Tips Memilih Aplikasi (Untuk User Android)

Tips Memilih Aplikasi (Untuk User Android)

694
2
SHARE
Tips Memilih Aplikasi Untuk Pengguna Android – Di era perkembangan teknologi ini, semakin banyak orang menggunakan Smartphone atau PC Tablet untuk membantu kegiatan sehari-hari mereka, ataupun sekedar sebagai “alat” atau sarana hiburan dengan berbagai aplikasi dan fitur menarik yang ditawarkan, namun tidak sedikit juga orang yang menggunakan gadget tersebut untuk “pamer” untuk menunjukkan status sosial mereka di masyarakat.

Tapi kali ini kita bukan membahas soal masalah “pamer” tersebut karena itu bukan urusan mimin (wkwkwkwk). Pada gadget-gadget tersebut banyak aplikasi yang ditawarkan dan memiliki fitur-fitur menarik, namun tidak sedikit aplikasi “jahat” yang berjalan tidak dengan semestinya. Aplikasi-aplikasi tertentu bahkan dapat mencuri data pribadi sang pemilik gadget (Smartphone ataupun Tablet) yang digunakan untuk keuntungan pribadi sang pembuat aplikasi. Program atau aplikasi jahat tersebut biasanya di antisipasi dengan memasang antivirus. Namun tidak sedikit pula aplikasi yang memiliki program jahat atau malware yang lolos dari pantauan antivirus, untuk itulah sang pemilik gadget juga harus berhati-hati dalam memilih dan menginstal aplikasi.

Beberapa aplikasi mungkin terlihat menarik jika kita hanya melihat dari overview atau deskripsinya saja. Namun apakah aplikasi tersebut aman dan benar-benar berjalan seperti yang mereka katakan atau deskripsikan? Nah untuk itu mimin akan memberikan beberapa tips memilih aplikasi yang aman :


(*) Untuk user Android, situs resmi untuk mendownload aplikasi adalah di Google Play Store namun mimin mengingatkan bahwa beberapa aplikasi yang tersedia mungkin memiliki program jahat karena pembuat aplikasi-aplikasi tersebut bukanlah pihak Google.

(*) Sebelum mendownload aplikasi, ada baiknya anda membaca overview atau deskripsinya untuk melihat fitur-fitur apa saja yang ditawarkan

(*) Setelah melihat overview atau deskripsinya, bacalah user permision atau ijin yang diminta aplikasi tersebut terhadap device anda. Hal ini harus diperhatikan dengan baik, karena jika aplikasi meminta akses tertentu yang tidak sewajarnya atau tidak sesuai dengan fitur yang ditawarkan, ada baiknya anda membatalkan niat untuk menginstal aplikasi tersebut. Karena bisa saja aplikasi tersebut tertanam virus atau program jahat. Virus / program jahat tersebut bermacam macam jenisnya.

Ada virus yang mengontrol device anda untuk sekedar mengirim sms ke kontak anda tanpa sepengetahuan anda (pernah mimin temui di salah satu aplikasi chat, ketika menginstall app tersebut, perangkat mimin langsung mengirim SMS “promosi” ke seluruh kontak tanpa sepengetahuan mimin) hingga virus yang berbahaya  yang “memata-matai” device anda atau biasa disebut spyware (mencuri data pribadi seperti e-mail, informasi log aplikasi tertentu, yang sangat berbahaya terutama jika device anda sering digunakan untuk mobile banking karena berpotensi membocorkan informasi rekening anda untuk sang pembuat virus)

(*) Jika anda masih ragu, bacalah user reviewnya. Namun jangan tertipu oleh user review tersebut. Jika semua komentar menunjukkan point positif, pastikan review tersebut berasal dari orang yang berbeda (terutama untuk review dibawah 100 / 1000) perhatikan tanggal pembuatan review dan device yang digunakan (biasanya terlihat jika kita mendownload aplikasi Android lewat PC). Jika device yang digunakan rata-rata sama (bisa beda tipe device, namun rata-rata tipe device nya itu-itu saja) dengan tanggal yang berdekatan juga, patut dicurigai review tersebut dibuat oleh pembuatnya sendiri, yang artinya review tersebut adalah review palsu.


Nah cukup mudah bukan tips-tips nya? Semoga anda bisa lebih berhati-hati dalam memilih aplikasi. Semoga bermanfaat. 😀

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY