena beberapa programer nakal (yang biasa kita sebut sebagai hacker) masih dapat dengan mudah membobol akun mu tanpa perlindungan password yang kompleks semacam ini. Mimin sarankan buatlah password dengan kombinasi huruf besar-kecil dan angka seperti layaknya tulisan 4L4y dalam jumlah karakter lebih dari 10. Itu akan cukup kuat untuk melindungi akun milikmu.

8. Mudah diingat oleh kamu sendiri

Ini juga jenis password favorit mimin ketika menggunakan akun game online. Mimin membuat sebuah password rumit yang merupakan gabungan dari beberapa kata yang menghasilkan satu kata yang cukup aneh. Sehingga orang lain tidak mudah mengingatnya, namun tetap dengan mudah kita ingat.

9. Keep it secret

Sekuat apapun password yang kamu buat, sehebat atau se-kreatif apapun kamu memanfaatkan tips diatas, tidak akan berguna jika kamu memberitahukannnya kepada orang lain. Maka dari itu menjaga kerahasiaan dari password yang kamu buat sangatlah penting!

Nah cukup mudah bukan membuat password yang kuat? Jalankan dengan kreatifitasmu masing-masing yaa. Silahkan jelajahi Techijau.com untuk mendapatkan berbagai tips menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY